Simak Data Jelang Indonesia vs Jepang, Laga Penentu Timnas Lolos 16 Besar

Ranking FIFA selalu naik, Indonesia optimis berikan yang terbaik pada pertandingan nanti.

Simak Data Jelang Indonesia vs Jepang, Laga Penentu Timnas Lolos 16 Besar Timnas Indonesia | Foto: PSSI

Indonesia akan menjalani laga terakhir pada babak penyisihan grup pagelaran AFC Asian Cup 2023 yang diselenggarakan di Qatar, Timur Tengah. Ajang sepakbola terbesar di Benua Asia ini diadakan pada tanggal 12 Januari hingga 10 Februari 2024 di 5 kota dengan 9 stadion berbeda.

Stadion yang digunakan yaitu Al Bayt Stadium, Lusail Stadium, Ahmad bin Ali Stadium, Education City Stadium, Jassim bin Hamad Stadium, Khalifa International Stadium, Abdullah bin Khalifa Stadium, Al Thumama Stadium, serta Al Janoub Stadium.

Pada laga terakhir Indonesia di babak penyisihan grup, Squad Garuda Nusantara akan bertanding melawan Jepang pada tanggal 24 Januari 2024 pukul 14.30 waktu setempat (18.30 WIB). Pertandingan ini akan dilaksanakan di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar dengan wasit bernama Khamis Al-Marri asal Qatar.

Tim yang dilatih oleh Shin Tae-yong sendiri diprediksi kuat akan lolos ke babak gugur yaitu babak 16 besar melalui skema peringkat tiga terbaik.

Poin Indonesia setara Jepang

Poin terkini klasemen Grup D Asian Cup 2023, 23 Januari 2024

Dalam data terkini dari AFC, Indonesia berada di peringkat tiga grup D dengan total 3 poin. Indonesia memiliki poin yang sama dengan Jepang, namun Jepang berada di peringkat kedua.

Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan di angka memasukkan dan kemasukan gol. Jepang telah mencetak 5 gol, sementara Indonesia masih mencetak 2 gol. Indonesia dan Jepang sama-sama menang dan kalah sebanyak masing-masing satu kali.

Sementara itu, Irak bertengger di puncak klasemen setelah menyapu bersih dua kemenangan atas Indonesia dan Jepang, dengan skor masing-masing 1-3 dan 2-1. Hal ini membuat Iraq telah mencetak sebanyak 5 gol.

Di bawah, terdapat Vietnam yang belum memiliki poin usai menelan kekalahan dengan Jepang serta Indonesia, dengan skor masing-masing 4-2 dan 1-0. Hal ini membuat Vietnam dipastikan tidak dapat lolos ke babak 16 besar.

Ranking Indonesia naik impresif, Jepang-Vietnam turun

Perkembangan ranking FIFA pada peserta Grup D Asian Cup 2023 hingga 23 Januari 2024

Meskipun berada di posisi buncit dalam hal ranking FIFA, peningkatan ranking FIFA Timnas Indonesia layak diacungi jempol. Hal ini dikarenakan peningkatan selalu terjadi secara berturut-turut sejak tahun 2020.

Pada tahun 2020, Indonesia berada di peringkat 173 dunia, kemudian naik menjadi 164 di tahun 2021, naik tajam menjadi 151 di tahun 2022, serta peringkat 146 di tahun 2023.

Data terkini dari Football-rangking.com menunjukkan bahwa terhitung sebelum pertandingan Indonesia vs Jepang, Indonesia sukses berada di peringkat ke-142 dunia. Peringkat ini merupakan peringkat terbaik sejak 12 tahun yang lalu.

Berbeda dengan Indonesia, pada peringkat terkini justru Jepang dan Vietnam turun peringkat dibanding tahun 2023. Di sisi lain, peringkat FIFA untuk Irak mengalami kenaikan tipis

Persiapan Timnas Indonesia sebelum tanding kontra Jepang

Pemain Tim Nasional Indonesia Sandy Walsh menyatakan bahwa Indonesia akan berjuang sekuat tenaga untuk melawan jepang pada pertandingan penyisihan terakhir ini.

"Kami harus bermain dengan hati dan energi, dan memberikan yang terbaik yang kami bisa dengan satu atau tiga poin. Jepang adalah tim dengan pemain bagus, kami harus mencoba yang terbaik," kata Sandy Walsh dalam Antara.

Sementara itu, Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong mengingatkan untuk tidak meremehkan tim nasional negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

"Sepak bola Asia Tenggara saat ini terus berkembang, terutama negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, empat tim sangat kompetitif," terang Shin Tae-yong dalam keterangan di Liputan6.

"Kami punya warna berbeda, gaya permainan yang berbeda, jadi saya menyiapkan pertandingan melawan Jepang dengan persiapan yang berbeda," tambahnya.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Timnas Sepakbola Indonesia Juara Skuad Termahal di ASEAN

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia menduduki peringkat teratas market value termahal di ASEAN. Hal ini tidak lepas dari maraknya kebijakan naturalisasi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X