Ramadhan Telah Tiba, Ini Hal Paling Dicari Masyarakat Indonesia Menurut Google Trends

Ramadhan tiba, semaraknya juga turut terproyeksi pada daftar Google Trends Indonesia. Apa saja yang dicari masyarakat seputar Ramadhan? Temukan jawabannya!

Ramadhan Telah Tiba, Ini Hal Paling Dicari Masyarakat Indonesia Menurut Google Trends Ilustrasi Anak-Anak Pulang Mengaji saat Ramadhan / Sumber: Pinterest

Ramadhan selalu terhitung menjadi momentum penuh semarak di negara-negara mayoritas beragama islam. Menjadi satu bulan yang dianggap bulan ibadah umat Islam, memang terdapat banyak hal yang sering kali menjadi sorotan publik berkenaan dengan bulan Ramadhan.

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kebiasaan umat Islam dalam merayakan dan menjalani semarak Ramadhan.

Berangkat dari suatu ajaran keagamaan, tak ayal bulan Ramadhan juga diisi oleh kekayaan ragam budaya hingga kebiasaaan setiap umat Islam yang tersebar di berbagai Negara dalam merayakannya.

Terbaru, jagat dunia maya dihiasi oleh momentum pertunjukan bertambur cahaya di sepanjang jalan London sebagai bentuk semarak Ramadhan.

Suatu hal yang tentu menyita perhatian dan menghibur khalayak mengingat London tidak termasuk sebagai wilayah dengan mayoritas umat Islam.

Terlebih momentum semarak Ramadhan di Kota London tersebut baru kedua kalinya dijalankan sejak 2023 sebagai kali pertama jalanan London dihiasi “cahaya-cahaya Ramadhan”.

Indonesia sebagai negara mayoritas beragama Islam tentu sangat identik dengan perayaan dalam menjalankan bulan Ramadhan. Mengingat di antara masyarakat Indonesia, seolah-olah nilai-nilai Islam juga turut mengalami difusi ke dalam kebudayaan dan norma sosial mereka.

Salah satu representasi “semarak” penantian masyarakat Indonesia khususnya sebagai umat Islam terhadap bulan Ramadhan juga turut diproyeksikan pada segmen tren Google.

Tren menunjukkan bahwa pada hari pertama puasa, terdapat banyak informasi seputar bulan Ramadhan yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia.

Niat puasa Ramadhan menjadi peringkat pertama pada setiap proyeksi tren Google sejak 12 Maret 2024. Adapun waktu pencarian selalu bertepatan dengan waktu sahur di setiap daerah.

Tercatat pada Google Trends, pukul 03:40 hingga 04:28 dini hari menjadi waktu terbanyak untuk pencarian mengenai niat puasa Ramadhan di Indonesia. Adapun catatan kota-kota yang paling banyak mengakses pencarian tersebut.

Kalimantan Selatan, Aceh, Sulawesi Tenggara, Banten, dan Kalimantan Timur menjadi peringkat lima wilayah teratas yang banyak mengakses pencarian mengenai niat puasa Ramadhan menurut Google Trends.

Sedangkan Sulawesi Utara, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) tercatat sebagai tiga wilayah terbawah dalam pemeringkatan wilayah dengan akses terhadap pencarian niat Puasa Ramadhan terbanyak.

Terlihat pada daftar pencarian seputar Ramadhan tersebut, ragam pencarian masyarakat terdiri dari beberapa jenis yaitu persoalan keagamaan, aktivitas yang biasa dilakukan saat Ramadhan, hidangan saat Ramadhan, hingga hiburan yang biasa disaksikan saat Ramadhan.

Penulis: Andini Rizka Marietha
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Apa Pendapat Publik Soal Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024?

Dalam beberapa survei, opini publik soal sengketa Pemilu 2024 menunjukkan keberagaman. Salah satu latar belakang yang berpengaruh adalah pilihan di Pemilu lalu.

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X