Revenue Pasar Streaming Musik Mencuat Naik, Spotify Punya Subscribers Terbanyak

Pendapatan pasar streaming musik di dunia terus mengalami kenaikan. Spotify tercatat sebagai platform dengan subscribers terbanyak

Revenue Pasar Streaming Musik Mencuat Naik, Spotify Punya Subscribers Terbanyak Ilustrasi Streaming Musik | Unsplash/fhavlik

Sejak dulu musik tetap menjadi hal yang tak bisa dilepas oleh manusia sebagai sarana hiburan. Dahulu untuk menikmati musik secara tradisional, kerap kali banyak orang yang menggunakan vinyl atau cassette tape. Lambat laun, tren penggunaan vinyl dan cassette tape  tersebut bergeser menuju cd  atau compact disc. Era kejayaan benda fisik tersebut mulai semakin tergeser sejak adanya platform streaming musik. Tapi tak ayal, masih saja ada beberapa orang yang tetap lebih memilih untuk menggunakan vinyl hingga cd dengan alasan eksklusifitas serta penghargaan lebih bagi para musisi.

Jumlah Revenue Pasar Platform Streaming Musik di Dunia | Goodstats
Jumlah Revenue Pasar Platform Streaming Musik di Dunia | Goodstats

Jika ditarik mundur menuju tahun 2017, Statista mencatat bahwa pendapatan pasar platform streaming musik masih berada di angka US$10,08 miliar untuk cakupan seluruh dunia. Angka tersebut terus menunjukkan tren naik setiap tahunnya hingga menorehkan revenue atau pendapatan di angka 25,71 pada Maret 2023. Pendapatan tersebut diprediksikan akan tetap mencuat naik hingga tahun 2027 dengan proyeksi revenue di angka US$31,4 miliar.

Jumlah Subscribers Platform Streaming Musik di Dunia | Goodstats
Jumlah Subscribers Platform Streaming Musik di Dunia | Goodstats

Jika dilihat berdasarkan berbagai platform yang tersedia di masyarakat hari ini. Spotify menjadi platform streaming musik dengan subscribers terbanyak yang berada di angka 188 juta pelanggan. Disusul Apple Music dengan subscriber sebanyak 88 juta orang di seluruh dunia. Bahkan, jumlah subscribers Tencent Music berada di atas Youtube Music meski hanya terpaut 200 ribu orang, atau persisnya pelanggan Tencent Music berada di angka 80,2 juta sementara pelanggan Youtube Music berada di angka 80 juta. 

Pandora dan Deezer  menjadi 2 platform streaming musik dengan pelanggan paling sedikit di tahun 2022. Di akhir tahun lalu, deezer hanya memiliki 9,6 juta subscribers dan Pandora hanya 6,2 juta. 

Semua platform streaming musik terlihat menunjukkan tren kenaikan subscribers, namun tidak pada Pandora, Deezer dan Soundcloud. Subscribers Pandora menurun 100 ribu orang di tahun 2022, sementara Deezer pernah mengalami penurunan 200 ribu pelanggan di tahun 2019 terhadap tahun sebelumnya. Lain halnya dengan Soundcloud yang berhasil bangun dari keterpurukan di tahun 2022 dengan 76 juta pelanggannya setelah kehilangan lebih dari setengah pelanggannya di tahun 2018.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Tidak Selalu Negatif, Ini Dampak Positif Suku Bunga BI yang Terus Naik!

BI kembali menaikkan suku bunga ke level 6,25% pada April 2024. Meskipun pertumbuhan ekonomi diperkirakan melambat, tetapi nilai tukar rupiah akan lebih kuat.

Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Tahun 2024 Berdasarkan Wilayah

Pada tahun 2024, Indonesia diperkirakan akan menatap masa depan yang cerah dalam hal pertumbuhan ekonomi karena diprediksi akan mengalami kenaikan yang inklusif

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X