Moda Transportasi Online Menjadi Pilihan Masyarakat, Apa Alasannya?

Mayoritas masyarakat memilih transportasi online karena kemudahan saat menggunakan layanannya

Moda Transportasi Online Menjadi Pilihan Masyarakat, Apa Alasannya? Gambar seorang pengemudi transportasi online menjemput penumpang | Jacqueline Elizabeth/Shutterstock

Di era modern saat ini kemajuan teknologi merambah ke berbagai hal, termasuk dalam sektor transportasi. Beberapa tahun kebelakang muncul pilihan moda transportasi online sebagai terobosan baru untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang akan bepergian.

Hal tersebut dapat terlihat dari menjamurnya layanan aplikasi transportasi online yang semakin banyak tersedia di Indonesia. Aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan berbagai layanan dengan tujuan memberikan bantuan dan kemudahan bagi mobilitas para penggunanya.

Dalam survei Goodstats yang bertajuk “Pola Perilaku Masyarakat Indonesia Saat Menggunakan Transportasi Online”, disebutkan beberapa alasan yang mendasari masyarakat sebagai pengguna  lebih memilih transportasi online dibandingkan transportasi lain. 

Alasan pemilihan moda transportasi online | Goodstats

Dari hasil survei yang dilaksanakan pada 8-15 Juni 2023 lalu ini, terlihat bahwa mayoritas masyarakat atau 56,8% mengaku lebih memilih transportasi online karena faktor kemudahan dalam pemesanan serta penggunaannya. 

Tak hanya itu, unsur kecepatan transportasi online dalam mencapai tujuan yang diinginkan (19,7%) serta harga yang terjangkau (6,1%) juga menjadi salah satu hal yang mendasari kecenderungan masyarakat memutuskan lebih memilih transportasi online dibandingkan konvensional. 

Selain itu, beberapa faktor seperti kenyamanan (5,6%), keamanan (2,3%) serta ketersediaannya di berbagai daerah (4,2%) juga menjadi alasan lain yang mendasari masyarakat untuk menggunakan transportasi online.

Disebutkan juga, setiap bulannya masyarakat bahkan harus merogoh kocek antara kurang dari Rp 300 ribu hingga Rp 3 juta. Besarnya pengeluaran ini  tergantung pada kebutuhan dari masing-masing pengguna.

Melalui survei ini, terungkap pula bahwa ketika menggunakan moda transportasi online masyarakat cenderung lebih menyukai penggunaan metode pembayaran secara digital dibandingkan secara tunai maupun kartu kredit.

Banyaknya pilihan layanan transportasi online di Indonesia ini membuat mayoritas masyarakat mengaku memiliki lebih dari satu aplikasi transportasi online pada masing-masing ponsel mereka.

Alasannya beragam, mulai dari membandingkan harga dan promo yang ditawarkan antar aplikasi, juga sebagai antisipasi ketika kesulitan mendapatkan driver maupun saat aplikasi transportasi online mengalami error serta rasa penasaran dengan layanan pada aplikasi transportasi online lainnya.

Survei ini dilakukan secara daring melalui google form dengan mengambil dari 400 responden yang terdiri dari 53% laki-laki dan 47% yang mayoritas berusia 18-24 tahun. Responden survei transportasi online ini tersebar di beberapa wilayah Indonesia yang didominasi oleh 65% responden yang berada di Pulau Jawa, sementara 35% lainnya berada di luar Pulau Jawa.

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Makin Banyak Orang Pakai Mobil Listrik Saat Mudik Lebaran, Ini Buktinya!

Berdasarkan laporan PLN, jumlah transaksi mobil listrik di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) naik lima kali lipat saat mudik Lebaran 2024.

Tingkat Kepemilikan Mobil Negara ASEAN

Mobil masih menjadi kendaraan paling diminati di Indonesia, lantas bagaimana kedudukan Indonesia di mata Asia Tenggara dalam kepemilikan mobil?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X