Rerata Usia Skuad Peserta Piala AFF 2022: Singapura Tertua, Laos Termuda

Singapura menjadi negara dengan skuad tertua di Piala AFF 2022, yakni 28,6 tahun.

Rerata Usia Skuad Peserta Piala AFF 2022: Singapura Tertua, Laos Termuda Timnas Singapura kala bertemu dengan Indonesia di semifinal Piala AFF 2020 | Yong Teck Lim/Getty Images

Turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2022 kembali hadir mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang. Terkadang, hadirnya kejuaraan ini sering dijadikan sebagai ajang pemanasan tim-tim Asia Tenggara sebelum menuju pentas yang lebih tinggi, misalnya Piala Asia atau persiapan kualifikasi Piala Dunia.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya negara-negara yang bereksperimen menurunkan beberapa pemain muda atau akrab disapa wonderkid-nya pada turnamen ini. Di sisi lain, banyak negara yang tetap mempercayai pemain-pemain seniornya untuk turun pada turnamen ini karena Piala AFF dianggap memiliki prestise bagi beberapa negara Asia Tenggara.

Timnas Indonesia sendiri telah menunjuk 23 pemain yang akan membela skuad Merah Putih pada Piala AFF 2022. Menurut ASEAN Football, skuad Garuda memiliki rerata usia 24,7 tahun dengan Marselino Ferdinan (18) sebagai pemain termuda dan Ilija Spasojevic (35) sebagai pemain tertua. PSSI sendiri optimistis, ke-23 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong tersebut akan mampu membawa Indonesia meraih juara di ajang ini.

"Kami optimistis dengan nama-nama pemain yang dipilih pelatih Shin Tae-yong mampu membawa Indonesia meraih juara Piala AFF 2022. Saya berharap pemain terus kerja keras, disiplin, dan berjuang maksimal," ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dilansir situs resmi PSSI (19/12)

"PSSI akan memberikan dukungan penuh untuk Timnas Indonesia. Apalagi Kepolisian Republik Indonesia telah memberikan izin kehadiran penonton untuk dua pertandingan kandang di babak penyisihan, tentu ini menambah motivasi dan semangat juang pemain," lanjutnya.

Laos menjadi negara dengan skuad termuda di Piala AFF 2022 | GoodStats

Jika dibandingkan dengan 10 negara peserta Piala AFF 2022 lainnya, rerata usia skuad Timnas Indonesia berada pada posisi keempat termuda setelah Laos, Kamboja, dan Filipina. Ya, Timnas "Negeri Seribu Gajah" (julukan Laos) menjadi negara dengan usia skuad termuda dengan rerata 22,1 tahun.

Kamboja dan Filipina yang menduduki posisi kedua dan ketiga masing-masing memiliki rerata usia skuad 24,4 tahun dan 24,5 tahun. Menariknya, hanya empat negara yang memiliki rerata usia skuad di bawah 25 tahun.

Posisi lima hingga kesembilan diisi oleh Myanmar (25 tahun), Malaysia (25,9 tahun), Vietnam (26 tahun), Brunei Darussalam (27,9 tahun), dan Thailand (28,3 tahun). Timnas "Kota Singa" (julukan Singapura) menjadi skuad tertua dengan rerata usia 28,6 tahun. Hassan Sunny menjadi pemain tertua yang berada di skuad Singapura dengan umur 38 tahun.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Deretan Pemain Paling “Senior” di Piala AFF 2022, Ada Nama Spasojevic
Artikel Selanjutnya Menyingkap Isi Kepala Orang Indonesia Atas Sulitnya Realisasi Praktik Ramah Lingkungan
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook