Negara dengan Miliarder Wanita Terbanyak 2024

Amerika Serikat menjadi negara dengan miliarder wanita terbanyak, mencapai 98 orang di 2024. Alice Walton merupakan wanita terkaya di negara tersebut.

Negara dengan Miliarder Wanita Terbanyak 2024 Alice Walton Sebagai Wanita Terkaya di Amerika Serikat | Danny Johnson/AP Photo

Pada tahun 2024, terdapat sekitar 2.516 miliarder di seluruh dunia, namun hanya 322 di antaranya yang merupakan perempuan. Miliarder merupakan sebutan bagi orang dengan aset minimal US$1 miliar. Beberapa negara seperti China, Jerman, dan Italia memiliki banyak miliarder wanita, berbeda dengan Jepang dan Rusia yang hanya memiliki 2 miliarder wanita serta Singapura dengan 1 orang miliarder perempuan.

Amerika Serikat menjadi negara dengan miliarder wanita terbanyak di dunia | GoodStats
Amerika Serikat menjadi negara dengan miliarder wanita terbanyak di dunia | GoodStats

Menurut CEOWORLD, Amerika Serikat merupakan rumah bagi 98 miliarder perempuan, menjadikannya negara dengan miliarder wanita terbanyak di dunia pada 2024. Putri dari pendiri Walmart, Alice Walton, merupakan wanita terkaya di Amerika Serikat. Kekayaan bersihnya mencapai US$90,3 miliar, membuatnya bertengger di urutan ke-19 orang terkaya di dunia.

Julie Koch menyusul di urutan kedua dengan kekayaan bersih mencapai US$74,2 miliar, disusul oleh Jacqueline Mars dengan US$47,6 miliar.

Negara dengan miliarder wanita terbanyak berikutnya dipegang oleh China dengan total 36 miliarder. Di posisi ketiga adalah Jerman dengan 34 orang. Wanita terkaya di Jerman dipegang oleh Susanne Klatten dengan kekayaan mencapai US$23,5 miliar. Klatten adalah pemilik perusahaan farmasi Atlanta AG dan memiliki sekitar 20% saham BMW.

Di kawasan Asia Tenggara, Malaysia memimpin dengan total 3 orang miliarder wanita. Di Indonesia sendiri, tercatat terdapat 2 orang miliarder wanita. Wanita terkaya di Indonesia dipegang oleh Dewi Kam yang memiliki bisnis pembangkit listrik, salah satunya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Kekayaannya mencapai US$4,1 miliar di 2024, menjadikannya di orang terkaya ke-853 di dunia.

Singapura, Thailand, dan Vietnam masing-masing mencatatkan seorang miliarder wanita.

Wanita Terkaya di Dunia

Sementara itu, wanita terkaya di dunia per September 2024 dipegang oleh Francoise Bettencourt Meyers dan keluarga. Francoise adalah wakil CEO dari L’Oreal yang juga aktif sebagai penulis. Ia merupakan cucu dari Eugene Schueller, pendiri dari L;Oreal.

Alice Walton berada di urutan kedua, disusul Julia Koch dan Jacqueline Mars.

Adapun Savitri Jindal dan keluarga menjadi wanita terkaya di Asia sekaligus kelima di dunia. Dia saat ini merupakan ketua dari Jindal Group, perusahaan tambang, migas, dan pembangkit listrik di India yang dulunya kepunyaan suaminya, Om Prakash Jindal. Tatkala suaminya meninggal mendadak, Savitri pun memberanikan diri untuk mengambil posisi suaminya sebagai bos. Kini, dengan kekayaan lebih dari US$43,7 miliar, Savitri Jindal berhasil menjadi orang terkaya ke-37 di dunia.

Baca Juga: Inilah Daftar Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Jadi Negara yang Paling Suka Berdonasi

90% responden Indonesia mengaku pernah melakukan donasi, menjadikannya yang tertinggi di dunia.

Indonesia Puncaki Penjualan Mobil di Asia Tenggara

Penjualan mobil di Indonesia pada Semester I 2024 menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara, totalnya mencapai 408 ribu unit.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook