Ragam Alasan Orang Indonesia Memilih Menggunakan Dating App

Aplikasi kencan online atau dating app kian menjadi tren yang cukup marak di beberapa tahun terakhir. Dating app menawarkan berbagai fitur yang menarik.

Ragam Alasan Orang Indonesia Memilih Menggunakan Dating App Ilustrasi Dating App | Pexels /cottonbrostudio

Aplikasi kencan online atau dating app kian menjadi tren yang cukup marak di beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak, aplikasi kencan online atau dating app ini menawarkan berbagai fitur yang menarik dan membuat penggunanya bisa berkomunikasi dan bertemu dengan lawan jenis hanya dalam genggaman. Berbagai fitur menarik yang ditawarkan memungkinkan pengguna untuk melakukan filtering agar pencarian sesuai selera pengguna.

Rakuten Insight Center, pernah melakukan survei terkait penggunaan dating app di tanah air. Menurut hasil survei Rakuten dengan 10,886 responden, golongan umur 25 hingga 34 tahun merupakan golongan yang paling banyak menggunakan dating app, disusul di bawahnya oleh golongan umur 16 hingga 24 tahun. Uniknya, 13 persen dari responden dengan umur 55 tahun ke atas  yang berjumlah 284 responden, tercatat menggunakan dating app.

Rakuten juga melakukan survei terkait seberapa sering orang Indonesia menggunakan dating app. Dari total 3.113 orang, 32 persennya mengaku menggunakan dating app beberapa kali dalam seminggu. Disusul oleh responden yang mengaku jarang menggunakan dating app di angka 17 persen. Sementara itu, responden yang mengaku menggunakan dating app setiap hari berada di angka 16 persen.

Sementara itu, sebanyak 3.113 responden diberikan pertanyaan “Mengapa kamu menggunakan dating app?” dengan arahan untuk menjawab lebih dari 3 opsi pilihan. Hasilnya, 50 persen dari responden mengaku bisa bertemu orang-orang yang menurutnya tidak akan mereka temui. Disusul oleh 32 persen jawaban responden yang mengaku lebih nyaman melakukan langkah pertamanya secara online.

Menariknya, 21 persen dari jawaban responden mengaku menggunakan dating app hanya karena bosan dan bahkan 28 persen dari jawaban responden mengaku tak punya waktu untuk bertemu  dengan orang baru.

Jika ada yang pro, tentu ada yang kontra. Sebanyak 7.773 responden diberikan pertanyaan “Mengapa anda tak menggunakan dating app” dengan arahan menjawab lebih dari tiga opsi pilihan. Hasilnya, sebanyak 45 persen wanita dan 44 persen pria menganggap dating app tak sesuai budayanya. Disusul oleh 36 persen wanita dan 30 persen pria yang menganggap dating app tak berbobot.

Sementara, 1.912 responden diberikan pertanyaan “Mengapa mereka berhenti menggunakan dating app?”. Sebanyak 26 persen jawaban responden mengaku bosan menggunakan dating app dan disusul di bawahnya oleh 24 persen responden beruntung yang merasa tak membutuhkan dating app lagi, karena sudah menemukan pujaan hatinya via aplikasi kencan.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ada Lebih dari 10 Ribu Puskesmas di Indonesia, Terbanyak di Jawa Barat

Jawa Barat mempunyai puskesmas terbanyak di Indonesia, totalnya melebihi 1.000 unit. Meski begitu, distribusi puskesmas di Indonesia masih belum merata.

240 ASN Terbukti Tak Netral, Terbanyak dari Jabatan Fungsional

ASN yang terbukti melanggar netralitas mayoritas menjabat di bagian fungsional, proporsinya mencapai 23,3%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X