Provinsi dengan Jumlah Penganut Agama Hindu Terbanyak di Indonesia

Jadi agama terbesar ke-4 di Indonesia, Pulau Bali masih menjadi provinsi penganut agama Hindu terbanyak.

Provinsi dengan Jumlah Penganut Agama Hindu Terbanyak di Indonesia Ilustrasi patung budaya agama Hindu | Pixabay

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keberagaman agama dan keyakinan yang sangat luas, hal ini bahkan tercantum dalam nilai-nilai Pancasila. Secara historis dan sosiologis, terdapat enam agama yang diakui oleh Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Konghucu, dan juga Hindu.

Sebagai agama terbesar ke-3 di dunia, berdasarkan data dari World of Statics, Hindu memiliki jumlah pemeluk melebihi 1,2 miliar jiwa atau setara dengan 15% dari populasi dunia.

Daftar negara dengan penganut agama Hindu terbanyak di dunia | GoodStats

Adapun lebih dari 90% penganut agama Hindu berasal dari India dengan total mencapai 1,14 miliar jiwa, menetapkan India sebagai negara penganut Hindu terbanyak di dunia.

Menariknya, Indonesia menjadi negara ke-4 dengan penganut Hindu terbanyak di dunia. Bahkan menjadi agama terbesar ke-4 di Indonesia. Data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat terdapat kurang lebih 4,8 juta penduduk Indonesia yang beragama Hindu hingga akhir tahun 2023 lalu. Angka ini meningkat dari tahun 2020 sebanyak 4,21 juta jiwa pemeluk.

Daftar provinsi dengan penganut agama Hindu terbanyak di Indonesia | GoodStats

Jika ditilik dari sebaran provinsinya, data dari Kemendag memaparkan populasi masyarakat Indonesia yang beragama Hindu mayoritas terdapat di Pulau Bali dengan total populasi mencapai 3,7 juta penganut. Hal ini dapat dikaitkan dengan hubungan erat yang dimiliki Bali dengan kerajaan Majapahit dalam sejarah.

Kemudian diikuti oleh provinsi Kalimantan Tengah di posisi kedua, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lampung, dan Sulawesi Tengah.

Hindu di Indonesia sendiri dikenal juga sebagai Hindu Nusantara. Menurut Kementerian Agama RI, konsep Hindu Nusantara merupakan Hindu yang dilaksanakan dalam kemasan budaya nusantara seperti Jawa, Bali, Sunda, Batak, Dayak dan lainnya tanpa menghilangkan esensi maupun keyakinan dasarnya yaitu Panca Sradha dan nilai nilai universal yang dikandungnya.

Sebagai agama yang memiliki sifat universal, moderasi beragama ini berarti memberi ruang-ruang bagi segala bentuk perbedaan dalam upaya manusia untuk berbakti, menyembah, memuliakan dan melayani sebagai suatu wujud ibadah.

Dengan demikian, hal ini diharapkan dapat menimbulkan penguatan budaya oleh agama dan pengayaan agama oleh budaya. Sehingga, konsep Hindu Nusantara dapat menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia dan sekaligus menempatkan budaya nasional pada tempat yang terhormat.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Taylor Swift Jadi Penyanyi Paling Banyak Didengar di Spotify

Penyanyi hits lainnya masuk dalam 10 penyanyi yang paling banyak didengar di Spotify, ada idolamu?

Fenomena Brain Drain: Keputusan Migran Berpendidikan Tinggi Tinggalkan Negara Asal

Keputusan migran berpendidikan tinggi untuk meninggalkan negara asal dikenal juga sebagai tren brain drain yang berbahaya bagi pembangunan sumber daya manusia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X