Mengintip 7 Pulau Tersembunyi yang Ada di Indonesia

Destinasi wisata menjadi tujuan utama para wisatawan untuk melakukan liburan, Indonesia memiliki sederet pulau tersembunyi yang menyimpan keindahan luar biasa

Mengintip 7 Pulau Tersembunyi yang Ada di Indonesia Gugusan Pulau Cantik di Indonesia. (Sumber: Shutterstock)

Indonesia memiliki ribuan pulau, beberapa di antaranya mungkin tersembunyi atau kurang dikenal secara luas. Tak seperti wisatawan mancanegara, orang Indonesia ternyata tidak menjadikan Bali sebagai destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), para pelancong tanah air atau wisatawan nusantara (wisnus) paling banyak berpelesiran ke daerah-daerah di pulau Jawa. Sebanyak 734 juta perjalanan yang dilakukan wisatawan nusantara sepanjang 2022, sebanyak 75,49 persen wisatawan melakukan perjalanan ke Pulau Jawa. Wilayah yang banyak dikunjungi selama 2022 adalah Jawa Timur dengan jumlah perjalanan sebanyak 200,55 juta atau 27,29% dari total perjalanan wisnus.

Lalu ke Jawa Barat dan Jawa Tengah masing-masing sebesar 123,53 juta (16,81%) dan 110,35 juta (15,02%). Selanjutnya ke DKI Jakarta 56,01 juta (7,62%), Banten sebanyak 38,60 juta (5,255), dan Yogyakarta 25,74 juta (3,50%).

Adapun khusus untuk Bali, total perjalanan wisnus ke daerah itu sebanyak 14,26 juta dengan porsinya sebesar 1,94%. Sedangkan wisman pada 2022 paling banyak ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai sebanyak 3,29 juta kunjungan.

Pada 2022, wisatawan nusantara semakin banyak yang berpergian ke berbagai tempat tanah air. Dengan jumlah sebanyak 734,86 juta perjalanan pada 2022, lebih tinggi dari 2021 sebanyak 613,30 juta.

Pulau Ternate

Ternate, Pulau Kecil dengan Beragam Objek Wisata. (Sumber: Jatimnet.com)

Terletak di Provinsi Maluku Utara, Pulau Ternate merupakan salah satu pulau tersembunyi yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang masih alami, pantai-pantai yang indah, dan panorama gunung berapi yang menakjubkan.

Pulau Ternate adalah Pulau yang tidak hanya kaya akan rempah-rempah, namun juga cerita rakyat serta tradisi yang diwariskan secara turun-temurun. Salah satu kisah rakyat Ternate yang menjadi legenda dan dikenang hingga masa kini adalah Cerita Asal-usul terjadinya Danau Tolire. Hamparan Danau seluas 5 hektar dengan kedalaman mencapai 50 meter menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Pulau Banyak

Keindahan Pulau Banyak, Aceh Singkil. (Sumber: Dishub Aceh)

Berlokasi di wilayah Provinsi Aceh, tepatnya di Aceh Singkil. Wilayah Aceh Singkil terletak di sebelah selatan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau Banyak adalah kumpulan pulau-pulau kecil yang masih terjaga keasriannya. Pulau ini menawarkan pantai berpasir putih, terumbu karang yang indah, dan kehidupan laut yang kaya.

Di wilayah ini, terdapat banyak pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya sehingga menjadikannya destinasi wisata yang ramai dikunjungi saat musim liburan. Seperti Pulau Malelo, Rangit, Asok, Panjang, Sikandang, dan Pulau Biawak. Gugusan pulau-pulau yang banyak ini dinamakan dengan nama Pulau Banyak.

Pulau Nusa Penida

Kelingking T-Rex Nusa Penida, Bali. (Sumber: Nattu Adnan)

Nusa Penida adalah satu dari banyaknya pulau eksotis yang terpopuler di Bali yang memiliki luas wilayah mencapai 193 km² dan secara administrasi terletak di Kabupaten Klungkung. Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. Wisata di Bali menawarkan banyak pilihan dan pengalaman berbeda.

Terletak di sebelah tenggara Bali, Pulau Nusa Penida sering dianggap sebagai pulau tersembunyi meskipun semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Pulau ini menawarkan pemandangan tebing karang yang spektakuler, pantai-pantai yang indah, dan kesempatan untuk menyelam dengan penyu dan ikan pari.

Pulau Biak

Kepulauan Padaido, Biak, Papua. (Sumber: Ariechicarito)

Pulau ini memiliki pantai berpasir putih, terumbu karang yang mengagumkan, dan peninggalan sejarah Perang Dunia II. Pulau kecil yang terletak di sebelah utara pesisir Provinsi Papua ini ternyata memiliki wisata budaya, bahari, sejarah, hingga keindahan alam yang begitu eksotis.

Pulau Derawan

Keindahan Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. (Sumber: Pranala)

Luasnya mencapai sekitar 13.500 hektar. Di kawasan itu, termasuk ke dalam kawasan segitiga karang dunia atau coral triangle. Pulau Derawan bahkan sudah diakui sebagai kawasan terumbu karang yang memiliki keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia.

Terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Pulau Derawan adalah tujuan tersembunyi yang menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang kaya, dan merupakan rumah bagi spesies penyu langka. Selain itu, di Pulau Derawan juga bisa berenang dengan ikan pari di Kakaban Island.

Pulau Togean

Salah satu pemandangan indah di Taman Nasional Laut Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah (ANTARA/Disparda Sulteng)

Terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, Pulau Togean adalah surga tersembunyi yang menawarkan keindahan alam yang belum terjamah. Pulau ini memiliki pantai-pantai yang indah, terumbu karang yang spektakuler, dan kesempatan untuk melihat hiu paus.

Kepulauan Togean merupakan satu dari beberapa spot wisata unggulan di Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil, berkisar 60 pulau, yang lokasinya melintang di Teluk Tomini.

Di kawasan itu, pengunjung bisa melihat hutan magrove dan hamparan padang lamun pantai atau nambo berupa rumput pantai yang begitu luas. Kehidupan bawah lautnya juga tak kalah menakjubkan. Pengunjung bakal mendapati ikan dan terumbu karang endemik di perairan Kepulauan Togean.

Suburnya terumbu karang dengan jenis berbeda menjadikan perairan Kepulauan Togean masuk daftar Coral Triangle atau segitiga karang dunia.

Pulau Sumba

Rumah tradisional Ratenggaro di Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. (Sumber: Shutterstock)

Sumba atau disebut sebagai Humba atau Hubba adalah sebuah pulau di Indonesia yang terletak di Indonesia Timur dan secara administratif berada dalam wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Sumba adalah pulau yang masih jarang dikunjungi tetapi menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Pulau ini memiliki pantai-pantai yang eksotis, tebing-tebing yang indah, dan budaya yang kaya.

Tak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun manca negara yang menjadikan Pulau Sumba sebagai destinasi wisata.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Editor

Konten Terkait

Kunjungan Wisman 2023 Meningkat, Diprediksi Tembus 11 Juta?

Secara akumuluatif, jumlah kunjungan wisman ke tanah air dari Januari hingga November 2023 sudah mencapai 10,41 juta kunjungan.

Indeks Perjalanan Muslim Global 2023, Indonesia Peringkat Pertama Destinasi Ramah Muslim di Dunia

Perjalanan wisatawan Muslim global terus mengalami pemulihan pasca-pandemi, Indonesia dan Malaysia duduki peringkat pertama sebagai destinasi ramah Muslim.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook