Partai Politik Paling Populer dan Disukai Generasi Muda Indonesia

Jelang Pemilu 2024, mayoritas pemilih akan didominasi oleh generasi Z dan milenial dengan proporsi mendekati 60 persen.

Partai Politik Paling Populer dan Disukai Generasi Muda Indonesia Potret bendera Partai Politik | KAISARMUDA/Shutterstock

Pemilu tahun 2024 akan mendatangkan fenomena baru di mana demografi pemilih akan didominasi oleh generasi muda Indonesia yakni dari kalangan generasi Z dan juga milenial. Adapun jumlah pemilih muda berusia 17 hingga 39 tahun nantinya diprediksi mendekati angka 60 persen.

Survei yang dilakukan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada 8 hingga 13 Agustus 2022 menunjukkan bahwa Partai Golongan Karya (Golkar) menduduki peringkat pertama partai paling populer di kalangan generasi muda Indonesia. Adapun persentase responden yang mengenal Partai Golkar mencapai 94 persen.

Tingkat popularitas dan kesukaan generasi muda terhadap partai politik di Indonesia tahun 2022 | GoodStats

Di antara responden yang mengenal Partai Golkar, sebesar 75,9 persen responden menyatakan suka dengan partai ini. Sayangnya, Golkar bukanlah partai yang paling disukai oleh generasi muda berdasarkan survei yang dilakukan oleh CSIS.

Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menempati posisi ke-2 partai dengan popularitas tertinggi di kalangan generasi Z dan milenial Indonesia. Adapun tingkat popularitas PDIP mencapai 93,5 persen pada tahun 2022.

Sedangkan untuk tingkat kesukaan generasi muda terhadap PDIP, raihannya berada di angka 68,2 persen.

Posisi ke-3 diraih oleh Partai Gerindra dengan total 92,7 persen responden mengenali partai berlambang burung Garuda ini. Adapun tingkat kesukaan generasi muda terhadap Partai Gerindra menyentuh angka 79 persen.

Partai Demokrat berada di posisi ke-4 dengan tingkat popularitas sebesar 91,6 persen. Partai Demokrat berhasil meraih tingkat kesukaan tertinggi di antara partai-partai politik lainnya dengan raihan persentase sebesar 82 persen.

Adapun Partai Nasdem menempati posisi ke-5 partai terpopuler di kalangan generasi Z dan milenial dengan raihan popularitas sebesar 84,2 persen. Sementara itu, untuk tingkat kesukaan generasi muda Indonesia terhadap Partai Nasdem berada di angka 71 persen.

Secara berurutan di posisi berikutnya partai politik terpopuler menurut generasi muda Indonesia diraih oleh Perindo, PAN, PKS, Hanura, PKB, PPP, PBB, PSI, Garuda, Berkarya, PKPI, Gelora, dan Partai Ummat.

Sementara itu, daftar 5 besar partai yang paling disukai oleh generasi muda Indonesia ialah Partai Demokrat (82 persen), Partai Gerindra (79 persen), Partai Golkar (75,9 persen), Perindo (75,8 persen), serta PKB dan PPP dengan raihan persentase sama (72,8 persen).

Temuan lebih lanjut survei ini mengungkapkan bahwa terdapat partai-partai yang tingkat kesukaannya justru lebih tinggi dibandingkan popularitasnya, seperti PKB, PPP, PKS, PBB, PSI, dan sebagainya.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Perusahaan Ideal Seperti Apa yang Dicari Gen Z?

Memiliki lingkungan kerja yang nyaman, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri, dan memiliki bos yang baik jadi kriteria perusahaan ideal menurut Gen Z.

Inilah Data Kontribusi Suara Parpol di Pemilu 2024 Kepada Prabowo-Gibran

Gerindra dan PSI dominasi jajaran atas. Menarik, lebih dari 50% pemilih Perindo-Hanura memilih 02. Selain itu, sekitar 50% pemilih PPP-PKB turut memilih 02

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X