Meski Tak Lolos ke Final, PSIS Jadi Tim Paling Produktif di Piala Presiden 2022

Dalam total tujuh laga yang dimainkan, PSIS berhasil mencetak 17 gol atau unggul tiga gol dari tim produktif kedua, yakni Borneo FC Samarinda.

Meski Tak Lolos ke Final, PSIS Jadi Tim Paling Produktif di Piala Presiden 2022 Potret penyerang PSIS, Carlos Fortes kala menjamu Arema FC di Stadion Jatidiri, Semarang | Dok. Piala Presiden

Gelaran turnamen sepak bola pramusim Piala Presiden 2022 baru saja usai kemarin malam (17/7) waktu Samarinda. Arema FC resmi mengantongi gelar ketiganya di ajang ini setelah mengalahkan Borneo FC dengan agregat tipis 1-0 di partai final.

Satu gol tersebut Singo Edan dapatkan pada laga leg pertama yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang. Gol tunggal itu dicetak oleh pemain asing baru andalan Arema, Abel Camara pada menit ke-15.

Pada laga kedua sekaligus closing ceremony yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, pertandingan antara Singo Edan melawan Pesut Etam berakhir imbang dengan skor kacamata. Dengan hasil ini, maka Arema berhak memegang kembali trofi bergilir Piala Presiden di tahun ini sekaligus mendapat uang hadiah senilai 3 miliar rupiah.

Perjalanan sang kampiun di Piala Presiden juga bisa dibilang tidak terlalu impresif. Dalam total 8 pertandingannya, Arema berhasil menang di tujuh pertandingan dengan skor yang tidak terlalu mencolok.

Pada babak grup, Arema berhasil menyapu bersih tiga laga melawan Persikabo 1973, Persik Kediri, dan PSM Makassar dengan skor tipis masing-masing 1-0. Di babak perempat final, Arema harus menang atas PS Barito Putra lewat babak adu penalti.

Pada babak semifinal, Arema berhasil unggul dua gol tanpa balas di saat bertamu ke PSIS Semarang dan kembali menang dengan skor tipis 2-1 kala tampil di kandang. Pada babak final, Arema hanya berhasil mencetak satu gol dari total dua laga final.

Jadi yang terbanyak, 17 gol dicetak PSIS Semarang sepanjang Piala Presiden 2022

Tim paling produktif sepanjang gelaran Piala Presiden 2022 justru jatuh pada semifinalis, PSIS Semarang. Dalam total tujuh laga yang dimainkan, PSIS berhasil mencetak 17 gol atau unggul tiga gol dari tim produktif kedua, yakni Borneo FC Samarinda dengan total 14 gol.

Apalagi jika dibandingkan secara rata-rata gol per laga, PSIS Semarang berhasil mencetak 2,43 gol dalam satu laga, sedangkan Borneo FC hanya berhasil mencetak 1,56 gol per laga. Bahkan, sang kampiun Arema FC hanya berhasil mencetak 0,77 gol per laga karena hanya berhasil mencetak tujuh gol dari total sembilan pertandingannya.

17 gol PSIS Semarang tersebut dicetak kala melawan Persita Tangerang (6 gol), Dewa United FC (2 gol), Persis Solo (2 gol), PS Sleman (5 gol), Bhayangkara FC (1 gol), dan Arema FC di babak semifinal (1 gol). Penyerang asing andalannya, Carlos Fortes (5 gol) dan Jonathan Cantillana (3 gol) menjadi pelaku terbanyak dalam pembuatan 17 gol tersebut.

10 klub terproduktif dalam mencetak gol di Piala Presiden 2022 | GoodStats

Posisi kedua dan ketiga dipegang oleh kedua finalis Borneo FC Samarinda (14 gol) dan Arema FC (7 gol). Kedua tim ini sedikit diuntungkan karena berhasil bermain sebanyak 9 pertandingan di Piala Presiden 2022.

Terdapat tiga tim yang berhasil mencetak enam gol, antara lain Persib Bandung, RANS Nusantara FC, dan PS Sleman. Namun, enam gol tersebut Persib dan RANS cetak dalam empat pertandingan, sedangkan PS Sleman dalam tujuh pertandingan.

Sementara itu, terdapat empat tim yang berhasil mencetak empat gol, antara lain Bhayangkara FC, Persita Tangerang, Dewa United FC, dan PS Barito Putra. Empat gol Bhayangkara, Persita, dan Dewa United berhasil dicetak dalam empat pertandingan (rerata 1 gol per laga), sedangkan Barito Putra dalam lima pertandingan (rerata 0,8 gol per laga.

PSIS juga jadi raja asis

10 tim terproduktif dalam mencetak asis di Piala Presiden 2022 | GoodStats

Tak hanya menjadi tim terproduktif dalam mencetak gol, PSIS Semarang juga menjadi tim yang paling banyak mencetak asis pada Piala Presiden 2022. Berdasarkan data Lapang Bola, PSIS berhasil mencetak total 13 asis, diikuti Borneo FC dengan 8 asis dan PS Sleman dengan 6 asis di posisi ketiga.

Sementara itu, terdapat lima tim yang berhasil mencetak tiga asis, antara lain Madura United, Arema FC, Dewa United FC, Bali United FC, dan RANS Nusantara FC. Kemudian, terdapat empat tim yang berhasil mencetak dua asis, yakni Persib Bandung, Persita Tangerang, PS Barito Putra, dan Persis Solo.

Menanggapi performa PSIS, pelatih kepala Sergio Alexandre bersyukur dapat menyelesaikan turnamen dengan stabil, meskipun harus terhenti oleh sang juara Arema FC di semifinal.

"Total tujuh laga yang kita mainkan sampai sekarang. Pemain bermain dengan percaya diri dan tidak pernah buruk. Sisi negatifnya ada pada saat kami kalah di dua laga menghadapi Arema. Itu saja sisi negatifnya, kalau secara keseluruhan turnamen saya tasa tidak ada," ujar pelatih asal Brasil tersebut dilansir situs resmi Piala Presiden (11/7).

"Yang jelas di sepak bola, kami haru tahu caranya bersikap saat menang dan kalah. Yang jelas dengan hasil ini, PSIS tidak berhenti bekerja dan sekarang fokus ke Liga 1," sambungnya.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Tak Hanya Pemain Terbaik, Adilson Maringa Juga Jadi Kiper dengan Saves Terbanyak di Piala Presiden 2022
Artikel Selanjutnya Survei Indikator Politik: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Alami Peningkatan
Konten Terkait