Melihat Mobil-mobil Polisi yang Tidak Biasa dari Berbagai Negara

Beberapa negara di dunia menggunakan mobil mewah dan supercar sebagai mobil patroli polisi. Salah satu yang paling terkenal adalah UEA.

Melihat Mobil-mobil Polisi yang Tidak Biasa dari Berbagai Negara Ilustrasi│Scott Rodgerson/Unsplash

Layaknya di film aksi, di mana polisi melakukan kejar-kejaran dengan penjahat menggunakan mobil balap kecepatan tinggi, di dunia ini pada kenyataannya ada beberapa negara yang institusi kepolisiannya menggunakan mobil balap sebagai mobil patroli.

Salah satu yang sudah cukup terkenal adalah negara Uni Emirat Arab (UEA) dengan beberapa jenis supercar yang digunakan untuk mobil patroli polisi. Di Negara Sultan ini memang banyak supercar yang ditemui di jalan, termasuk supercar milik Kepolisian UEA.

Beberapa jenis supercar yang digunakan Kepolisian UEA adalah Aston Martin One-77, Lykan Hypersport, dan bahkan Lamborghini Aventador. Ketiga jenis mobil tersebut adalah mobil tipe supercar yang bahkan juga masuk dalam daftar mobil-mobil terkencang yang ada di dunia saat ini.

Lamborghini juga digunakan oleh Kepolisian Italia sebagai mobil patroli. Negara asal merek Lamborghini ini menggunakan Lamborghini tipe Huracan sebagai mobil patroli Kepolisian Italia, salah satu tipe mobil terkencang yang diproduksi Lamborghini.

Di Austria, supercar ikonik Porsche 911 Carrera digunakan sebagai mobil patroli, khususnya untuk Kepolisian Lalu Lintas Austria. Jepang sebagai salah satu pusat industri otomotif dunia tidak mau ketinggalan. Kepolisian Jepang menggunakan mobil mewah pabrikan Lexus tipe tipe LC500.

Masih di Eropa, Kepolisian Republik Ceko menggunakan Ferrari sebagai mobil patroli. Mobil patroli ini adalah mobil-mobil yang sebelumnya disita dari para pelaku kriminal di negara tersebut. Dilansir dari BBC, Ferrari tipe 458 Italia yang digunakan Kepolisian Republik Ceko bisa melaju hingga 326 km/jam.

Kabar terbaru menyatakan bahwa Kepolisian Indonesia, khususnya Direktori Lalu Lintas Jawa Barat baru saja diberi hadiah mobil listrik oleh Hyundai Motors Indonesia pada tahun 2020. Mobil listrik ini digunakan sebagai mobil Patroli dan Pengawalan (Patwal).

Selain dari beberapa negara yang telah disebutkan, masih ada beberapa negara lain yang menggunakan mobil mewah untuk mobil dinas kepolisiannya. Sebut saja BMW M5 yang digunakan Kepolisian Australia, Volvo V90 di Swedia, dan Spyker C8 Spyder yang digunakan Kepolisian Belanda.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Tarif Transportasi Publik di Dunia?

Sejumlah negara ini mematok tarif transportasi publik yang cukup mahal dibandingkan Indonesia, negara mana saja?

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia

Kekuatan militer merupakan hal wajib yang harus di miliki suatu negara untuk mempertahankan kemerdekaan suatu negara dari serangan eksternal maupun internal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X