MPL ID Season 13 Jadi Musim Paling Kompetitif Selama Dua Tahun Terakhir

Paruh musim ke-13 MPL ID berakhir dengan posisi klasemen yang sangat ketat. Masing-masing tim berusaha memberikan performa terbaik mereka di musim kali ini.

MPL ID Season 13 Jadi Musim Paling Kompetitif Selama Dua Tahun Terakhir Suasana Arena Pertandingan MPL ID Season 13 | @ONE Esports

Mobile Legends Professional League Indonesia atau yang akrab disingkat MPL ID merupakan liga olahraga elektronik (esports) profesional untuk game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) di Indonesia yang diadakan secara resmi oleh Shanghai Moonton Technology Co. Ltd. Adapun MPL ID menjadi kualifikasi langsung klub esports yang akan mewakili Indonesia pada ajang kejuaraan Mobile Legend tingkat dunia dan Asia Tenggara.

MPL ID sendiri telah diadakan sejak tahun 2018 dan sejauh ini telah menyelesaikan 12 musim pertandingan. Adapun saat ini sedang berlangsung ajang MPL ID Season 13 di MPL Arena yang berlokasi di daerah Jakarta Barat. Sebanyak 9 klub esports berpartisipasi pada kompetisi musim ini untuk memperebutkan kursi menuju Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2024 di Arab Saudi.

Bigetron Alpha Pimpin Klasemen Minggu ke-6

Peringkat Nama Tim Match Point Match W-L Net Game Win Game W-L
1 Bigetron Alpha 8 8-3 10 18-8
2 Onic 7 7-4 5 17-12
3 Aura 6 6-4 5 15-10
4 RRQ Hoshi 5 5-5 0 13-13
5 Rebellion Esports 5 5-6 -4 12-16
6 Geek Fam 5 5-6 -5 12-17
7 Alter Ego Esports 4 4-7 -3 13-16
8 Evos Glory 4 4-6 -4 11-15
9 Dewa United Esports 4 4-7 -4 12-16

Sejauh ini MPL ID Season 13 telah melewati paruh musim dan menyelesaikan pertandingan di minggu keenam. Bigetron Alpha terus menduduki puncak klasemen dalam satu bulan ini dengan mengantongi 8 match point pada minggu keenam ini. Hal ini berarti dari 11 pertandingan yang telah dijalani, Bigetron Alpha hanya mengalami tiga kekalahan.

Adapun tiga kekalahan ini didapat Bigetron Alpha dari tim Alter Ego Esports pada minggu kedua, tim Onic Esports pada minggu keempat, dan tim Evos Glory pada minggu kelima. Meski demikian, Bigetron Alpha berhasil membalas kekalahan dari tim Alter Ego Esports dengan memenangkan match ke-7 week ke-6 pada Minggu (28/04/2024) silam.

Selanjutnya, Onic Esports naik ke peringkat kedua di minggu keenam. Sebelumnya, Onic hanya bertengger di peringkat ketiga setelah Bigetron Alpha dan Aura pada akhir minggu kelima. Adapun naiknya peringkat Onic ini disebabkan dua kemenangan yang mereka kantongi dari pertandingan melawan Alter Ego dan Dewa United pada minggu keenam.

Peringkat klasemen ini diikuti dengan Aura yang mengantongi 7 match point, RRQ Hoshi (5 match point), Rebellion Esports (5 match point), dan Geek Fam (5 match point). Di sisi lain, Alter Ego Esports, Evos Glory, dan Dewa United harus puas berada di peringkat 3 terbawah klasemen dengan mengantongi 4 match points.

Secara lebih lanjut, pada akhir klasemen di minggu kesembilan, 6 tim teratas yang menduduki puncak klasemen akan lanjut ke babak playoff dengan sistem pertandingan double elimination bracket. Sedangkan, tiga tim lainnya yang bertengger di peringkat terbawah tidak berhak untuk mengikuti babak playoff.

MPL ID S13 Jadi Musim Terkompetitif

Musim ke-13 pada liga profesional game MLBB ini menjadi musim terkompetitif dalam dua tahun terakhir. Dimana khususnya sang Robot Merah - Bigetron Alpha berhasil merebut juara pertengahan musim dari Onic yang sejak musim ke-11 selalu menduduki puncak klasemen hingga akhir paruh musim. Bahkan, Onic yang dijuluki Raja Langit ini selalu keluar sebagai pemenang MPL sejak musim ke-10.

Selain itu, perlawanan sengit juga diberikan oleh tim Aura pada musim kali ini. Dengan hadirnya Yawi sang mantan juara dunia M4 di posisi Roamer dan Gugun sebagai rookie di posisi Jungler membuat tim Aura berhasil menyentuh posisi kedua usai paruh musim atau hingga minggu kelima berakhir.

Di sisi lain, RRQ Hoshi sebagai salah satu tim besar di MPL Indonesia juga berusaha lebih keras untuk lolos ke playoff. Pada akhir minggu kelima, RRQ berada di peringkat kesembilan klasemen. Kemenangan RRQ di dua laga terakhir pada minggu keenam berhasil membuat mereka mengamankan peringkat keempat saat ini. Meski demikian, sejarah mencatat bahwa musim ini menjadi performa terburuk RRQ setelah MPL ID Season 3.

Evos Glory dan Alter Ego Esports yang pernah berakhir di zona merah pada akhir regular season dalam dua tahun terakhir ini juga harus berusaha kerasa untuk mengamankan posisi di babak playoff. Performa Alter Ego Esports sendiri terlihat menurun dari awal musim ke-13 dimulai, sedangkan Performa Evos Glory mulai membaik sejak minggu kelima dimulai.

Secara lebih lanjut, jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya persaingan klasemen juga semakin ketat serta belum ada kepastian tim mana saja yang lolos ke babak playoff. Hal ini dikarenakan batas zona merah hanya terlampau 1 poin saja dengan peringkat keempat hingga keenam.

Dengan demikian Alter Ego Esports, Evos Glory, dan Dewa United Esports yang berada di zona merah masih memiliki peluang besar untuk lolos ke playoff apabila dapat terus memenangkan pertandingan di tiga minggu terakhir ini. Di sisi lain, keenam tim lainnya yang berada di zona hijau juga harus dapat mendulang kemenangan di tiga minggu terakhir ini agar dapat mempertahankan posisinya.

Penulis: Nur Aini Rasyid
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Melihat Sejarah Capaian Medali Bulu Tangkis yang Tidak Pernah Absen, Selalu Masuk Tiga Besar

Indonesia gagal membawa pulang medali dari cabang olahraga (cabor) andalan, bulu tangkis di Asian Games 2022. PBSI diminta untuk evaluasi

Gegap Gempita ASEAN Para Games 2023, Siapa Koleksi Gelar Terbanyak?

Sejak pertama kali digelar pada 2001 lalu, Thailand masih mendominasi sebagai kontingen dengan perolehan juara umum terbanyak, yakni 6x

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook