Persebaya dan Persija Jadi Klub yang Paling Mengandalkan Pemain Muda di Piala Presiden 2022

Di Piala Presiden 2022, Persebaya memiliki rerata umur tim di angka 22,84 tahun, sedangkan Persija di 23,72 tahun.

Persebaya dan Persija Jadi Klub yang Paling Mengandalkan Pemain Muda di Piala Presiden 2022 Skuad muda Persija Jakarta ketika berlaga di Piala Presiden 2022 | Dok. Persija

Piala Presiden bisa dibilang sebagai turnamen pramusim yang paling prestisius di Indonesia. Status pramusim ini membuat para klub peserta menganggap turnamen ini sebagai ajang trial and error untuk menyiapkan taktik, strategi, hingga pemain untuk berlaga di Liga 1 mendatang.

Selain mencoba taktik dan strategi baru, banyak klub peserta yang juga mengandalkan pemain mudanya sebagai ajang untuk mendapatkan banyak jam terbang di turnamen yang terbilang cukup bergengsi ini. Dua klub yang melakukan hal tersebut adalah Persebaya dan Persija.

Bahkan, kedua tim ini menjadi klub dengan rerata umur pemain termuda dari total 18 tim yang berlaga di Piala Presiden 2022. Persija sendiri melalui asisten pelatihnya Ferdiansyah menganggap Piala Presiden sebagai turnamen yang difokuskan Persija untuk memberikan pemain muda lebih banyak jam terbang.

"Kami tetap apda rencana awal, apa pun hasilnya yang paling penting adalah perkembangan individu, perkembangan tim. Anak-anak muda ini perlu diberi waktu bermain dan diberi kesempatan untuk bisa menunjukkan apa yang mereka punya," ucap Ferdiansyah dilansir Bola Sport setelah laga pertama melawan Barito Putra (18/6).

Berdasarkan data dari Lapang Bola, Persebaya sendiri memiliki rerata umur tim di angka 22,84 tahun, sedangkan Persija di 23,72 tahun. Sementara Bali United menjadi klub dengan rerata umur tim tertua pada turnamen kali ini dengan angka 28,25 tahun.

Deretan pemain termuda Persebaya antara lain Andre Oktaviansyah (19), Fernando Pamungkas (19), Saiful (19), Ruy Arianto (18), hingga Bramdani (19). Sementara Persija mengandalkan nama-nama seperti Alfriyanto Nico (19), Raka Cahyana (18), Dony Pamungkas (17), Syahwal Ginting (18), hingga Muhammad Ferarri (19).

Rerata umur tim 18 klub peserta Piala Presiden 2022 | GoodStats

Deretan lima besar tim dengan rerata umur termuda selain Persebaya dan Persija diisi oleh PSIS Semarang (24,44 tahun), PSM Makassar (24,81 tahun), dan PS Barito Putra (25,39 tahun). Dari lima besar tim termuda ini, PSIS menjadi tim yang paling melangkah jauh di turnamen ini, yaitu semifinal meski harus kalah dengan agregat 1-4 dari Arema FC.

Posisi enam hingga sepuluh diisi oleh Persita Tangerang (25,41 tahun), Persis Solo (25,54 tahun), Persikabo 1973 (25,97 tahun), Persib Bandung (26,1 tahun), dan Arema FC (26,15 tahun). Sementara itu, tiga tim dengan rerata umur tertua diisi oleh PS Sleman (27,67 tahun), Madura United (28,03 tahun), dan Bali United (28,25 tahun).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hasil Lengkap Tim-Tim ASEAN di Lanjutan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia jadi yang paling sukses dengan torehan 6 poin. Myanmar, Thailand, dan Singapura masing-masing 1 poin, Malaysia, Vietnam, dan Filipina 0 poin.

Daftar Harga Pemain Timnas Indonesia Versi Transfermarkt, Thom Haye Termahal

Menurut perhitungan laman Transfermarkt, nilai pasar terbaru Thom Haye mencapai Rp52,14 miliar, tertinggi di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X