Ribuan Tenaga Honorer Gagal Diangkat Menjadi ASN PPPK Tahun 2024

2,3 juta honorer diproyeksikan akan diangkat menjadi PPPK, namun hanya 1,7 juta orang yang terdata BKN dan formasi untuk PPPK hanya sebanyak 1,01 juta orang.

Ribuan Tenaga Honorer Gagal Diangkat Menjadi ASN PPPK Tahun 2024 Guru honorer Garut minta diangkat jadi PPPK | merdeka.com

Salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kepastian dan pengakuan terhadap kontribusi tenaga honorer telah tertuang dalam UU ASN No 20 tahun 2023. Dalam undang-undang tersebut, tenaga honorer akan dihapus pada bulan Desember 2024 kemudian akan dilakukan pengangkatan untuk menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Setelah bulan Desember 2024, pemerintah dilarang merekrut tenaga honorer untuk mengisi jabatan ASN. Untuk itu, pemerintah berupaya melakukan penataan tenaga honorer dengan pengangkatan PPPK 2024 melalui seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

Namun, dalam pengangkatan ini terdapat syarat yang harus dipenuhi, yaitu data tenaga honorer harus terverifikasi BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Selain itu, berdasarkan bocoran dari KemenPAN RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), tenaga honorer kategori dua yang memiliki masa kerja lebih dari lima tahun berturut-turut dan telah berusia di atas 55 tahun akan otomatis diangkat menjadi PPPK.

Sayangnya, pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK tidak semudah yang dibayangkan. Awalnya, sebanyak 2,3 juta tenaga honorer diproyeksikan akan diangkat menjadi PPPK. Namun, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan jumlah honorer yang masuk database BKN hanya sebanyak 1.788.851 orang.

Jumlah tenaga honorer berdasarkan proyeksi, data BKN, dan formasi PPPK 2024 | Goodstats

Sementara itu, formasi yang telah ditetapkan KemenPAN RB untuk rekrutmen CASN tahun 2024 untuk PPPK hanya sebanyak 1,01 juta orang. Maka sekitar 770 ribu tenaga honorer akan tidak terakomodasi.

Hal ini dikarenakan pemerintah melakukan proses verifikasi dan validasi (verval) yang dilaksanakan oleh BKN. Hasil verval ini dilakukan untuk menjamin bahwa tenaga honorer yang diangkat menjadi PPPK memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Pemerintah turut meyakinkan bahwa tenaga honorer yang terdata ini akan dijamin lolos PPPK pada seleksi CASN 2024. Meskipun nantinya tidak semua honorer akan diangkat menjadi PPPK penuh waktu, akan ada honorer yang diangkat menjadi PPPK paruh waktu.

Hingga saat ini, KemenPAN RB belum memberikan kepastian terkaitnya tanggal dibukanya seleksi CASN 2024 dan hanya menyatakan bahwa seleksi akan dibuka pada bulan Juni atau Juli 2024. Hal ini dikarenakan masih terdapat pemerintah daerah yang belum mengusulkan formasi sesuai dengan kebutuhan.

KemenPAN RB terus menekankan agar pemerintah daerah segera mengusulkan kebutuhan formasi terutama dikhususkan bagi honorer yang sudah mengabdi.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Editor

Konten Terkait

Intip Suku Bunga Student Loans di 5 Negara, Apa yang Bisa Dipelajari Indonesia?

Kenaikan UKT berujung wacana student loans. Berapa tambahan bunga yang harus dibayar mahasiswa di luar negeri?

9,9 Juta Anak Muda di Indonesia Menganggur, Paling Banyak Lulusan SMA

Berdasarkan tingkat pendidikan, anak muda yang tergolong NEET paling banyak merupakan lulusan sekolah menengah atas (SMA) yaitu sebanyak 3,57 juta orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X