Meningkatnya Tren Affiliate Marketing Sebagai Motivasi Penghasilan Tambahan

67% responden menyatakan bahwa mereka mengikuti program afiliasi untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Meningkatnya Tren Affiliate Marketing Sebagai Motivasi Penghasilan Tambahan Ilustrasi Sedang Melakukan Live dalam Program Afiliasi | EyeEm/Freepik

Affiliate Marketing berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan ini, berkat kemajuan teknologi digital yang semakin meningkat dan masifnya penggunaan platform e-commerce.

Hal ini membuat banyak masyarakat tertarik untuk bergabung dalam program afiliasi, menyadari beragam manfaat yang bisa diperoleh, seperti mendapatkan penghasilan tambahan.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah program yang mempromosikan produk atau jasa dengan mendapatkan penghasilan dari setiap transaksi, besaran komisi bervariasi tergantung persentase dan harga, serta dapat dihitung dari penjualan, leads, klik, penggunaan free trial, atau unduhan aplikasi. 

Banyak perusahaan menawarkan program afiliasi, seperti Shopee Affiliate Program dan Tokopedia Affiliate Program, memberikan komisi dari hasil penjualan produk yang dipromosikan melalui tautan.

Tren affiliate marketing semakin populer karena banyak yang ingin mencari penghasilan tambahan dengan cara mudah dan fleksibel, kemudahan dalam menjalankan promosi, dan memiliki potensi penghasilan tanpa memerlukan modal besar. 

Motivasi di Balik Tren Affiliate Marketing pada Masyarakat

Survei yang dilakukan oleh Populix pada Juni 2024 mengungkapkan peningkatan minat masyarakat terhadap program afiliasi tercermin dari kesadaran mereka akan berbagai manfaat yang diperoleh dengan bergabung. 

Motivasi Masyarakat Mengikuti Program Afiliasi | GoodStats
Beragam alasan yang mendorong masyarakat untuk ikut serta dalam program afiliasi | GoodStats

Hasil survei menunjukkan bahwa 67% responden melihat affiliate marketing sebagai sumber penghasilan tambahan yang menarik. Sementara itu, 13% memanfaatkan peluang ini untuk membangun bisnis online dan memperluas koneksi.

Fleksibilitas waktu juga penting, di mana 13% responden menghargai kemampuan bekerja kapan saja dan dari masa saja dan 7% mengatakan bahwa memiliki passion terhadap produk tertentu yang memotivasi mereka untuk bergabung dalam program afiliasi. 

Survei ini menunjukkan bahwa masyarakat melihat program afiliasi ini bukan hanya sebagai cara untuk menghasilkan uang, tetapi sebagai peluang untuk mengembangkan diri dan menjalankan hobi secara produktif. 

Affiliate marketing menjadi peluang yang sangat layak untuk dipertimbangkan bagi siapa pun yang ingin menambah penghasilan di era digital. Seiring dengan meningkatnya digitalisasi, tren ini menjadi salah jalan bagi banyak orang untuk mencapai tujuan finansial mereka. 

Baca Juga: Masa Depan E-Commerce Tanah Air: Antara Live Shopping dan Affiliate Link

Penulis: Ucy Sugiarti
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

PR Sri Mulyani di Kabinet Merah Putih Prabowo

Sri Mulyani kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan di bawah pemerintahan Prabowo. Meski demikian, beliau menghadapi tantangan besar dalam periode barunya.

Impor Indonesia Turun 8,91% di September 2024

Nilai impor Indonesia pada September 2024 tercatat turun 8,91% dari bulan Agustus menjadi US$18.824 juta.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook