Negara Paling Sering Juara Piala Dunia U-17

Piala Dunia FIFA U-17 sendiri pertama kali digelar pada tahun 1985

Negara Paling Sering Juara Piala Dunia U-17 Brazil Sebagai Salah Satu Pemenang Piala Dunia U-17 Terbanyak | Foto: Getty Images

Piala Dunia FIFA U-17 akhirnya digelar di tanah air. Ajang olahraga sepakbola muda terbesar di dunia ini dibuka pada tanggal 10 November 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur.

Pada upacara pembukaan Piala Dunia FIFA U-17 2023, seluruh rangkaian dimeriahkan dengan artis nasional dan berbagai pertunjukan lainnya. Upacara pembukaan Piala Dunia FIFA U-17 2023 ini juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Piala Dunia FIFA U-17 sendiri pertama kali digelar pada tahun 1985, dimana pada saat itu yang menjadi tuan rumah adalah Republik Rakyat Tiongkok. Pada saat itu, pemenangnya adalah Nigeria, setelah melawan Jerman Barat di babak final dengan skor kemenangan 2-0.

Indonesia sendiri merupakan tuan rumah ke-19 dalam Piala Dunia FIFA U-17. Dalam musim tahun ini, terdapat 24 tim yang akan saling bertanding di empat stadion yang berbeda. Musim ini akan memiliki total 16 pertandingan.

Nigeria dan Brazil Juara Paling Sering

Menurut data dari FIFA, Tim Nasional Nigeria menjadi squad dengan juara Piala Dunia U-17 terbanyak. Nigeria telah menjuarai ajang ini di tahun 1985, 1993, 2007, 2013, serta di tahun 2015.

Pada posisi kedua, terdapat Tim Nasional Brazil. Squad yang berada di Amerika Selatan ini tercatat pernah menjuarai Piala Dunia FIFA U-17 sebanyak empat kali, yaitu pada tahun 1997, 1999, 2003, dan 2019.

Selanjutnya, Ghana dan Meksiko menyusul dengan kemenangan masing-masing sebanyak dua kali. Ghana menjuarai pada tahun 1991 dan 1995, sementara Meksiko menjuarai pada tahun 2005 dan 2011.

Negara yang lain seperti Perancis, Uni Soviet, Arab Saudi, Swiss, serta Inggris menjuarai ajang ini sekali. Perancis pada 2001, Uni Soviet pada 1987, Arab Saudi pada 1989, Swiss pada 2009, dan Inggris pada 2017.

Pengalaman Pertama, Siapkan Diri Jadi Tuan Rumah

Mengingat musim ini adalah momen pertama Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17, Indonesia haruslah menyiapkan segala hal dengan serius. Pemerintah telah menyediakan venue pertandingan di empat tempat yang berbeda.

Di DKI Jakarta, venue yang menjadi stasion bertanding adalah Jakarta International Stadium. Stadion yang dibangun pada momen pandemi Covid-19 ini memiliki kapasitas sebesar 82.000 penonton, membuatnya menjadi venue Piala Dunia U-17 2023 dengan kapasitas terbesar.

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Kota Surabaya juga menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo. Stadion ini memiliki kapasitas 45.134 penonton. Stadion ini menjadi venue bertanding Timnas Indonesia pada babak penyisihan di Grup A.

Stadion selanjutnya adalah Stadion Jalak Harupat yang memiliki kapasitas sebesar 30.100 penonton, dilanjut Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah yang memiliki kapasitas sebesar 20.000 penonton.

Apresiasi FIFA Pada Indonesia

Menteri Badan Usaha Milik Negara sekaligus Ketua PSSI Erick Thohir menyatakan bahwa FIFA memberi apresiasi yang tinggi atas segala persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 2023. Menurutnya, ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak untuk menyukseskan ajang sepak bola ini. FIFA telah mengecek seluruh fasilitas dan infrastruktur Piala Dunia FIFA U-17 2023.

"Ini menambah motivasi kami untuk melanjutkan kerja keras ini agar Indonesia bisa sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Bismillah, kita bawa Indonesia ke panggung dunia," kata Erick Thohir dalam postingan Instagram yang dimuat CNN Indonesia.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Resmi! Indonesia Duduki Peringkat 5 Besar Asia dalam Ranking Futsal Wanita

Indonesia berada di peringkat 5 Asia dan 14 dunia dalam ranking futsal wanita versi FIFA 2024.

Sepak Bola Semakin Populer, Apa Saja Kompetisi Liga Sepak Bola Terpopuler di Eropa?

Dominasi Liga Inggris dalam hal koefisien klub asosiasi menegaskan posisinya sebagai salah satu liga terdepan di Eropa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X