Statistik Timnas Indonesia vs Australia: Permainan Efektif The Socceroos Pulangkan Skuad Garuda

Meski sanggup berikan perlawanan, Timnas Indonesia harus akui keunggulan Australia dengan skor akhir 4-0. Hasil ini membuat Indonesia gugur dari Piala Asia.

Statistik Timnas Indonesia vs Australia: Permainan Efektif The Socceroos Pulangkan Skuad Garuda Aksi pemain di laga 16 besar Piala Asia 2023 Indonesia vs Australia | REUTERS/Ibraheem Al Omari

Langkah Timnas Indonesia di Piala Asia harus terhenti di babak 16 besar usai takluk dari Australia dengan skor telak 4-0 di Jassim bin Hamad Stadium, Minggu (28/1).

Meski penguasaan bola relatif seimbang bagi kedua tim, di laga ini Australia tampil lebih efektif di sepertiga akhir lapangan dan lebih klinis memanfaatkan peluang di kotak penalti.

Gol pertama The Socceroos di laga ini tercipta dari tembakan Jackson Irvine di menit ke-12 yang membentur bek Timnas Indonesia, Elkan Baggot sehingga bola berubah arah dan tak bisa diantisipasi kiper Ernando Ari.

Adapun gol kedua hadir sebelum turun minum lewat sundulan Martin Boyle, memanfaatkan umpan terukur dari Gethin Jones di menit ke-45.

Australia baru bisa menambah keunggulannya di penghujung laga lewat 2 gol sundulan yang dilesakkan masing-masing oleh Craig Goodwin di menit ke-89, dan Harry Souttar di menit ke-91.

Bukan tanpa perlawanan, Ivar Jenner dkk. sejatinya bermain terbuka dan relatif mampu mengimbangi permainan Australia, khususnya lewat duel-duel sengit yang ditampilkan di lini tengah.

Namun, kurangnya efektivitas penyelesaian akhir, ditambah penampilan solid bek-bek Australia tampak menjadi penghadang bagi Skuad Garuda untuk mampu mencetak gol di laga ini.

Meski tumbang dengan skor yang cukup mencolok, usai laga, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tetap memuji kinerja anak buahnya yang tetap mampu memberikan perlawanan.

"Kami tidak kalah dalam konteks performa. Mereka (pemain Indonesia) bermain bagus dan menjalankan instruksi saya dengan baik," kata Shin dikutip dari Antara via Inews.id.

Ia bahkan menilai permainan yang ditampilkan Skuad Garuda di laga ini lebih baik dibanding laga-laga sebelumnya.

"Sejujurnya, jika saya menilai kinerja Timnas Indonesia, pertandingan hari ini adalah yang terbaik," tutur Shin dilansir dari Bola.com.

"Terlepas dari empat gol Australia, saya ingin berterima kasih kepada para pemain saya dan saya sangat senang dengan penampilan tim saya," tutupnya.

Dengan hasil ini, Australia otomatis melaju ke perempat final, meladeni pemenang dari laga antara Arab Saudi vs Korea Selatan yang baru akan dimainkan pada Selasa (30/1).

Sementara itu meski harus tersingkir, Timnas Indonesia tetap bisa pulang dengan kepala tegak karena berhasil menorehkan rekor pencapaian terbaik di turnamen ini dengan lolos dari fase grup untuk pertama kalinya.

Adapun selepas Piala Asia, Timnas Indonesia akan kembali memainkan laga di lanjutan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Vietnam pada bulan Maret mendatang.

Penulis: Raka B. Lubis
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X