Punya Indeks Persepsi Korupsi Terendah, Somalia Jadi Negara Terkorup di Dunia 2022

Somalia kembali menjadi negara terkorup di dunia pada tahun 2022 dengan skor IPK 12 poin menurut laporan Transparency International.

Punya Indeks Persepsi Korupsi Terendah, Somalia Jadi Negara Terkorup di Dunia 2022 Ilustrasi kejahatan korupsi | Red Fox Studio/SHutterstock

Konflik yang tidak pernah berakhir di negara-negara kawasan Tanduk Afrika menjadi faktor utama maraknya kejahatan korupsi. Terorisme, penindasan kebebasan pers, ketidakstabilan politik, sosial, dan ekonomi telah menciptakan lahan subur bagi para oknum untuk melakukan kejahatannya.

Berdasarkan laporan dari Transparency International, Somalia menduduki peringkat terbawah dari total 180 negara berdasarkan skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dengan skor 12 pada tahun 2022. Skor 0 menunjukkan negara rawan korupsi. Sedangkan, skor 100 menunjukkan negara yang bersih dari korupsi. Ini menunjukkan bahwa Somalia menjadi negara dengan kasus korupsi paling banyak di dunia.

"Korupsi merusak kemampuan pemerintah untuk melindungi orang dan mengikis kepercayaan publik. Di sisi lain, konflik menciptakan peluang korupsi dan menumbangkan upaya pemerintah untuk menghentikannya," jelas Transparency International dalam laporannya,

Somalia kembali mencatatkan rekor buruk setelah tahun 2021 berada di posisi terbawah sebagai negara terkorup di dunia. Negara ini secara konsisten memiliki tingkat kemiskinan yang ekstrim dan masih berjuang melawan kekeringan, namun tetap menciptakan lingkungan yang membuat korupsi tetap tumbuh subur.

Sebagian besar lembaga-lembaga negara disfungsional yang dihasilkan disalahkan atas korupsi yang terus berlanjut. Kurangnya segala bentuk mekanisme regulasi untuk mengatasi situasi tersebut membuat korupsi terus merajalela.

Daftar negara dengan skor Indeks Persepsi Korupsi terendah di dunia pada 2022 | Goodstats

Adapun, Suriah menempati posisi kedua setelah Somalia dalam daftar negara dengan IPK terburuk dengan skor 13 poin pada tahun 2022. Disusul oleh Sudan Selatan di posisi ketiga dengan IPK 13 poin.

Selanjutnya, ada Venezuela dengan skor 14 poin dan Yaman dengan 16 poin. Sedangkan, Libya, Korea Utara, Haiti, Guinea Khatulistiwa, dan Burundi masing-masing memiliki skor IPK 17 poin menurut laporan Transparency International.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Drama Korea dengan Rating Tertinggi di Awal Tahun 2024

Dengan terus meningkatnya pengaruh K-Hallyu, sejumlah drakor telah mencuri perhatian dengan alur cerita yang menarik dan rating IMDb tinggi di awal tahun 2024.

One Piece Masih Menjadi Manga Terlaris di Dunia

Keberhasilan One Piece disebabkan oleh kemampuannya untuk terus memberikan kejutan di setiap alur ceritanya dan pengembangan karakter yang mendalam.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X