Survei GoodStats: Supra Masih Jadi Motor Bebek Terfavorit Orang Indonesia di 2024

Berdasarkan hasil survei GoodStats pada Februari 2024, sebanyak 24% responden menempatkan Honda Supra sebagai motor bebek favoritnya.

Survei GoodStats: Supra Masih Jadi Motor Bebek Terfavorit Orang Indonesia di 2024 Sepotong tampilan body motor Honda Supra X | GridOto/Anton

Pangsa pasar sepeda motor underbone atau yang lebih dikenal dengan sebutan motor bebek, makin tergerus seiring melejitnya popularitas motor matik dalam beberapa tahun terakhir.

Di awal tahun ini saja Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat, distribusi penjualan motor bebek di pasar domestik hanya 4,87%, jauh dibanding distribusi penjualan motor matik yang sebesar 90,55% dan terus mengalami peningkatan tiap tahun.

Namun demikian, meski terjadi pergeseran tren, hal ini tak melenyapkan fakta bahwa motor bebek merupakan salah satu alat transportasi ikonik dan memiliki sejarah panjang dalam industri sepeda motor di Tanah Air.

Hingga kini, sejumlah seri motor bebek dari berbagai pabrikan pun masih mendapat tempat spesial di hati sebagian kalangan, sebut saja misalnya Supra, Jupiter Z, hingga Revo.

Ini seperti yang ditunjukkan oleh hasil survei GoodStats terbaru pada bulan Februari 2024. Dari hasil survei daring yang dilakukan terhadap 1.023 responden, didapati bahwa motor Supra pabrikan Honda masih jadi motor bebek primadona paling favorit.

Honda Supra bisa disebut sebagai model motor bebek paling legendaris di Indonesia. Diproduksi oleh PT. Astra Honda Motor (AHM), Honda Supra diluncurkan secara perdana di Indonesia pada tahun 1997 lewat seri pertamanya, Astrea Supra.

Dengan kapasitas mesin 97,1 cc, seri ini pun dengan cepat diterima oleh masyarakat karena dianggap sebagai motor paling irit di kelasnya kala itu.

Kesuksesan seri pertama Honda Supra membuat pabrikan terus berinovasi dengan memperbarui generasinya, dengan tetap mempertahankan citra irit yang melambungkan namanya.

Berselang 4 tahun dari Astrea Supra, Honda kemudian merilis seri Supra X di 2001. Pembaruan terus berlanjut dengan diperkenalkannya seri Supra XX dan Supra V di 2002, Supra Fit di 2004, Supra Fit X dan Fit S di 2007, dan terakhir Supra GTR di 2016 yang bertipe bebek sport.

Merek motor bebek paling favorit berikutnya ialah MX King. MX King diperkenalkan di tahun 2015 oleh pabrikan Yamaha.

Berkapasitas 150 cc, seri MX King melanjutkan image bebek kencang dari generasi pertamanya, Yamaha Jupiter MX 135, yang cukup menghentak pasaran di tahun 2005.

Diperbaruinya seri MX King 150 di 2019 dan 2023 lalu, menjadi bukti kalau MX King masih cukup diminati konsumen dan terus eksis hingga saat ini.

Di posisi ketiga dan keempat, ada merek motor Honda Sonic dan Suzuki Satria, yang sejak awal langsung menggaet pasar anak muda dengan tampilan bebek sporty-nya.

Kemudian dengan distribusi responden masing-masing di bawah 10%, ada merek-merek motor bebek yang juga cukup melegenda dan meramaikan jalanan di Tanah Air sejak awal 2000-an hingga medio 2010-an, yakni Yamaha Jupiter Z1, Honda Revo, dan Yamaha Vega Force.

Penulis: Raka B. Lubis
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 Minuman Teh Kemasan Favorit Saat Berbuka Puasa, Adakah Merek Kesukaanmu?

Teh Botol Sosro dan Teh Pucuk Harum konsisten di puncak klasemen dengan persentase 27,56% dan 26,65%. Kebiasaan minum teh kemasan meningkat saat berbuka puasa.

18.000 Kasus Kanker Kulit Terjadi di Tanah Air, Berikut Daftar Tabir Surya Paling Favorit Indonesia

Kanker kulit menjadi ancaman masyarakat. Pemakaian tabir surya ampuh menjadi langkah preventif, berikut merek tabir surya penerima Top Brand Award 2023!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X