Melihat Ranking FIFA Peserta Piala Asia 2023, Indonesia Urutan Berapa?

Iran menjadi negara yang memiliki ranking FIFA tertinggi pada gelaran ini, yakni ranking 22. Jepang menyusul di peringkat dua dengan nomor ranking 23.

Melihat Ranking FIFA Peserta Piala Asia 2023, Indonesia Urutan Berapa? Selebrasi Asnawi, Arhan, dan Witan pada saat Indonesia menggilas Nepal dengan skor 7-0 di kualifikasi Piala Asia 2023 | Dokumentasi PSSI

Gelaran pesta sepak bola terbesar se-Asia akan kembali hadir di tahun depan. Piala Asia 2023 atau Piala Asia edisi ke-18 sejauh ini akan diselenggarakan pada 16 Juni-16 Juli 2023.

Turnamen yang akan melibatkan 24 negara ini pada rencananya akan diselenggarakan di China. Namun, pada 14 Mei lalu AFC resmi mengumumkan bahwa negara tersebut mundur dari status tuan rumah akibat pandemi Covid-19.

Hingga saat ini, belum ada kepastian negara mana yang akan menjadi tuan rumah di Piala Asia 2023. Namun, Australia, Jepang, Korea Selatan, Qatar, dan Indonesia telah memberi sinyal tertarik untuk menyiapkan rumah pada gelaran tahun depan.

Berbicara mengenai 24 tim yang akan memperebutkan takhta tertinggi sepak bola Asia, Iran menjadi negara yang memiliki ranking FIFA tertinggi pada gelaran ini, yakni ranking 22. Jepang menyusul di peringkat dua dengan nomor ranking 23.

Posisi enam besar masih dikuasai oleh para wakil Asia di Piala Dunia 2022, antara lain Korea Selatan (28), Australia (36), Qatar (49), dan Arab Saudi (53). Dengan kata lain, keenam negara ini sementara akan masuk ke dalam unggulan pertama (pot 1) dalam pengundian babak grup.

Di kelompok pot ke-2, Uni Emirat Arab menjadi yang tertinggi dengan ranking FIFA 69, disusul Irak dan Oman yang masing-masing memiliki ranking 70 dan 75. China dan Suriah berada di peringkat 79 an 88 dunia.

Ada satu wakil Asia Tenggara di pot ke-2 ini, yakni Vietnam meski memiliki ranking FIFA 97 atau di bawah beberapa negara yang berada di pot ke-3. Negeri Naga Biru berhak masuk ke status kelompok unggulan kedua karena berhasil lolos Piala Asia 2023 melalui babak putaran kedua.

Sementara itu, Indonesia, Malaysia, dan Thailand berada di pot ke-4 bersama India, Tajikistan, dan Hong Kong. Seluruh negara yang berada di pot 4 lolos pada babak ketiga atau putaran terakhir.

Di pot ini, Indonesia sendiri berada di ranking terendah sekaligus menjadi negara yang memiliki ranking FIFA paling kecil di antara 24 negara peserta Piala Asia 2023, yakni ranking 155. Meskipun begitu, ranking dan performa anak asuhan Shin Tae-yong telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan beberapa bulan terakhir

Dua wakil Asia Tenggara lainnya, Thailand dan Malaysia masing-masing memiliki peringkat FIFA 111 dan 147. Sementara India, Tajikistan, dan Hongkong memiliki peringkat FIFA masing-masing 104, 110, dan 145.

Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sendiri telah memasang target yang cukup tinggi pada anak asuhannya di tahun depan. Dirinya tak ingin skuad Garuda hanya menjadi negara pelengkap saja di Piala Asia 2023.

"Dengan keberhasilan lolos kualifikasi kali ini, kami akan melangkah lebih jauh dan menjadi tim yang lebih kuat. Kami akan siap untuk menunjukkan kekuatan kami tahun depan di kompetisi ini," ujar Shin Tae-yong di konferensi pers pascalaga terakhir kualifikasi Piala Asia 2023 (15/6).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Cek Daftar Tim Tersukses di Piala Asia U-23, Ada Calon Lawan Indonesia?

Indonesia yang berstatus debutan tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia, 3 tim langganan di turnamen ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X