Nastar hingga Kastengel, Inilah Kue Kering Favorit untuk Idul Fitri 2024!

Apa saja kue kering yang menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk Idul Fitri 2024?

Nastar hingga Kastengel, Inilah Kue Kering Favorit untuk Idul Fitri 2024! Ilustrasi Kue Kering Lebaran. Photo from Canva

Idul Fitri nampaknya kurang apabila tidak menyajikan kue-kue kering untuk jadi teman camilan ketika bercengkrama dengan sanak saudara. Sehingga, kehadiran kue kering tidak bisa lepas dari perayaan Idul Fitri.

Goodstats bersama platform tSurvey Indonesia telah menanyakan 1000 responden terkait kue kering favorit saat lebaran. Dari nastar hingga kastengel, berikut kue kering andalan masyarakat Indonesia saat Idul Fitri.

1. Nastar

Ilustrasi Nastar. Photo from Canva
Ilustrasi Nastar. Photo from Canva

Siapa yang tidak mengenal nastar? Kue kering khas Idul Fitri ini berhasil menjadi kue kering favorit masyarakat Indonesia untuk disajikan di hari raya. Berdasarkan survei Goodstats dan tSurvey, terdapat lebih dari separuh responden yang memilih nastar sebagai kue kering lebaran favoritnya. Lebih tepatnya, kue nastar mendapat suara dari 58,8% responden.

Kue nastar sendiri merupakan kue kering yang umumnya berbentuk bulat dan berisi selai nanas. Namun semakin ke sini, banyak variasi olahan nastar yang berisi selai buah-buahan lain. Namun, nastar original lebih banyak menggunakan selai nanas sebagai isiannya.

Usut punya usut, rupanya kata ‘nastar’ berasal dari bahasa Belanda yaitu ‘ananas’ yang berarti nanas dan ‘taart’ berarti kue atau pie. Orang Belanda kerap menggunakan selai blueberry dan apel sebagai isian kue. Namun karena apel dan blueberry sulit ditemukan di Indonesia, maka nanas dipilih sebagai penggantinya.

2. Kastengel

Ilustrasi Kastengel. Photo from Canva
Ilustrasi Kastengel. Photo from Canva

Selain nastar, ada pula kue kering khas Idul Fitri yang berkaitan dengan kuliner Belanda. Kue kering tersebut adalah kastengel yang berbeda dari kue kering kebanyakan. Sebab dibandingkan kue kering lainnya yang manis, kastengel memiliki cita rasa asin dan gurih dari keju.

Kastengel sendiri berasal dari gabungan kata bahasa Belanda, yaitu ‘kaas’ yang berarti keju serta ‘stengels’ yang berarti sticks. Sehingga apabila digabungkan, kastengel berarti sticks keju.

Meskipun kental dengan kuliner Belanda, rupanya kastengel tetap jadi kue andalan masyarakat Indonesia saat Idul Fitri. Hal tersebut terlihat dari hasil survei Goodstats dan tSurvey yang memperlihatkan kastengel berada di peringkat kedua sebagai kue kering favorit masyarakat Indonesia kala lebaran. Sebanyak 18,2% responden survei berpendapat demikian.

3. Putri Salju

Ilustrasi Kue Putri Salju. Photo from Canva
Ilustrasi Kue Putri Salju. Photo from Canva

Kue putri salju juga memiliki sejarah yang tidak kalah unik dibanding kue-kue lebaran lainnya. Pasalnya kendati putri salju dijadikan kue kering andalan saat Idul Fitri, nyatanya kue putri salju juga disajikan saat merayakan hari raya keagamaan lain, yaitu Hari Raya Natal.

Beberapa sumber menyatakan bahwa kue putri salju berasal dari Jerman dan Austria. Kue kering dengan ciri khas taburan gula halus yang menutupi seluruh permukaan kue ini diperkirakan dibawa oleh orang asing yang datang ke Indonesia dalam rangka berlibur maupun hobi.

Berdasarkan survei Goodstats dan tSurvey, kue putri salju menduduki peringkat ketiga sebagai kue kering favorit masyarakat Indonesia di hari lebaran. Hal tersebut didukung oleh perolehan suara kue putri salju sebesar 9,4%.

4. Kue Kacang

Ilustrasi Kue Kacang. Photo from Canva
Ilustrasi Kue Kacang. Photo from Canva

Sekilas, kue kacang tidak jauh berbeda dari kue kering yang beredar di pasaran. Bentuknya yang beragam dengan cita rasa dan aroma kacangnya lah yang membuat kue kacang digemari masyarakat Indonesia. Bahkan, kue kacang berhasil masuk di jejeran kue kering favorit masyarakat Indonesia pada hari raya.

Survei Goodstats bersama tSurvey memperlihatkan demikian, di mana sebanyak 8,7% responden memilih kue kacang hingga menjadikannya sebagai kue kering favorit keempat saat lebaran.

Namun penyajian kue kacang tidak hanya khusus ada saat Idul Fitri saja, tapi ada juga pada hari raya besar lain seperti Natal dan Imlek.

5. Kue Semprit

Ilustrasi Kue Semprit. Photo from Canva
Ilustrasi Kue Semprit. Photo from Canva

Selain populer di Indonesia, rupanya kue semprit juga punya nama di negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia dan Singapura. Di Malaysia, kue ini dinamakan ‘kuih sempirit’.

Kue semprit menjadi kue kering lebaran populer di kalangan masyarakat Indonesia. Survei Goodstats dan tSurvey memperlihatkan sebanyak 2,9% responden memilih kue semprit untuk dihidangkan dalam rangka menyambut hari raya.

Kue semprit sendiri terbuat dari tepung terigu, tepung maizena, gula dan margarin. Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu hingga menjadi adonan. Ada beberapa cara untuk membentuk kue semprit, seperti adonan yang digulung dan dipotong kecil-kecil. Namun ada juga cara penyajian di mana adonan dimasukkan ke dalam plastik kue dan dicetak berbentuk melingkar. Setelahnya, adonan dipanggang hingga berwarna kuning keemasan.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Jaya Ancol Alami Penurunan Pendapatan pada Kuartal I 2024

Momen puasa dan bulan Ramadan menyebabkan berkurangnya jumlah pengunjung, yang berperan signifikan dalam penurunan pendapatan dan laba Jaya Ancol.

Bea Cukai Mendapatkan 705 Aduan dari Masyarakat Sepanjang Tahun 2023

Berbagai jenis aduan mulai dari pelanggaran bea cukai, hingga pelayanan yang dinilai kurang, menjadi sorotan untuk perbaikan sistem pelayanan bea cukai.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X