SNBP 2024: Berikut Deretan Provinsi Paling Banyak Lulus SNBP!

Para peserta lolos SNBP 2024 telah merayakan keberhasilannya, berikut sebaran provinsi dengan jumlah peserta lolos SNBP 2024 terbanyak!

SNBP 2024: Berikut Deretan Provinsi Paling Banyak Lulus SNBP! Ilustrasi Pelajar Indonesia sedang Belajar / Sumber: Freepik

Per 26 Maret 2024, ramai media sosial dipenuhi dengan momen-momen para pelajar Indonesia membuka hasil pengumuman SNBP 2024.

Berdasarkan Kemdikbudristekdikti, SNBP merupakan jalur prestasi yang tersedia pada seleksi masuk perguruan tinggi 2024.

Seleksi ini dapat diikuti para pelajar menengah atas yang telah lolos seleksi internal sekolah dengan ketentuan rata-rata nilai akademik dan tambahan prestasi sebagai pendukung penilaian.

Terbilang seleksi ini memiliki aksesibilitas yang cukup kompetitif mengingat indikator penilaiannya yang sangat spesifik yaitu terhadap prestasi siswa dan siswi.

Berbeda dengan jalur tes masuk lainnya seperti SNBT dan Jalur Mandiri yang tidak memiliki ketentuan tertentu seperti prestasi pada proses registrasinya.

 SNBP memang menjadi ajang bagi para pelajar yang telah mendedikasikan masa SMA-nya untuk juga aktif pada bidang-bidang kompetisi.

Jalur tes SNBP juga umumnya dilaksanakan lebih awal dibandingkan seluruh jalur tes lainnya sehingga bagi sebagian pelajar yang memiliki potensi menjadi pelajar eligible dalam SNBP menjadikannya sebagai suatu pertimbangan pertama jalur masuk perguruan tinggi.

Pada pelaksanaan SNBP tahun ini, salah satu aturan yang turut menjadi perhatian publik terletak pada keputusan pemerintah untuk tidak memperbolehkan para peserta lolos SNBP turut mengikuti Seleksi Mandiri pada perguruan tinggi tertentu.

Ketentuan tersebut tentu menciptakan suatu keadilan yang berarti bagi para pelajar Indonesia lainnya.

 Berkat ketentuan tersebut maka kuota penerimaan melalui jalur seleksi perguruan tinggi dapat menampung pelajar Indonesia lainnya lebih maksimal dan adil.

Pendaftar pada SNBP 2024 tercatat meningkat hingga 5,9% dengan jumlah 702,321 peserta dibandingkan SNPB tahun sebelumnya yang hanya mencapai jumlah peserta sebanyak 663,181 peserta.

Peningkatan peserta SNBP sebenarnya memang menjadi salah satu prioritas pada evaluasi SNPMB tahun sebelumnya terutama pada proses pendaftaran ulang seperti yang disampaikan Prof.Ganefri, Ph.D.

Keberadaan aturan yang menegaskan bahwa para peserta lolos SNBP tidak dapat mengikuti jalur atau tes seleksi lainnya terbukti potensial meningkatkan jumlah peserta yang mendaftar ulang setelah dinyatakan lulus SNBP 2024.

Meskipun hal ini juga memperoleh tanggapan beragam dari para pengguna media sosial khususnya yang berstatus sebagai pelajar dan tidak sepenuhnya setuju pada ketentuan tersebut.

Argumentasi yang tersebar di laman media sosial lebih berhubungan dengan kondisi keuangan yang dibutuhkan pasca proses kelulusan SNBP 2024.

Disebutkan bahwa sering kali nominal keuangan yang dibutuhkan tidak sepenuhnya sesuai dengan tingkat perekonomian atau kemampuan para peserta lolos SNBP.

Namun pernyataan tersebut tetap tidak memungkiri fakta bahwa SNBP tahun ini memiliki antusiasme tinggi dari para peserta atau pelajar Indonesia sebagai Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) 2024.

Berdasarkan publikasi Kemdikbudristekdikti, terdapat sebaran provinsi yang memiliki jumlah peserta lolos SNBP terbanyak 2024, meliputi tiga provinsi di Pulau Jawa maupun di luar Jawa.

Provinsi Jawa Timur menduduki peringkat pertama sebagai daerah dengan peserta lolos SNBP terbanyak, mencapai 20.327 peserta dari 90.292 pendaftar.

Selanjutnya melalui data tersebut dapat ditemukan bahwa provinsi Jawa Barat faktanya menjadi provinsi dengan pendaftar SNBP lebih banyak dibandingkan Jawa Timur maupun Jawa Tengah,

Angka pendaftar yang banyak tersebut tetapi tidak menutupi fakta bahwa jumlah peserta lolos SNBP pada daerah tersebut menduduki peringkat kedua sejumlah 14.453 peserta dari 108.701 pendaftar.

Penulis: Andini Rizka Marietha
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Sederet PTN dengan Jumlah Prodi Unggul Terbanyak di SNPMB 2024, Ada Incaranmu?

UPI jadi PTN dengan jumlah prodi terakreditasi Unggul terbanyak, yakni 56 prodi, dari 102 prodi yang dibukanya di SNPMB 2024.

Apa Saja Alasan Orang Indonesia Menempuh Pendidikan di Luar Negeri?

Mulai dari banyaknya kampus berkualitas hingga menawarkan banyak program beasiswa, berikut serba-serbi alasan untuk menuntut ilmu di luar negeri.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X