Mengenal 7 Minuman Boba Favorit Masyarakat Indonesia 2022

Hingga saat ini, boba masih menjadi salah satu minuman terpopuler di Indonesia yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan terutama kawula muda.

Mengenal 7 Minuman Boba Favorit Masyarakat Indonesia 2022 Ilustrasi minuman boba | gowithstock/Shutterstock

Boba masih menjadi salah satu minuman terpopuler yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Minuman boba dengan cepat meraup popularitas dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang.

Menurut Chowhound yang dilansir dari Kompas.com, minuman boba pertama kali diciptakan dari sebuah kedai teh yaitu Chun Shui Tang Teahouse di Taichung, Taiwan sekitar tahun 1980-an. Pada saat itu, kedai teh Chun Shui Tang merupakan pelopor minuman es teh susu yang banyak digemari anak muda.

Seorang karyawan bernama Lin Hsui Hui lantas berinovasi menambahkan bola tapioka dari sebuah makanan penutup populer di Taiwan yaitu Fen Yuan ke dalam es teh susu pada tahun 1987. Menu tersebut lantas dengan cepat meraih popularitas yang mendunia hingga saat ini.

Menariknya, minuman boba sudah ada di Indonesia sejak awal tahun 2000-an yang dipelopori oleh Hop Hop the Bubble Drink. Hop Hop membuka outlet pertamanya di Pasaraya Grande, Jakarta Selatan pada tahun 2001. Minuman boba pun sempat hits pada masa itu, digandrungi oleh anak-anak sekolah dan juga orang dewasa.

Menilik hasil survei yang dilakukan oleh Jakpat pada tahun 2022, sejumlah merek ini merajai tahta minuman boba di Indonesia pada saat ini.

7 minuman boba favorit masyarakat Indonesia tahun 2022 | Angelia/GoodStats

1. Chatime

Chatime berhasil menduduki peringkat pertama minuman boba favorit masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Adapun persentase popularitas Chatime berdasarkan survei Jakpat mencapai angka 39,3 persen.

Chatime telah hadir di Indonesia sejak tahun 2011 di bawah Kawan Lama Group. Chatime menyediakan minuman brewed tea khas Taiwan yang hadir dengan lebih dari 50 varian rasa. Varian minuman di Chatime terdiri dari 6 kategori di antaranya ialah signature milk tea, tea presso, smoothies, tearrific, coffee and latte, serta mood refresh.

Chatime tercatat telah memiliki 389 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia, menjadikannya yang terbanyak tidak hanya di Indonesia melainkan juga di dunia.

2. Xiboba

Xiboba menempati posisi ke-2 minuman boba terfavorit di Indonesia tahun 2022. Persentase yang berhasil diraih oleh Xiboba ialah sebesar 24,3 persen.

Xiboba berdiri sejak tahun 2019 di bawah Kulo Group. Xiboba merupakan merek lokal asli Indonesia meskipun memiliki namanya menggunakan istilah asing serta mengadopsi cita rasa minuman khas Taiwan.

Dalam kurun waktu yang dapat dikatakan singkat, Xiboba berhasil menggenjot popularitas dengan menawarkan minuman boba harga terjangkau. Perkembangan bisnisnya pun melaju dengan pesat. Sejak tahun 2020, Xiboba tercatat telah memiliki lebih dari 200 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Haus!

Posisi ke-3 diraih oleh Haus! dengan persentase popularitas sebesar 5 persen. Haus! didirikan oleh 4 orang yakni Gufron Syarif, Daman, Feri, dan Sigit pada Juni 2018 yang menawarkan berbagai minuman kekinian dengan beragam varian rasa.

Haus! menyasar pasar segmen ekonomi menengah ke bawah dengan mematok harga terjangkau untuk setiap produknya. Melansir dari situs website resmi Haus!, saat ini Haus! telah memiliki 126 cabang outlet yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

4. Dualapan

Dualapan meraih posisi ke-4 minuman boba terfavorit masyarakat Indonesia pada tahun ini dengan raihan persentase sebesar 4,4 persen.

Dualapan sendiri merupakan produk minuman boba lokal yang berasal dari DI Yogyakarta. Dualapan menawarkan minuman dengan varian dengan boba maupun tanpa boba.

5. Xing Fu Tang

Xing Fu Tang menduduki posisi ke-5 dengan persentase popularitas sebesar 4,1 persen. Vancelia Wiradjaja merupakan pelopor franchise Xing Fu Tang di Indonesia. Gerai pertama Xing Fu Tang resmi dibuka pada 14 Juni 2019 di Lippo Mall Puri di bawah naungan PT Pelepas Dahaga Indonesia.

Pada tahun 2020, jumlah gerai Xing Fu Tang di Indonesia terhitung telah mencapai 17 gerai yang tersebar di 4 kota besar Indonesia. Nama Xing Fu Tang sendiri berasal dari kata Xing Fu yang dalam bahasa Mandarin berarti kebahagiaan.

6. Gulu Gulu

Posisi ke-6 ditempati oleh Gulu Gulu dengan raihan persentase popularitas sebesar 3,5 persen. Gulu Gulu pertama di Indonesia didirikan pada tahun 2017 oleh Donny Pramonoo Ie dan rekannya dari Singapura, Shaun Markus Lee.

Berbeda dari minuman boba lainnya, Gulu Gulu memiliki ciri khas cheese foam dalam produk minumannya. Rasa keju yang dimiliki oleh Gulu Gulu pun autentik dengan cita rasa gurih di awal serta creamy dan manis kemudian. Hingga saat ini, Gulu Gulu tercatat telah memiliki 130 gerai yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

7. Tiger Sugar

Terakhir, posisi ke-7 minuman boba favorit masyarakat Indonesia diraih oleh Tiger Sugar dengan persentase sebesar 2,8 persen. Gerai Tiger Sugar pertama di Indonesia bertempat di Summarecom Mall Kelapa Gading 2 yang resmi dibuka pada 26 April 2019.

Minuman boba Tiger Sugar terbuat dari gula merah, susu segar, whip cream, serta tak lupa boba yang kenyal serta nikmat. Saat ini gerai Tiger Sugar tersebar di 8 mal yang berlokasi di wilayah Jakarta dan Surabaya.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Merek Paling Bernilai di Indonesia, Siapa Juaranya?
Artikel Selanjutnya Perdagangan dan Eksploitasi Anak Meningkat Pesat Sepanjang 2021
Konten Terkait