Semuanya di Weekend, Cek Jadwal Debat Pilkada Jakarta 2024

Debat PIlkada DKI Jakarta 2024 akan diadakan sebanyak 3 kali dengan topik yang berbeda. Lokasi akan ditentukan lebih lanjut oleh rekan penyelenggara.

Semuanya di Weekend, Cek Jadwal Debat Pilkada Jakarta 2024 Debat Pertama Pilkada DKI Jakarta 2024 | KPU DKI Jakarta

Debat pertama untuk para pasangan Calon Gubernur Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 telah digelar kemarin Minggu (6/10) malam WIB. Debat tersebut berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) dengan durasi sepanjang 2,5 jam.

Tema pada debat perdana ini ialah Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global, dengan tujuh panelis yaitu Gun Gun Heryanto, Beky Mardani, R. Siti Zuhro, Nurliah Nurdin, Didik Suhariyanto, Ahsanul Minan, dan Andhyta Firselly Utami, serta dipimpin oleh pemandu yaitu Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan bahwa debat pasangan calon akan selalu krusial dalam menentukan pilihan.

"Visi dan misi, dan program kerja yang akan disampaikan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tujuannya memberikan pertimbangan kepada pemilih. Agar pemilih bisa menjatuhkan pilihannya, di tempat pemungutan suara pada 27 November mendatang," kata Wahyu dalam RRI.

Seperti yang diketahui, terdapat tiga pasangan calon dalam Pilkada 2024. Pasangan tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardhana, serta Pramono Anung-Rano Karno.

Jadwal Debat Pilkada DKI Jakarta Selanjutnya

Jadwal debat dalam rangkaian Pilkada Jakarta 2024 | GoodStats

Rangkaian debat Pilkada Jakarta 2024 akan diadakan sebanyak 3 kali sebelum pemilihan dilakukan. Dalam keterangan yang diberikan oleh KPU DKI Jakarta, debat-debat selanjutnya juga akan diadakan pada hari Minggu. Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta Astri Megatari mengkonfirmasi hal tersebut.

"Kami sudah menyelenggarakan rapat bersama dengan para TV penyelenggara dan sudah ada masing-masing debat, ada tiga kali debat. Jadi untuk debat pertama, kami laksanakan tanggal 6 Oktober," tambah Astri mengutip Detik.

Adapun debat kedua nanti akan diadakan pada 27 Oktober 2024, tepat 3 minggu setelah debat pertama. Selanjutnya, debat ketiga akan dilaksanakan pada 17 November 2024.

Debat Pilkada Jakarta 2024 dibagi ke dalam 6 segmen yang membuatnya lebih kompleks. Seluruh pasangan calon akan bergantian dalam mengajukan pertanyaan kepada pasangan calon lainnya.

"Segmentasinya ada enam segmen, di mana segmen pertama ini adalah segmen pemaparan visi-misi. Lalu segmen kedua dan segmen ketiga, ini para pasangan calon akan menjawab pertanyaan dari panelis. Kemudian di segmen empat dan lima adalah tanya jawab antar pasangan calon, lalu segmen enamnya adalah closing statement," terang Astri dalam Detik.

Meski begitu, Astri menyebut bahwa detil lebih lanjut mengenai debat kedua dan ketiga, baik lokasi maupun tema, masih belum ditentukan. Nantinya, lokasi-lokasi debat akan ditentukan oleh rekan penyelenggara yaitu stasiun televisi yang menyiarkan.

“Lokasi debat kedua dan ketiga belum ditentukan. Baru lokasi debat pertama yang sudah ditentukan,” kata Astri dalam Tirto.

Baca Juga: Cek Fakta: Pramono Anung Sebut Kesejahteraan Guru Honorer Masih Rendah

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Cek Fakta: Dharma Pongrekun Sebut Pandemi Adalah Agenda Terselubung

Calon Gubernur DKI Jakarta Dharma Pongrekun membuat pernyataan kontroversial dengan menyebut pandemi COVID-19 sebagai "agenda terselubung dari asing".

Pilkada Jatim 2024: Kontestasi Tiga Puan Berebut Jabatan

Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024 semakin memanas dengan hadirnya tiga tokoh perempuan kuat yang bertarung memperebutkan kursi gubernur.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook