Simak Update Terkini Instansi dengan Pelamar CPNS 2024 Terbanyak

Terdapat 1,28 juta formasi yang terhimpun CASN tahun ini. Pelamar di Kemenkumham tembus 300 ribu, Pemprov DKI Jakarta juga masih jadi primadona CPNS.

Simak Update Terkini Instansi dengan Pelamar CPNS 2024 Terbanyak Aparatur Sipil Negara di Kendari, Sulawesi Tenggara | ANTARA

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 telah dibuka sejak 2 minggu lalu, tepatnya sejak tanggal 20 Agustus 2024. Rencananya, pendaftaran CPNS 2024 akan ditutup pada tanggal 6 September 2024.

Terdapat 1,28 juta formasi yang terhimpun dalam Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), yang terdiri atas 427,6 ribu formasi instansi pusat serta 862,1 ribu formasi instansi daerah. Di tahun ini, dibuka pula formasi untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satunya talenta digital.

Selanjutnya, akan diadakan seleksi administrasi yang telah dimulai sejak tanggal pendaftaran dibuka dan akan berakhir tanggal 13 September 2024. Pengumuman hasil seleksi administrasi sendiri akan diadakan mulai 14 hingga 17 September 2024.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengharapkan seluruh rangkaian proses seleksi CPNS ini dapat berjalan dengan baik.

“Mengingat pentingnya pelaksanaan seleksi tersebut, agar jadwal ini dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pengadaan CPNS tahun 2024,” tutur Haryomo dalam Kominfo.

Pelamar di Kemenkumham Tembus Ratusan Ribu

10 besar instansi pusat dengan pelamar CPNS terbanyak, per 2 September 2024 20.00 WIB | GoodStats

Dalam data yang diunggah oleh Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Hukum dan HAM menjadi instansi dengan pelamar terbanyak yaitu 333 ribu. Padahal, jumlah formasi yang dibuka hanya di angka 9 ribu saja.

Di sisi lain, Kementerian Agama memiliki 20,7 ribu formasi untuk ditempati di tahun ini, dengan jumlah pelamar sementara di angka 44,5 ribu. Hal ini menjadikan Kementerian Agama berada di nomor 5 instansi pusat dengan pelamar terbanyak.

Sementara itu, instansi pusat dengan pelamar sementara paling sedikit adalah Sekretariat Jenderal MPR. Instansi ini baru mempunyai 174 pelamar, dengan jumlah formasi di angka 25. Setjen Komnas HAM menyusul dengan 189 pelamar, dengan jumlah formasi sebanyak 38.

Kementerian dengan pelamar paling rendah adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan jumlah 203 pelamar.

DKI Jakarta Masih Jadi Instansi Daerah Terfavorit

10 besar instansi daerah dengan pelamar CPNS terbanyak, per 2 September 2024 20.00 WIB | GoodStats

Seperti biasanya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi instansi daerah dengan pelamar tertinggi sementara yaitu 21,6 ribu, dengan formasi yang diperebutkan sebanyak 4,4 ribu. Posisi DKI Jakarta berada di atas Pemerintah Kabupaten Sijunjung. Kabupaten yang berada di Sumatra Barat ini memiliki 18,9 ribu pelamar, dengan 1,2 ribu formasi.

Sebaliknya, instansi daerah dengan pelamar paling sedikit adalah Pemerintah Kota Gorontalo. Instansi ini baru dilamar oleh 7 orang, sementara formasi yang dibuka sebanyak 5. Pemerintah Kabupaten Bangli juga tercatat dilamar oleh 12 orang saja, dengan total formasi di angka 9.

Salah satu instansi daerah yang formasinya lebih banyak dibanding pelamar sementara adalah Pemerintah Kabupaten Tambrauw. Pemerintahan yang berada di Papua Barat Daya ini membutuhkan 250 formasi, sedangkan yang melamar baru 100 orang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut bahwa nantinya dalam waktu terpisah juga akan ada pembukaan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Secara bertahap nanti akan dibuka rekrutmen PPPK untuk kelanjutan penataan tenaga non-ASN atau tenaga honorer pada tahun 2024, yang saat ini sedang proses verifikasi dan validasi. Segera kami umumkan untuk rekrutmen PPPK bila proses verifikasi dan validasi tuntas," kata Azwar Anas dalam Kompas.

Baca Juga: H-3 Ditutup, Simak Instansi dengan Jumlah Pelamar CPNS 2024 Paling Sepi

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Apa Saja Keterampilan yang Dicari Perusahaan Indonesia?

Setiap perusahaan menginginkan calon pekerja dengan skill yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang menjadikan proses rekrutmen semakin dinamis dan menantang.

Penduduk Kelas Menengah Indonesia Turun Kelas

Jumlah penduduk kelas menengah Indonesia terus menurun, dari 57,33 juta pada 2019 menjadi 47,85 juta pada 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook