Sederet Istri Pemimpin Dunia Paling Korup Sepanjang Sejarah

Sebagai ibu negara, istri kedua mantan perdana menteri Malaysia, Rosmah Mansor, justru terlibat kasus korupsi senilai Rp4,2 triliun

Sederet Istri Pemimpin Dunia Paling Korup Sepanjang Sejarah Rosmah Mansor, Istri kedua Najib Razak. (Sumber: detik.com)

Gerak-gerik pemegang kekuasaan tertinggi di pemerintahan selalu menjadi sorotan publik. Di balik pemimpin besar, ada wanita hebat yang mendukung di belakangnya. Itulah kata pepatah.

Sosok istri pemimpin dunia atau familiar disebut ibu negara memang memiliki nilai dan karisma sendiri dalam dunia politik.

Mendampingi sang suami memimpin negara, sosok ibu negara biasanya lekat dengan sosok keibuan, sederhana, mengayomi, lemah lembut sekaligus elegan.

Sebagai wanita nomor satu di suatu negara, banyak keputusan ataupun kebijakan yang diambil dengan campur tangan Ibu Negara. Mereka juga kerap kali menjadi representasi dari sebuah negara sebagai sosok yang mengayomi bangsa.

Sayangnya, beberapa ibu negara di sejumlah belahan dunia malah melakukan sebaliknya. Alih alih berperilaku sederhana, sejumlah istri pemimpin dunia malah ajimumpung menghabiskan anggaran negara untuk bermewah-mewah. Yang lebih parah, beberapa Ibu Negara justru terlibat kasus korupsi dan membuat negaranya sendiri bangkrut.

Pada urutan pertama yakni Datin Sri Rosmah Mansor adalah istri kedua Najib Razak, mantan perdana menteri Malaysia yang kini dipenjara karena kasus korupsi.

Rosmah Mansor adalah Ibu Negara Malaysia pada 3 April 2009 hingga 10 Mei 2018. Dia terkenal memiliki gaya hidup mewah dan glamor, sehingga banyak pihak yang mengkritiknya.

Rosmah Mansor terbukti bersalah atas kasus korupsi senilai 1,25 miliar ringgit Malaysia (Rp4,2 triliun) dalam proyek energi surya hibrida untuk sekolah di pedesaan negara bagian Serawak.

Ibu Negara paling korup di dunia yang kedua ditempati Imelda Marcos. Imelda Romualdez Marcos adalah istri dari Ferdinand Marcos, mantan presiden Filipina. Imelda Marcos, 86 tahun, bersalah atas uang sebesar US$ 200 juta atau Rp 2,9 trilun yang disembunyikan lewat lembaga nirlaba satu dekade silam. Total ada tujuh kali transfer yang dilakukan ke rekening itu saat Marcos menjabat sebagai gubernur Manila. 

Kemudian, Grace Ntombizodwa Mugabe adalah istri kedua dari mantan presiden Zimbabwe, yakni Robert Mugabe. Grace termasuk satu di antara setidaknya 132 orang yang dituduh melakukan transaksi ilegal di tanah negara. Grace telah melakukan penggelapan uang sebesar Rp38,9 miliar.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Kereta Tercepat di Asia Tenggara, Whoosh Peringkat Pertama?

Whoosh kereta cepat milik Indonesia menempati posisi pertama sebagai kereta tercepat di Asia Tenggara dengan jarak tempuh mencapai 350km/jam.

Waspada! Pneumonia Jadi Penyebab Kematian Anak Nomor Satu di Dunia

Pneumonia jadi penyakit menular penyumbang kematian anak balita tertinggi di dunia, lebih banyak dibandingkan gabungan penyakit AIDS, Malaria, dan Campak.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X