Siapa yang Pantas menjadi Gubernur Jakarta Mendatang?

Basuki Tjahaya Purnama terpilih sebagai tokoh yang dinilai paling pantas untuk menduduki jabatan Gubernur Jakarta periode mendatang.

Siapa yang Pantas menjadi Gubernur Jakarta Mendatang? Basuki Tjahaya Purnama | Akudigital

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan tanggal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang.

“Pilkada Serentak tahun 2024 akan diikuti sebanyak 37 provinsi, kemudian 508 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2024. Pelaksanaan pilkada tahun ini rencananya akan digelar nanti pada tanggal 27 November 2024,” jelas ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Adapun Pilkada 2024 mendatang ditujukan untuk memilih gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota.

Kini, masing-masing calon telah gencar mempromosikan program kerjanya melalui kegiatan kampanye, terbukti dari ruas-ruas jalan yang kini dipenuhi dengan poster dari setiap calon. Tak terkecuali di Jakarta.

Survei dari KIC menyebutkan bahwa mayoritas responden menginginkan Basuki Tjahaya Purnama sebagai Gubernur Jakarta periode 2024-2029.

Mayoritas responden menginginkan Basuki Tjahaya Purnama sebagai Gubernur Jakarta periode 2024-2029.
Mayoritas responden menginginkan Basuki Tjahaya Purnama sebagai Gubernur Jakarta periode 2024-2029 | GoodStats

Adapun Basuki Tjahaya Purnama terpilih sebagai tokoh yang dinilai paling pantas untuk menduduki jabatan Gubernur Jakarta periode mendatang. Pria yang akrab disapa Ahok tersebut sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama dengan Joko Widodo pada periode 2012-2014, lalu kemudian naik menjadi gubernur pada periode 2014-2017.

Saat ini, Basuki Tjahaya Purnama diusung oleh PDIP. Namanya disebut-sebut sebagai salah satu calon gubernur Jakarta dari PDIP. Meski begitu, wacananya Basuki Tjahaya Purnama akan ditempatkan sebagai calon gubernur di Sumatra Utara.

Selain Ahok, nama lain yang juga dipilih oleh responden sebagai Gubernur Jakarta adalah Anies Baswedan. Tokoh yang sempat maju sebagai calon Presiden RI tersebut dipilih oleh 25,4% responden. Anies sebelumnya dikabarkan telah berdialog dengan PDIP terkait pencalonannya sebagai Gubernur Jakarta.

Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, juga masuk ke dalam daftar dengan total perolehan 20%. Ridwan Kamil juga terpilih sebagai tokoh yang dinilai pantas menjadi Gubernur Jawa Barat periode mendatang berdasarkan survei yang sama. 

Pria yang dikenal dengan sapaan Kang Emil tersebut merupakan mantan Gubernur Jawa Barat sejak tahun 2018. Ia terpilih bersama Uu Ruzhanul Ulum. Sebelumnya, Ridwan Kamil juga sempat menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Selain ketiga tokoh tersebut, terdapat nama-nama lain yang dinilai pantas menjabat sebagai Gubernur Jakarta, antara lain Ahmad Sahroni, Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, Kaesang Pangarep, Rano Karno, Heru Budi Hartono, Dharma Pongrekun, Ahmad RIza Patria, Ahmed Zaki Iskandar, hingga Wibi Andrino.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Ada Berapa Kasus “Pegi Perong” di Indonesia?

Salah tangkap maupun salah prosedur, hal ini jadi bukti kelalaian Kepolisian Republik Indonesia.

Deforestasi Indonesia Sentuh Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung

Deforestasi di Indonesia kembali mengalami peningkatan, apakah ini sinyal akan terjadinya konflik manusia dan satwa yang lebih masif?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook