Didominasi Timur Tengah, Ini Deretan Negara Asia yang Paling Mudah Beli Rumah

Masyarakat negara-negara ini disebut paling mudah untuk membeli rumah. Negara apa saja?

Didominasi Timur Tengah, Ini Deretan Negara Asia yang Paling Mudah Beli Rumah Ilustrasi rumah | Frimufilms/Freepik

Apabila melihat data, beberapa negara di Asia mempunyai harga rumah atau properti termahal di dunia.

Sebut saja Hong Kong atau Singapura. Setiap tahunnya, kedua negara tersebut dinobatkan sebagai negara-negara yang mempunyai harga properti termahal.

Beberapa faktor mempengaruhi penilaian tersebut, misalnya luas wilayah kedua negara tersebut yang terbilang kecil sehingga jumlah properti akan sangat terbatas. Jumlah properti yang terbatas lantas membuat harga properti melonjak tinggi, sebab permintaan properti tinggi namun ketersediaan properti yang sedikit.

Berbeda jauh dari Singapura dan Hong Kong, terdapat pula negara Asia lain yang dinilai paling mudah dalam membeli rumah. Berikut adalah daftar dari negara-negara tersebut.

1. Oman

Ilustrasi Rumah Oman. Photo by Jaanus Jagomagi From Unsplash
Ilustrasi rumah di Oman | Jaanus Jagomagi/Unsplash

Oman merupakan salah satu negara Timur Tengah yang terletak di Asia Barat Daya. Negara yang menganut sistem monarki absolut ini merupakan negara di peringkat pertama yang paling mudah untuk membeli rumah.

Berdasarkan data, indeks keterjangkauan rumah di Oman mencapai angka 4,2. Angka ini menandakan bahwa harga hunian di Oman lebih terjangkau dibandingkan harga hunian di negara-negara Asia lainnya.

Rasio harga rumah dengan pendapatan di negara Oman juga jadi salah satu yang terendah di Asia. Semakin rendah skor rasio, maka semakin rendah pula harga rumah di sebuah negara apabila dibandingkan dengan pendapatan rata-rata di negara tersebut. Oman sendiri mempunyai skor rasio harga rumah dengan pendapatan sebesar 3,1.

2. Arab Saudi

Ilustrasi Rumah Arab Saudi. Photo by Bangkit From Unsplash
Ilustrasi hunian di Arab Saudi | Bangkit/Unsplash

Arab Saudi juga merupakan anggota negara Timur Tengah sekaligus salah satu negara Asia yang mudah untuk membeli rumah. Per 2024 sendiri, indeks keterjangkauan rumah di Arab Saudi berada di angka 4,1 yang mana hanya selisih 0,1 poin dengan negara sebelunya, Oman.

Arab Saudi kerap dikenal sebagai negara yang makmur. Negara yang menjadi tujuan umat Muslim kala melaksanakan ibadah haji itu mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Masyarakat Arab Saudi juga mempunyai hidup yang layak, di mana GDP per kapita Arab Saudi diprediksi mencapai US$32.586 pada 2024.

Hal tersebut juga tercermin dalam rasio pendapatan dan harga rumah di Arab Saudi. Menurut data, rasio pendapatan dan harga rumah di Arab Saudi mencapai skor 3,2. Angka tersebut lebih besar dibandingkan negara tetangganya, Oman.

3. Uni Emirat Arab

Ilustrasi Rumah UEA. Photo by YuliiaKa From Freepik
Ilustrasi rumah di Uni Emirat Arab | YuliiaKa/Freepik

Uni Emirat Arab menjadi negara Timur Tengah ketiga dengan kemudahan untuk membeli rumah di negara sendiri. Per 2024, indeks keterjangkauan rumah di Uni Emirat Arab meraih skor 3,2. Artinya, masyarakat Uni Emirat Arab cenderung mudah untuk membeli rumah dibandingkan negara Asia lainnya.

Hal tersebut juga dibuktikan dengan rendahnya rasio pendapatan dan harga rumah di Uni Emirat Arab. Di Uni Emirat Arab, perbandingan antara kedua hal tersebut menghasilkan skor 4,2. Angka tersebut bahkan menduduki urutan ketiga, di mana berarti pendapatan masyarakat dengan harga rumah di Uni Emirat Arab terbilang cukup seimbang.

4. Qatar

Ilustrasi Rumah Qatar. Photo From Freepik
Ilustrasi rumah di Qatar | Freepik

Sama seperti ketiga negara sebelumnya, Qatar merupakan negara Timur Tengah dan menjadi negara Asia keempat yang digadang lebih mudah membeli rumah. Berdasarkan data, indeks keterjangkauan pembelian rumah di Qatar memiliki skor sebesar 1,9. Meskipun angka tersebut berbeda jauh dibanding negara-negara pendahulunya, namun bagi masyarakat Qatar, impian untuk membeli rumah tetap dapat dicapai.

Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah perbandingan antara harga rumah dan pendapatan Qatar. Apabila dilihat, rasio pendapatan dan harga rumah di Qatar memiliki skor 6,7. Angka ini cukup tinggi apabila dibandingkan ketiga negara Timur Tengah lainnya.

Angka tersebut juga menjadikan Qatar sebagai negara yang memiliki rasio pendapatan dan harga rumah keempat paling rendah di antara negara Asia lainnya.

5. Siprus

Ilustrasi Rumah Siprus. Photo by frimufilms From Freepik
Ilustrasi rumah di Siprus | Frimufilms/Freepik

Di peringkat lima besar, Siprus jadi satu-satunya negara non-Timur Tengah. Siprus sendiri merupakan negara yang terletak di Laut Mediterania yang mana secara geografis, Siprus lebih tepat dikatakan sebagai negara anggota Timur Tengah.

Berbicara tentang Siprus, negara ini menduduki urutan kelima sebagai negara Asia yang paling mudah untuk membeli rumah. Data menunjukkan bahwa indeks keterjangkauan rumah di Siprus mencapai angka 1,8.

Rasio pendapatan dan harga rumah di Siprus juga terlihat masih ‘aman’. Berada di peringkat kelima se-Asia, Siprus mendapatkan skor 8,1 untuk rasio pendapatan dibanding harga rumah. Hal ini menunjukkan bahwa kedua aspek tersebut masih terbilang seimbang di Siprus.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Editor

Konten Terkait

Di Belakang Brasil, Indonesia Miliki Ragam Hayati Terbesar Kedua di Dunia

Indonesia menjadi rumah bagi beragam jenis tumbuhan dan hewan, negara mana saja yang miliki anugerah serupa?

Taylor Swift Menjadi Miliarder, dari Mana Saja Sumber Kekayaannya?

Kesuksesan finansial seorang penyanyi tidak hanya berasal dari penjualan rekaman atau konser, tetapi juga dari strategi bisnis yang cerdas.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X