Rawon Ungguli Ramen dan Hot Pot Dalam Daftar Hidangan Berkuah Terbaik 2023

Rawon dinobatkan menjadi hidangan berkuah terbaik di dunia versi Taste Atlas pada Juli 2023 dengan perolehan skor 4,8 poin.

Rawon Ungguli Ramen dan Hot Pot Dalam Daftar Hidangan Berkuah Terbaik 2023 Ilustrasi hidangan rawon khas Jawa Timur | Unilever Food Solutions

Selain kekayaan sumber daya alamnya yang berlimpah, Indonesia juga terkenal akan kulinernya dengan cita rasa yang beragam. Mulai dari hidangan yang digoreng, tumis, kukus, hingga berkuah yang memanjakan lidah.

Bahkan, kekayaan gastronomi Indonesia sampai diakui mancanegara. Tak sedikit hidangan khas Indonesia yang berhasil mendapatkan predikat terlezat nomor satu di dunia. Situs panduan wisata kuliner asal Kroasia Taste Atlas menobatkan rawon menjadi hidangan berkuah terbaik pada Juli 2023.

Masakan berkuah khas Surabaya tersebut sukses mendapatkan skor 4,8 poin. Adapun, capaian tersebut berdasarkan penilaian Taste Atlas yang diberikan oleh komunitas pembaca mereka dari skala 1-5 poin.

7 hidangan berkuah terbaik di dunia versi Taste Atlas | Fauziah/Goodstats

Selain rawon, ada pula berbagai hidangan lainnya dari berbagai penjuru dunia dengan selisih tipis yaitu 4,7 poin. Di antaranya adalah tonkotsu ramen, tom kha gai, sopa de lima, Taiwanese hot pot, ciorba radauteana, serta bori-bori. Selengkapnya, berikut daftarnya.

1. Rawon

Ilustrasi hidangan rawon | Shutterstock via Taste Atlas

Hidangan berkuah yang satu ini berhasil mendapatkan peringkat pertama dalam daftar hidangan berkuah terbaik versi Taste Atlas pada Juli 2023. Sebelumnya, rawon sempat berada di posisi ke-8 pada periode September 2022 silam. Kala itu, hidangan khas Korea Utara, khao Soi menjuarai daftar.

Mengutip laman Taste Atlas, rawon merupakan kuliner asal Surabaya, Jawa Timur yang berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam. Adapun, warna hitam tersebut berasal dari biji tanaman khas tanah air, yaitu kluwek.

“Elemen kuncinya adalah buah kluwek, biji hitam Indonesia. Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah. Oleh karena itu, perlu difermentasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi,” tulis Taste Atlas.

2. Tonkotsu ramen

Ilustrasi hidangan tonkotsu ramen ala Jepang | Souschef.co.uk

Menyusul rawon, tonkotsu ramen berada di peringkat kedua dalam daftar hidangan berkuah terbaik di dunia versi Taste Atlas dengan perolehan skor 4,7 poin. Hidangan ini adalah jenis ramen yang populer asal Jepang, yang secara tradisional terbuat dari rebusan lemak dan tulang babi sehingga kuahnya berwarna putih keruh dan kental.

“Tonkotsu ramen adalah salah satu hidangan unik asal Jepang yang terdiri dari kaldu lemak dan tulang babi. Selain di negara asalnya, hidangan ini juga sangat populer di negara-negara lain di dunia,” tulis Taste Atlas.

Ciri khas dari jenis ramen ini adalah lamanya waktu perebusannya, bahkan bisa sampai 20 jam demi mendapatkan kaldu yang kental dan gurih. Lamanya proses perebusan tersebut bertujuan agar kolagen dan lemaknya ikut larut bersama dengan kuah, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut.

3. Tom Kha Gai

Ilustrasi hidangan tom kha gai | The Daring Gourmet

Tom kha gai merupakan salah satu hidangan berkuah terlezat versi Taste Atlas yang berada di posisi ketiga dengan perolehan skor sebesar 4,7 poin. Jika diterjemahkan, masakan asal Thailand ini memiliki arti yakni sup ayam lengkuas.

