Shin Tae-yong Umumkan Skuad Timnas vs Palestina & Argentina, 10 Pemain ‘Abroad’ Dipanggil

Nama-nama pemain Indonesia yang berstatus 'abroad' di luar negeri pun turut dipanggil, seperti Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, hingga Asnawi

Shin Tae-yong Umumkan Skuad Timnas vs Palestina & Argentina, 10 Pemain ‘Abroad’ Dipanggil Potret pelatih kepala timnas Indonesia Shin Tae-yong | PSSI

Pelatih Kepala timnas Indonesia Shin Tae-yong mengumumkan 26 pemain yang akan membela Timnas Garuda untuk ajang FIFA Match Day bulan Juni 2023 pada Sabtu (27/5). Pada FIFA Match Day Juni, timnas akan berjumpa dengan Palestina pada Rabu (14/6) dan bertemu dengan sang juara dunia Argentina pada Senin (19/6).

Sebelum berjumpa Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 26 pemain yang masuk ke dalam skuad ini akan berkumpul pada 5 Juni mendatang untuk melakukan pemusatan latihan.

Berbeda dari skuad sebelumnya, kali ini pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut memanggil total 8 pemain berstatus naturalisasi dan 10 pemain berstatus bermain di luar Liga 1 Indonesia. Nama-nama pemain Indonesia yang berstatus 'abroad' di luar negeri pun turut dipanggil, seperti Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, hingga Asnawi Mangkualam.

Adapun 8 Pemain naturalisasi yang dipanggil untuk FIFA Match Day kali ini adalah Marc Klok, Stefano Lilipaly, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Elkan Baggot. Salah satu pemain yang dipanggil, Marc Klok mengaku bersyukur menjadi salah satu pemain yang berkesempatan untuk masuk ke dalam skuad FIFA Match Day Kali ini.

"Senang bisa main lawan Argentina, tim terbaik sekarang. Main menghadapi Messi dan pemain lainnya adalah sebuah mimpi. Mudah-mudahan kita dapat belajar banyak. Penting bagi kita untuk bisa menikmati dan bisa belajar. Itu hal penting bagi sepakbola Indonesia," kata Marc Klok dilansir situs resmi Persib Bandung, Jumat (26/5).

"Ini menjadi ujian yang bagus untuk memperlihatkan kepada dunia bagaimana permainan tim, apakah kami layak untuk bertanding dan menunjukkan level kami. Jadi, ini akan jadi ujian bagus bagi kami dan mencari pengalaman dari pertandingan ini," lanjutnya.

Pemain yang dipanggil timnas untuk FIFA Match Day edisi Juni 2023 | GoodStats

Selain 10 pemain berstatus 'abroad' di klub luar negeri, Shin Tae-yong juga tetap memanggil beberapa pemain yang berkiprah di liga domestik. Persib Bandung menjadi klub yang menyumbang pemain terbanyak kali ini, antara lain Edo Febriansyah, Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

PSM Makassar dan Persikabo 1973 sama-sama menyumbang tiga pemain. Tiga pemain PSM antara lain Reza Arya Pratama (debut), Yakob Sayuri, dan Yance Sayuri; sementara tiga pemain Persikabo antara lain Syahrul Trisna, Andy Setyo (debut), dan Dimas Drajad.

Klub langganan dipanggil timnas, Persija Jakarta pada kali ini hanya berhasil menyumbang dua pemain, yakni Witan Sulaeman dan Rizky Ridho. Sementara itu, Bhayangkara FC (Dendy Sulistyawan), Persebaya Surabaya (Ernando Ari), Madura United (Fachruddin Aryanto), dan Borneo FC (Stefano Lilipaly) masing-masing menyumbang satu pemain.

Daftar lengkap skuad timnas Indonesia pada FIFA Match Day edisi Juni 2023 dapat diakses secara langsung melalui situs resmi PSSI.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Resmi! Indonesia Duduki Peringkat 5 Besar Asia dalam Ranking Futsal Wanita

Indonesia berada di peringkat 5 Asia dan 14 dunia dalam ranking futsal wanita versi FIFA 2024.

Sepak Bola Semakin Populer, Apa Saja Kompetisi Liga Sepak Bola Terpopuler di Eropa?

Dominasi Liga Inggris dalam hal koefisien klub asosiasi menegaskan posisinya sebagai salah satu liga terdepan di Eropa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X