Negara dengan Pemilih Terbanyak dalam Pemilu 2024

Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemilih terbanyak kedua pada pemilu 2024, dengan total 204,8 juta pemilih.

Negara dengan Pemilih Terbanyak dalam Pemilu 2024 Ilustrasi Orang-orang dalam Pemilu | freepik/Freepik

Tahun 2024 bisa dibilang tahunnya pesta demokrasi dunia. Bagaimana tidak, melansir Times, setidaknya terdapat 57 negara yang akan mengadakan pemilu di tahun 2024 ini. Pemilu tersebut melibatkan sekitar 49% populasi dunia dan 60% Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. Beberapa negara yang mengadakan pemilu di tahun 2024 adalah antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, Austria, Bangladesh, Belgia, Finlandia, Ghana, India, Inggris, Iran, Kamboja, Pakistan, Rusia, Inggris, dan tentunya tidak ketinggalan, Indonesia.

Menariknya, jumlah pemilih di Indonesia bisa dibilang cukup raksasa dibandingkan pemilih di negara-negara lain.

Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemilih terbanyak kedua pada pemilu 2024
Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemilih terbanyak kedua pada pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan terdapat sekitar 204,8 juta pemilih pada Pemilu Indonesia 2024 pada Februari lalu. Hal ini menjadikan Indonesia salah satu negara dengan pemilih terbanyak pada pemilu tahun ini. Indonesia berada di urutan kedua, tepat di bawah India dengan jumlah pemilih mencapai 969 juta.

Amerika Serikat berada di urutan ketiga, dengan total pemilih sebesar 168 juta. Di posisi keempat adalah Pakistan dengan 128 juta pemilih. Bangladesh duduk di peringkat kelima dengan 119 juta pemilih, Rusia dengan 114 juta pemilih, dan Meksiko dengan 98 juta pemilih.

Di Indonesia sendiri, 56% total pemilih nasional berada di Pulau Jawa, yang artinya lebih dari 100 juta suara dalam Pemilu 2024 kemarin berasal dari pulau satu ini. Provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak ada pada Jawa Barat, dengan total 35,71 juta pemilih. Jawa Timur berada di urutan kedua dengan 31,4 juta pemilih, dan Jawa Tengah menyusul di posisi ketiga dengan 28,29 juta pemilih.

Pemilih paling sedikit berada di Papua Selatan, dengan total 367.269 pemilih. Kemudian disusul Papua Barat dengan 385.465 pemilih dan Papua Barat Daya dengan 440.826 pemilih.

Sementara itu, sejak dilaksanakan pada 19 Februari 2024 lalu, KPU masih terus melaksanakan perhitungan suara (real count) untuk menentukan siapa yang akan terpilih dalam jabatan pemerintahan ke depannya. Batas rekapitulasi pemilu ditetapkan pada tanggal 20 Maret 2024. Ketua KPU RI, Hasyum Asy'ari yakin bahwa pihaknya akan merangkum hasil Pemilu 2024 tepat pada waktunya. 

Sejauh ini, calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming masih unggul dengan perolehan suara lebih dari 50%. Meski belum hasil akhir yang resmi, sejumlah pemimpin negara telah memberi selamat pada Prabowo, mulai dari Joe Biden (Presiden Amerika Serikat), Pedro Sanchez (Perdana Menteri Spanyol), Mahmoud Abbas (Presiden Palestina), dan masih banyak lagi.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah 7 Negara dengan Kualitas Work-Life Balance Terbaik, Ada Tujuanmu?

Selandia Baru hingga Belanda menempati posisi teratas negara dengan kualitas work-life balance terbaik menurut Remote Technology.

Cina Jadi Negara dengan Perluasan Kawasan Reforestasi Hutan Terbesar di Dunia

Cina masuk dalam daftar pertumbuhan kawasan hutan terbesar, Indonesia justru masuk dalam daftar penurunan terbesar di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X