“Hidangan berkuah ini terdiri dari santan, potongan atau suwir ayam, lengkuas, serai, bawang putih, cabe rawit, daun jeruk purut, kecap ikan, hingga jamur shitake,” tulis Taste Atlas dalam artkelnya.

4. Sopa de Lima

Ilustrasi hidangan sopa de lima | Serious Eats

Berdasarkan laman Taste Atlas, sopa de lima menempati peringkat keempat dalam daftar hidangan berkuah terbaik dengan skor 4,7 poin. Sup tradisional ala Meksiko ini jika diterjemahkan memiliki arti “sup jeruk nipis”.

Adapun, sup ini terdiri dari kaldu ayam, air jeruk nipis, dan ayam suwir. Hidangan ini biasanya juga dibumbui dengan bumbu dan rempah-rempah seperti bubuk cabai, ketumbar, dan jintan. Selain itu, sopa de lima biasanya disajikan dengan topping seperti krim asam, keju, hingga alpukat.

“Hidangan ini sebetulnya adalah sup ayam dan tomat yang pedas serta memiliki aroma kuat, sangat bertentangan dengan arti namanya,” tulis Taste Atlas.

5. Taiwanese Hot Pot

Ilustrasi Taiwanese hot pot | Taste Atlas

Seperti namanya, hidangan ini adalah hot pot yang berasal Taiwan. Masakan yang satu ini menduduki peringkat kelima dalam daftar hidangan berkuah terbaik versi Taste Atlas dengan skor 4,7 poin per Juli 2023.

“Biasanya, hidangan sup panas ini disajikan selama musim dingin, terutama pada hari-hari yang hujan dan dingin,” tulis Taste Atlas.

Lebih lanjut, hidangan ini terdiri dari sepanci kaldu dengan berbagai bahan makanan yang di masak di dalamnya. Beberapa bahan yang sering dimasak dalam hidangan ini adalah tahu, siomay, umbi-umbian, perkedel ikan, irisan daging tipis, hingga talas goreng.

6. Ciorba Radauteana

Ilustrasi hidangan ciorba radauteana | Shutterstock via Taste Atlas

Sup tradisional ala Rumania ini menempati peringkat keenam dalam daftar hidangan berkuah terbaik dengan perolehan skor 4,7 poin. Sup yang satu ini dibuat dengan kombinasi ayam, bawang merah, paprika merah, seledri, wortel, air lemon, bawang putih, daun peterseli, dan krim asam.

Mengutip Taste Atlas, bahan-bahan tersebut nantinya direbus dengan api sedang hingga daging dan sayuran menjadi empuk. Selain itu di Rumania, hidangan ini biasanya juga digunakan sebagai obat mabuk dan memiliki khasiat untuk menyebuhkan penyakit, seperti flu.

7. Bori-bori

Ilustrasi hidangan bori-bori | Taste Atlas

Bori-bori atau vori-vori merupakan sup hangat asal Paraguay yang berisi daging (biasanya sapi atau ayam). Selain itu, ada pula pangsit yang terdiri dari tepung jagung dan keju, serta sayuran seperti wortel, seledri, dan bawang bombay.

Taste Atlas memberikan skor 4,7 poin untuk masakan satu ini, yang berhasil menempatkannya di urutan ketujuh dalam daftar hidangan berkuah terbaik pada Juli 2023. Adapun, sup ini secara tradisional dibumbui dengan cengkeh, daun salam, dan daun peterseli. Sementara, warna pada hidangan ini diperoleh dari kunyit.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Makanan Manis Street Food Indonesia Terbaik Menurut Dunia

Jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan dari makanan-makanan manis yang luar biasa yang diakui dunia ini

Ragam Makanan Cepat Saji Pilihan Masyarakat Indonesia

Dari banyaknya pilihan makanan cepat saji di tanah air, mana yang jadi pilihan masyarakat Indonesia?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook