Populasi Hiu Paus di Indonesia Capai 472 Ekor

Populasi hiu paus di Indonesia mencapai 472 ekor, tersebar di 5 lokasi berbeda, mulai dari Gorontalo hingga Papua Barat.

Populasi Hiu Paus di Indonesia Capai 472 Ekor Ilustrasi HIu Paus | Wordpress

Hiu paus merupakan spesies ikan terbesar di dunia. Dengan panjangnya yang mencapai 18 meter, hiu paus memiliki siklus hidup yang panjang. Hal inilah yang membuat spesies ini rentan terhadap ancaman-ancaman luar yang mengakibatkan kepunahan. Populasi hiu paus di Indonesia saat ini mencapai 472 ekor.

Sekilas Tentang Hiu Paus

Meski disebut hiu paus, spesies ini sejatinya merupakan hiu yang memiliki beberapa kemiripan dengan paus. Hiu paus jantan lebih sering ditemukan dibanding betina, namun spesies betina disebut-sebut dapat tumbuh jauh lebih besar ketimbang spesies jantan. 

Hiu paus sudah ada sejak 240 hingga 260 juta tahun yang lalu, namun baru ditemukan pada tahun 1820-an di lepas pantai Afrika Selatan. Hiu paus biasanya berenang di kedalaman dangkal, namun bisa juga ditemukan di perairan dengan kedalaman 3.000 kaki. Hal inilah yang membuat hiu paus sangat mudah ditangkap. Kebanyakan hiu paus diambil daging dan siripnya. Akibat perburuan ini, populasi hiu paus bahkan mengalami penurunan 50%.

Saat ini, hiu paus telah masuk jajaran spesies yang terancam punah. Dosen Perikanan dan Kelautan Universitas Mataram Mahardika Rizqi Himawan menyebutkan bahwa banyak hiu paus yang ditemukan terluka di perairan Indonesia akibat menabrak bagian dari kayu. Luka di bagian mulutnya juga disebabkan karena tidak sengaja mengunyah jaring nelayan.

“Yang paling sering terkena propeller kapal nelayan dan kapal wisata," tuturnya, mengutip Mongabay.

Populasi Hiu Paus di Indonesia

Saat ini, Konservasi Indonesia (KI) mencatat terdapat 472 ekor hiu paus di Indonesia. Populasi hiu paus tersebut tersebar di 5 lokasi berbeda.

Populasi hiu paus di Indonesia mencapai 472 ekor, tersebar di 5 lokasi berbeda | GoodStats
Populasi hiu paus di Indonesia mencapai 472 ekor, tersebar di 5 lokasi berbeda | GoodStats

Secara rinci, 153 ekor hiu paus ditemukan di Teluk Cendrawasih di Papua Barat. Selanjutnya, 110 ekor tercatat tinggal di Teluk Saleh, Nusa Tenggara Barat, 80 ekor di Talisayan, Kalimantan Timur, 76 ekor di Kaimana, Papua Barat, dan 53 ekor di Gorontalo.

Keberadaan hiu paus perlu untuk terus dilestarikan. Menurut Focal Species Conservation Senior Manager Konservasi Indonesia Iqbal Herwata, keberadaan mamalia laut ini dapat turut membantu masyarakat dalam aktivitas kesehariannya.

"Konservasi hiu paus tidak hanya melindungi ekosistem tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat lokal dan daerah," tuturnya.

Merayakan Hari Hiu Paus Internasional pada 30 Agustus lalu, diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan spesies ini dapat terus ditingkatkan. Hari Hiu Paus Internasional ini telah dirayakan sejak 2008 lalu pada Konferensi Hiu Paus Internasional di Isla Holbox.

Indonesia merupakan satu dari segelintir negara yang menjadi habitat dari mamalia laut satu ini. Beberapa negara seperti Filipina masih melakukan perdagangan hiu paus, yang membuat populasinya terus menurun. 

Hiu paus biasanya memakan ikan, cumi-cumi, hingga plankton. Tanpa adanya hiu paus, maka pertumbuhan plankton tidak dapat dikendalikan, yang turut mendorong pertumbuhan alga. Alga dapat meracuni hewan dan tumbuhan dalam air, bahkan menyebabkan beberapa penyakit bagi manusia seperti kerusakan saraf, hati, masalah pernapasan, iritasi kulit, hingga kematian. 

Dengan kesadaran bersama akan pentingnya peran hiu paus dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat lokal, pelestarian hiu paus niscaya dapat terus ditingkatkan dan populasi hiu paus di Indonesia bisa terus terjaga.

Baca Juga: Menyelami Dunia Ikan dan Mamalia Terbesar di Samudra

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Apa Saja Keterampilan yang Dicari Perusahaan Indonesia?

Setiap perusahaan menginginkan calon pekerja dengan skill yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang menjadikan proses rekrutmen semakin dinamis dan menantang.

Penduduk Kelas Menengah Indonesia Turun Kelas

Jumlah penduduk kelas menengah Indonesia terus menurun, dari 57,33 juta pada 2019 menjadi 47,85 juta pada 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook