Piala Dunia Wanita FIFA 2023: Piala Dunia Rasa Amerika?

Pemain asal Amerika Serikat mendominasi Piala Dunia Wanita FIFA 2023. Terdapat total 76 pemain asal Amerika Serikat dari 14 tim berbeda

Piala Dunia Wanita FIFA 2023: Piala Dunia Rasa Amerika? Ilustrasi Tim Amerika Serikat Merayakan Kemenangan di Piala Dunia Wanita FIFA 2019 | Romain Biard/Shutterstock

Satu lagi pertandingan sepak bola internasional yang berhasil menyita perhatian publik. Piala Dunia Wanita FIFA 2023 merupakan pagelaran piala dunia wanita ke-9 yang digelar oleh FIFA sejak tahun 1991.

Semakin istimewa dari biasanya, pertandingan piala dunia kali ini dijamu oleh 2 tuan rumah sekaligus, yakni Australia dan Selandia Baru. Dari tanggal 20 Juli 2023 hingga pertandingan final di tanggal 20 Agustus 2023, sebanyak 10 stadion digunakan sebagai tempat pertandingan, 4 di antaranya berada di Selandia Baru.

Amerika Serikat merupakan tim yang digadang-gadang akan meraih gelar juara dalam pertandingan tersebut. Bagaimana tidak, tim Amerika Serikat berhasil memperoleh kemenangan di Piala Dunia Wanita FIFA sebanyak 4 kali, 2 di antaranya adalah pada tahun 2015 dan 2019. Tidak heran kalau banyak penonton yang kini memfavoritkan tim Amerika Serikat tersebut.

Sayang, penggemar kini harus menelan kekecewaan. Tim Amerika Serikat tersingkir dalam Round of 16 setelah dikalahkan oleh Swedia dalam adu penalti 5-4. Untuk pertama kalinya dalam sejarah FIFA, tim sepak bola wanita nasional Amerika Serikat harus tersingkir di Round of 16. Sebelumnya, Amerika Serikat paling buruk tersingkir di posisi ketiga. Hal ini tentu memberi pukulan besar bagi para pemain.

Meski tim Amerika Serikat telah dipukul mundur, kehadiran Amerika Serikat dalam pagelaran piala dunia kali ini masih terasa jelas. Terdapat total 76 orang pemain asal Amerika Serikat yang tersebar dalam 14 tim berbeda yang bertanding dalam Piala Dunia Wanita FIFA 2023 kali ini.

Setelah mengungkapkan daftar pemainnya, tim sepak bola nasional wanita Filipina sempat menjadi buah bibir penonton. Pasalnya, 18 dari 23 pemain yang dibawa oleh negara tersebut berdarah Amerika Serikat, yang menyisakan hanya 5 pemain yang benar-benar murni berasal dari Filipina.

Pelatih tim Filipina, Alen Stajcic mengungkapkan bahwa dirinya tidak terlalu mempedulikan masalah asal usul para pemainnya. “Selama mereka menjunjung tinggi Filipina di hati dan darah mereka, dan mereka mahir dalam sepak bola, mereka bisa masuk ke dalam tim. Mereka semua bermain untuk bendera mereka, negara mereka, mereka bermain untuk orang-orang di Filipina, tak peduli di mana pun merreka tinggal,” ungkapnya mengutip Sport Star.

Filipina merupakan 1 dari 8 pendatang baru yang melakukan debutnya di pertandingan Piala Dunia Wanita 2023 kali ini.

Selain Filipina, tim sepak bola Jamaika juga nyaris didominasi oleh pemain kelahiran Amerika Serikat. 11 orang dalam tim tersebut berasal dari Amerika Serikat. Lalu, Irlandia, Haiti, Nigeria, Kolombia, hingga Panama juga memiliki setidaknya 2 orang pemain berdarah Amerika. Sementara, Argentina, Kanada, Belanda, Selandia Baru, Swiss, hingga Korea Selatan juga memiliki 1 orang pemain Amerika.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Jelang Olimpiade Paris 2024, Ini Cabor dengan Dana Dukungan Terbesar

Setiap rupiah yang dialokasikan memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk mental juara dan memupuk rasa bangga sebagai wakil negara.

Menanti Debut Timnas Indonesia di Piala Dunia FIFA U17, Ini Daftar Tuan Rumah Hingga Tim Tersukses

Timnas U17 Indonesia akan lakoni laga debut di Piala Dunia U17 hadapi Timnas U17 Ekuador, tim di Grup A dengan catatan penampilan Piala Dunia U17 terbanyak

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X