Macam Varian "Salad" Lokal, Ada Favoritmu?

Berikut daftar menu salad ala lokal yang menjadi favorit warga Indonesia.

Macam Varian "Salad" Lokal, Ada Favoritmu? Lotek. Sumber: Fimela

Bagi anda yang menyukai sayuran, pasti tidak asing dengan sajian salad. Dilansir dari The Dictionary of American Food and Drink, salad adalah makanan berupa sayu-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, yang kemudia bisa ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain sebagai pelengkap sebelum dikonsumsi. Seiring dengan berjalannya waktu, resep dari salad yang sederhana ini menyebar ke berbagai negara di dunia dan berkembang variatif.

Di Indonesia, ternyata banyak olahan “salad” yang biasa ditemui, bahkan menjadi favorit orang-orang. Berdasarkan survei PopPoll yang dilakukan oleh Populix pada Agustus 2023 lalu dengan jumlah responden sebanyak 3.323 orang, berikut adalah menu salad ala lokal yang menjadi favorit warga Indonesia.

Jumlah Persentase Responden Menu "Salad" Lokal Favorit
  1. Gado-gado

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu familiar dengan hidangan satu ini. Hidangan yang terdiri atas sayur-sayuran, kentang, tempe, tahu, telur rebus, dan bahan pelengkap lain serta diberi bumbu sambal kacang ini menjadi menu salad lokal favorit pertama dengan meraih 37% responden.

  1. Pecel

Sumber: Frisian Flag

Saus kacang memang selalu menjadi pemenang dalam hidangan salad lokal. Pecel, makanan khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki bahan utama sayuran rebus dengan banyak varian yang disiram kuah sambal kacang. Pecel menjadi salah satu makanan yang populer di Indonesia, terutama di Jawa Timur dengan meraih 26% responden. Sajian pecel juga biasanya terlihat sangat khas, yaitu dihidangkan dengan alas makan piring lidi.

  1. Ketoprak

Berbeda dengan beberapa hidangan salad lokal sebelumnya, ketoprak memiliki sajian utama ketupat yang dilengkapi oleh berbagai sayuran dan disiram dengan saus kacang. Ketoprak meraih angka sebesar 20% responden sebagai menu salad lokal yang digemari. Ketoprak biasanya dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan dengan gerobak dorong kaki lima. Ketoprak banyak dijumpai di Jakarta.

  1. Lotek

Makanan kahs Sunda yang mirip dengan gado-gado ini meraih 8% responden sebagai menu salad lokal favort mereka. Lotek biasanya rasanya lebih manis daripada pecel dan gado-gado. Dengan sajian utama berupa rebusan sayuran segar yang disiram kuah kacang, lotek memiliki bahan sambal yang khas sebagai pelengkapnya. Bahan sambal lotek ini biasanya ditambahkan tempe, dan di dalam bumbu kuah kacangnya pun ditembahkan terasi, gula merah, dan bawang putih untuk menambah keunikan rasa.

  1. Karedok

Kembali dengan makanan khas Sunda, Karedok meraih 5% responden yang memilihnya sebagai menu salad lokal terfavorit. Karedok memiliki bahan utama sayuran mentah, seperti kol tauge, kacang panjang, terong, dan sayur lainnya yang dapat disesuaikan dengan selera. Sayuran mentah tersebut disiram dengan bumbu kavang yang dilengkapi dengan cabai merah, kencur, air asam, garam, terasi, dan gula merah.

  1. Urap

Menu makanan salad lokal terakhir yang menjadi salah satu favorit warga Indonesia adaah Urap. Meraih 4% responden, Urap memiliki bahan utama sayuran rebus yang dicampur dengan kelapa parut yang telah dibumbui. Dengan adanya kelapa parut tersebut membuat Urap memiliki cita rasa khas yang unik dan gurih di lidah.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Rasa Minuman yang Bakal Jadi Tren di 2024 Versi Toffin Indonesia

Toffin Indonesia mengeluarkan Tren Menu Minuman 2024 yang diharapkan bisa membantu pemilik bisnis untuk bisa semakin kreatif dalam meracik bisnis.

Ini Dia Daftar Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Paling Banyak Digemari

Mulai dari cendol hingga bajigur, inilah daftar minuman tradisional yang paling digemari di Indonesia

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook