Rumah Jadi Sumber Utama Dalam Penanaman Nilai Anti Korupsi Sejak Dini

Pentingnya pengajaran untuk memupuk nilai anti-korupsi sejak dini. Menurut laporan BPS, rumah menjadi sumber pengajaran tertinggi pada 2022.

Rumah Jadi Sumber Utama Dalam Penanaman Nilai Anti Korupsi Sejak Dini Ilustrasi seorang pekerja yang menolak menerima suap | Elle Aon/Shutterstock

Akar perilaku korupsi terjadi ketika tidak ada nilai-nilai antikorupsi yang ditanamkan dalam diri. Melalui pembiasaan dan pengembangan nilai-nilai antikorupsi sejak dini, manusia bisa memiliki kendali diri terhadap pengaruh buruk lingkungan. Hal ini akan menghindarkan diri dari praktik-praktik korupsi.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) bertajuk Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Tahun 2022, masyarakat cenderung semakin anti-korupsi ketika memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Pada tahun 2022, IPAK masyarakat berpendidikan dasar (SD ke bawah) sebesar 3,87 poin. Sementara, pendidikan menengah (SMP dan SMA) sebesar 3,94 poin dan tinggi (di atas SMA) sebesar 4,04 poin.

Jika ditinjau berdasarkan subdimensi, tercatat bahwa indeks persepsi keluarga memiliki skor tertinggi dibanding subdimensi yang lain dalam dimensi persepsi pada tahun 2022. Pola ini terjadi baik di perkotaan maupun perdesaan.

Adapun, Skor tersebut masing-masing sebesar 4,10 poin di perkotaan dan 3,89 poin di perdesaan. Sedangkan menurut wilayah, indeks di perkotaan lebih tinggi dibanding indeks di perdesaan.

Sumber pengajaran nilai anti-korupsi sejak dini tertinggi menurut BPS | Goodstats

Terdapat beberapa sumber pengajaran nilai anti-korupsi yang dapat ditanamkan sejak dini. Menurut laporan BPS, rumah menjadi sumber pengajaran tertinggi dengan perolehan 93,33% pada tahun 2022. Sumber selanjutnya datang dari pengajaran di sekolah berupa mata pelajaran dan ekstrakurikuler dengan persentase mencapai 68,31%.

Diikuti oleh lingkungan sekolah dan lingkungan rumah dengan persentase masing-masing sebesar 52,7% dan 43,57%. Selain itu, terdapat beberapa sumber pengajaran nilai antikorupsi lainnya, seperti berasal dari teman sebaya (19,64%), media online (14,74%), buku bacaan (6,05%), dan permainan (3,01%).

Sementara itu, IPAK Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebesar 3,93 poin dari skala 0-5. Angka ini lebih tinggi dibandingkan capaian 2021 yang mencapai 3,88 poin. Nilai indeks semakin mendekati 5 menunjukkan bahwa masyarakat berperilaku semakin anti-korupsi, sebaliknya nilai indeks yang semakin mendekati 0 menunjukkan bahwa masyarakat berperilaku semakin permisif terhadap korupsi.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Mengenal Bernard Arnault, CEO Brand Terkaya Tahun 2024

Bernard Arnault dinobatkan Forbes sebagai orang terkaya di dunia tahun 2024. Siapa saja yang ada dalam daftar tahun ini?

Jumlah Kerugian Negara dalam Satu Dekade Terakhir Akibat Koruptor

KPK merilis data terbaru mengenai kasus korupsi di berbagai sektor di Indonesia, mencatat jumlah kasus yang dilaporkan dan ditindaklanjuti dari tahun 2016-2023.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X