Pendapatan Sektor Mainan di Indonesia Capai US$10,32 Miliar

Menurut data Statista, Indonesia menjadi negara urutan empat dalam pendapatan di sektor mainan pada tahun 2022.

Pendapatan Sektor Mainan di Indonesia Capai US$10,32 Miliar Gunpla | Unsplash/pkw05

Secara tradisional, mainan pada dasarnya merupakan benda yang berfungsi sebagai sarana hiburan bagi anak-anak. Tapi dewasa ini, tak ayal pasar mainan telah merambah juga ke orang dewasa. Beberapa dari mereka mungkin tak lagi menikmati mainan seperti layaknya anak-anak. Tak jarang para orang dewasa yang “teracuni” wabah mengoleksi mainan punya beragam alasan. 

Di Indonesia sendiri banyak sekali para influencer yang terang-terangan mengaku mengoleksi berbagai mainan yang harganya sangat fantastis. Beberapa dari mereka pun mengaku salah satu alasan yang terbilang dewasa dari membeli sebuah mainan adalah nilai investasinya yang bisa terus meningkat.

Distribusi Pendapatan dari Sektor Mainan Skala Global | Goodstats
Distribusi Pendapatan dari Sektor Mainan Skala Global | Goodstats

Indonesia sendiri ternyata memang menjadi negara peringkat empat dalam pendapatan dari sektor mainan tertinggi di tahun 2022. Negara yang tercatat memiliki pendapatan dari sektor mainan tertinggi adalah CIna dengan total pendapatan yang dihasilkan di negara tersebut berada di angka 56,28 miliar dolar. Disusul di bawahnya oleh India dan Amerika Serikat dengan pendapatan sektor mainan di negara tersebut sebanyak US$ 38,62 miliar dan US$29,81 miliar. 

Pendapatan dari sektor mainan yang dihasilkan di Indonesia berada di angka US$10,32 miliar. Sementara, Jepang berada di bawahnya dengan US$9,56 miliar. Hal tersebut, membuktikan bahwa salah satu negara yang menjadi pangsa pasar penjualan mainan di seluruh dunia adalah Indonesia.

5 Negara dengan Pendapatan Sektor Pasar Mainan Tertinggi | Goodstats
5 Negara dengan Pendapatan Sektor Pasar Mainan Tertinggi | Goodstats

Sementara itu, distribusi pendapatan dari sektor mainan skala global juga menunjukkan tren kenaikan sejak tahun 2015. Di tahun 2014, revenue dari pasar mainan skala global berada di angka US$ 34,45 miliar yang didominasi oleh mainan jenis plastik. Sementara itu, terjadi penurunan US$4,09 miliar di tahun 2015 dengan dominasi yang tetap sama, yakni dari mainan plastik. 

Setelah terjadi penurunan di tahun 2015, akhirnya capaian pendapatan di tahun 2014 bisa kembali di capai di tahun 2018 dengan pendapatan yang tercatat di angka US$34,76 miliar. Sempat sedikit turun di tahun 2019, namun kembali menunjukkan tren kenaikan hingga tahun 2022 dengan perolehan pendapatan di angka US$40,4 miliar.

Jika capaian di tahun 2022 dilihat berdasarkan jenis , tiga mainan dengan pendapatan tertinggi adalah yang berjenis mainan plastik dengan US$11,57 miliar, Mainan balita dan anak-anak dengan pendapatan di angka US$9,75 miliar, dan set model konstruksi di angka US$9,24 miliar. Angka tersebut diproyeksikan terus naik dengan dominasi mainan plastik hingga tahun 2027.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Islandia Jadi Juara Penghasil Energi Terbarukan, Indonesia Peringkat Berapa?

Indonesia kian mendekati capaian global untuk pemanfaatan energi baru terbarukan.

Negara-Negara Ini Paling Sering Dilanda Gempa

Indonesia termasuk negara yang rawan mengalami gempa bersama negara lainnya di daftar berikut ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X