Makin Membengkak Dari Masa ke Masa, Anggaran Pemilu 2024 Capai Rp71,3 Triliun

Alokasi anggaran pemilu mengalami kenaikan signifikan dari masa ke masa. Pada pemilu 2024, anggarannya membengkak menjadi Rp71,3 triliun

Makin Membengkak Dari Masa ke Masa, Anggaran Pemilu 2024 Capai Rp71,3 Triliun Ilustrasi pemungutan suara | Freepik

Berbeda dengan Pemilihan Umum (Pemilu) sebelumnya, pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang akan diselenggarakan serentak, di mana masyarakat akan memilih calon presiden dan wakil presiden serta calon legislatif pada 14 Februari 2024. Setelah itu, dilaksanakan pula Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024.

Untuk menyukseskan jalannya Pemilu 2024, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp71,3 triliun. Adapun, banyak publik yang menilai bahwa jumlah tersebut terlalu besar, namun Kemenkeu menganggap bahwa nilai anggaran tersebut masih wajar, terlebih anggaran pemilu merupakan investasi besar dari tatanan politik dan demokrasi di Indonesia.

Berdasarkan pemaparan Kemenkeu, alokasi anggaran sebesar Rp71,3 triliun tersebut telah diberikan sejak 20 bulan pada tahun 2022 sebelum pelaksanaan Pemilu di tahun 2024. Jika diurutkan berdasarkan tahunnya, Kemenkeu mengalokasikan dana Pemilu sebesar Rp3,1 triliun pada 2022, lalu sebanyak Rp30,0 triliun pada 2023, dan Rp38,2 triliun pada 2024.

“Total keseluruhan anggaran itu untuk menetapkan jumlah kursi, pengawasan penyelenggara pemilu, pemutakhiran data pemilih, penyusunan dapil, pengelolaan dan pengadaan laporan dan dokumentasi logistik. Anggaran tersebut utamanya dialokasikan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu),” jelas Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata dilansir dari Detik.com.

Tren anggaran pemilu dari masa ke masa | Goodstats

Tercatat, anggaran pemilu Indonesia memang mengalami kenaikan signifikan setiap periodenya. Bahkan sejak tahun 2004, rata-rata kenaikannya mencapai lebih dari 50%. Jika ditelisik, anggaran pemilu tahun 1999 mencapai Rp1,3 triliun, lalu naik menjadi Rp 4,4 triliun pada 2004. 

Kemudian, angkanya kembali naik pada 2009 menjadi Rp8,5 triliun dan terus bertambah pada 2014 menjadi Rp15,6 triliun. Pada 2019, nilai anggarannya menjadi Rp25,5 triliun dan meningkat tajam pada 2024 yang sebesar Rp71,3 triliun.

Isa menyebutkan, besaran anggaran tersebut hanyalah untuk kesiapan penyelenggaraan Pemilu satu putaran. Meski begitu, pemerintah juga telah memastikan pencadangan anggaran Pemilu 2024 jika terjadi dua putaran. Dilaporkan, pemilihan untuk putaran kedua nantinya akan dilaksanakan pada 26 Juni 2024.

Sementara itu dari sisi penyelenggaranya, Kemenkeu menjelaskan bahwa Pemilu 2024 akan merangsang sektor produksi dan distribusi karena adanya kebutuhan pengadaan logistik, juga barang dan jasa. Selain itu, penyelenggaraan kampanye politik juga turut memutar roda perekonomian.

“Jadi yang akan ikut bergeliat adalah seluruh sektor kehidupan masyarakat, tak hanya sektor sosial dan politik, namun juga sektor ekonomi,” ungkap Isa dalam konferensi pers Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dilansir dari Kompas.id.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Indonesia sangat rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di Zona Gempa Pasifik.

Penduduk Indonesia yang Mengeluh Sakit Terus Menurun dalam 5 Tahun Terakhir

Sebanyak 26,27% penduduk Indonesia mempunyai keluhan kesehatan dalam sebulan terakhir pada 2023. Angka ini telah turun sebesar 6,09% dalam 5 tahun terakhir.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X