Statistik Crash MotoGP Musim 2021: Paling Sering Terjadi pada Sesi Balapan

Dari total 950 kecelakaan sepanjang MotoGP 2021, 297 kecelakaan atau sekitar 31 persennya terjadi pada sesi balapan.

Statistik Crash MotoGP Musim 2021: Paling Sering Terjadi pada Sesi Balapan Pembalap MotoGP, Bradley Smith ketika terjatuh di GP Ceko 2018 silam | Rainer Herhaus/Shutterstock

Gelaran MotoGP seri Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika baru saja usai (20/3). Pembalap asal Portugal, Miguel Oliveira menjadi yang tercepat pada seri ini, diikuti oleh Fabio Quartararo dan Johann Zarco di posisi dua dan tiga. Sesi balapan berlangsung cukup seru, sebab kondisi sirkuit bertekstur basah karena hujan turun deras di Mandalika.

Di samping banyaknya momen unik saat sesi balapan, GP Indonesia juga diwarnai oleh beberapa tragedi kecelakaan sejak sesi latihan bebas, kualifikasi, pemanasan, hingga balapan berlangsung. Pengoleksi enam gelar MotoGP kelas utama, Marc Marquez menjadi salah satu korban terparah karena jatuh sebanyak empat kali di seri ini, sehingga dirinya harus absen pada sesi balapan.

Beberapa pembalap lain yang juga menjadi korban dari GP Indonesia antara lain Joan Mir, Aleix Espargaro, F. Morbidelli, E. Bastianini, hingga Jorge Martin. Berbeda dengan yang lain, Jorge Martin mengalami kecelakaan pada saat sesi balapan berlangsung, sehingga dirinya gagal finis di Mandalika bersama Dovizioso yang mengalami mati mesin.

Jumlah crash pada MotoGP dalam 12 musim terakhir | GoodStats

Melihat banyaknya tragedi crash pada ajang MotoGP, menarik untuk melihat lebih lanjut data yang dirilis penyelenggara terkait jumlah crash dalam tiap musimnya. MotoGP mencatat, terdapat 950 crash yang terjadi pada musim lalu. Angka ini terdiri dari 305 kecelakaan pada Moto3, 367 kecelakaan pada Moto2, dan 278 kecelakaan pada MotoGP kelas utama.

Angka ini naik sekitar 31,5 persen dari total kecelakaan pada musim 2020 yang berjumlah 722 kali. Angka kecelakaan pada musim 2020 memang menjadi yang terkecil dalam 12 tahun terakhir.

Sementara itu, jumlah kecelakaan terbanyak terjadi pada musim 2017 dengan total 1.126 crash. Angka ini terdiri atas 313 crash pada MotoGP kelas utama, 434 crash pada Moto2, dan 379 crash pada Moto3.

Kecelakaan musim 2021: 31 persen terjadi pada sesi balapan

Sesi balapan menyumbang jumlah kecelakaan terbanyak pada MotoGP musim 2021 | GoodStats

Dari total 950 kecelakaan sepanjang musim 2021, 297 kecelakaan atau sekitar 31 persennya terjadi pada sesi balapan. Sementara jumlah kecelakaan yang terjadi pada sesi pemanasan berjumlah 65 kali. Kemudian, jumlah kecelakaan yang terjadi pada sesi kualifikasi 1 berjumlah 77 kali dan sesi 2 berjumlah 85 kali.

Sementara itu, jumlah kecelakaan yang terjadi pada sesi latihan bebas antara lain 110 kali pada latihan bebas 1, 125 kali pada sesi latihan bebas 2, 157 kali pada sesi latihan bebas 3, dan 34 kali pada sesi latihan bebas empat. Untuk diketahui, sesi latihan bebas 4 hanya dilakukan pada ajang MotoGP kelas utama saja.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Satu-Satunya dari Indonesia, Telkom Masuk Jajaran Forbes ''World's Best Employers 2021''
Artikel Selanjutnya Membaca Pola Masyarakat Indonesia dalam Mendapatkan Berita
Konten Terkait