Melihat Kenaikan Pendapatan dari Sektor Kesehatan Mental

Di tahun 2017, ada sekitar 808 juta jiwa penderita gangguan mental, akibatnya pendapatan negara dari sektor kesehatan mental semakin tinggi.

Melihat Kenaikan Pendapatan dari Sektor Kesehatan Mental Ilustrasi Kesehatan Mental | Unsplash/Marcel Strauß

Sejak awal, kesehatan mental menjadi permasalahan yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Lantaran, kesehatan mental memegang peran penting untuk keberlangsungan dan arah tujuan hidup manusia. Berbagai film hingga siniar, kini semakin sering untuk concern perihal kesehatan mental dan pentingnya untuk menjadi peka terhadap hal tersebut.

Our World in Data berhasil mencatat bahwa di tahun 2017, ada kurang lebih sebanyak 808 juta orang yang menderita gangguan mental. Our World in Data mengkotak-kotakan berbagai gangguan tersebut menjadi 7 jenis, dari depresi hingga gangguan konsumsi narkotika. Berdasarkan data tersebut, penderita gangguan kecemasan menjadi yang tertinggi dengan total penderita mencapai 284 juta jiwa. Disusul penderita depresi dan gangguan penggunaan alkohol yang masing-masing penderitanya ada di angka 264 dan 107 juta jiwa di tahun 2017.

Penderita gangguan mental yang jumlahnya ada 808 juta jiwa itu bukanlah angka yang sedikit. Tak jarang, para penderita gangguan mental mencari jalan keluar dari hal tersebut dengan pergi kepada psikiater atau berbagai tenaga ahli lainnya yang dirasa bisa mengentaskan gangguan mental seseorang. Tentu hal tersebut umumnya tak dilakukan dengan cuma-cuma, terkadang harga psikiater juga relatif mahal jika memang ada resep yang harus diracik.

Menurut data Statista, tahun 2022 menjadi tahun dengan pendapatan dari sektor kesehatan mental yang paling tinggi selama kurun waktu 7 tahun ke belakang. Pendapatan global dari sektor kesehatan mental di tahun 2022 ada di angka 19,39 miliar Dollar dengan didominasi oleh jenis gangguan mental depresi di angka 11,33 miliar Dollar. 

Perihal pendapatan dari sektor kesehatan mental, Amerika menduduki peringkat satu sebagai negara dengan total pendapatan dari sektor kesehatan mental tertinggi di tahun 2022, dengan total pendapatan di angka 10.980 juta dolar AS. Disusul Kanada dan Jerman dengan total pendapatan dari sektor kesehatan mental masing-masing di angka 1.658 dan 1.245 juta dolar AS.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 974 Stadium, Stadion di Piala Dunia Qatar yang Langsung Dibongkar Setelah Digunakan
Artikel Selanjutnya Belgia jadi Negara dengan Pengungsi Palestina Terbanyak
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook