Negara Terkaya di Asia Tenggara, Siapa Jawaranya?

Menurut survei versi Worldatlas.com, Indonesia masuk dalam daftar lima besar negara terkaya di Asia Tenggara mengalahkan Filipina dan Vietnam.

Negara Terkaya di Asia Tenggara, Siapa Jawaranya? Ilustrasi Mata Uang Rupiah | Jonatan Photo/Shutterstock

Menurut survei versi Worldatlas.com, Indonesia masuk dalam daftar lima besar negara terkaya se-Asia Tenggara di atas Filipina dan Vietnam.

Daftar negara terkaya di Asia Tenggara tahun 2022 | Goodstats

Pada peringkat pertama negara terkaya se- Asia Tenggara diduduki oleh Singapura dengan pendapatan kotor per kapita rata-rata sebesar 65.233 dolar AS atau setara dengan Rp935,37 juta.

Singapura tercatat menjadi negara terkaya se- Asia Tenggara berkat industri utamanya seperti elektronik, petrokimia, dan minyak bumi sama seperti Brunei Darussalam yang menguatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) minyak bumi.

Brunei Darussalam menempati peringkat kedua dengan pendapatan per kapita sebesar 31.086 dolar AS atau setara dengan Rp445,72 juta. Sementara itu, Malaysia di peringkat ketiga dengan pendapatan per kapita sebesar 11.414 dolar AS atau senilai Rp163,66 juta.

Posisi 4 dan 5 diraih oleh Thailand senilai 7.806 dolar AS (Rp111,93 juta) dan Indonesia 4.135 dolar AS (Rp52,29 juta). Disusul dengan Filipina 3.485 dolar AS (Rp49,93 juta), Vietnam 2.715 dolar AS (Rp38,93 juta), Laos 2.534 dolar AS (Rp36,33 juta), dan Kamboja sebesar 1.560 dolar AS (Rp36,33 juta).

Di peringkat dua terakhir dari sepuluh besar disumbangkan oleh Timor Leste dengan pendapatan per kapita sebesar 1.560 dolar AS (Rp22,36 juta) dan Myanmar 1.407 dolar AS (Rp20,18 juta).

Menurut Worldatlas.com, Asia Tenggara memiliki komoditas rempah-rempah yang penting bagi perdagangan dunia seperti lada, cengkeh, pala, dan jahe.

Selain pertanian, sektor perikanan juga mempengaruhi roda perekonomian di sejumlah negara seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Berkebalikan dengan deretan negara terkaya, adapun negara termiskin se-Asia Tenggara adalah Myanmar yang memiliki pendapatan kotor per kapita sebesar 1.408 dolar AS atau setara dengan Rp20,18 juta.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Editor

Konten Terkait

Sepeda, Lebih dari Sekedar Moda Transportasi di Belanda

Belanda memiliki tingkat budaya penggunaan sepeda yang paling tinggi di dunia. Lebih dari setengah populasi negara ini hobi bersepeda, apa alasannya?

Denmark Hadirkan Pengalaman Terbaik bagi Pekerja Remote

Walaupun dikenal sebagai negara dengan biaya hidup tertinggi, Denmark dinilai sebagai opsi terbaik bagi pekerja remote. Berikut beberapa alasannya!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook