Tim Atletik Indonesia Borong 19 Medali di SEA Games 2023

Hasil ini sudah melampaui target emas kontingen Indonesia yang pada awalnya ditargetkan bawa pulang 5 emas

Tim Atletik Indonesia Borong 19 Medali di SEA Games 2023 Tim Estafet 4x100m Indonesia saat menyumbangkan medali emas di SEA Games 2023 | Kim Kyung-hoon/Reuters

Cabang olahraga (cabor) atletik di SEA Games 2023 menjadi salah satu cabor lumbung medali bagi kontingen Indonesia. Setidaknya hingga pertandingan cabor atletik selesai, kontingen Indonesia berhasil meraih total 19 medali.

Adapun rincian 19 medali tersebut terdiri atas 7 emas, 3 perak, dan 9 perunggu. Angka ini juga menjadi cabor dengan perolehan medali terbanyak ketiga, serta menjadi cabor perolehan medali emas terbanyak kedua bagi kontingen Indonesia setelah Pencak Silat yang meraih 9 emas.

Perolehan medali kontingen Indonesia di cabor atletik SEA Games 2023 | GoodStats

Tujuh medali emas yang dicetak kontingen Indonesia diraih oleh Abd Hafiz dalam nomor lempar lembing, Maria Natalia Londa dalam nomor lompat jauh, Rikki M.L. Simbolon dalam nomor lari 10.000 meter, Tim Estafet 4x100 meter Indonesia (Lalu Zohri, Wahyu Setiawan, Bayu Kertanegara, dan Sudirman Hadi), Hendro Yap dalam nomor 20 km jalan cepat, dan dua emas sisanya adalah dari Agus Prayogo dan Odekta Naibaho yang mengawinkan emas maraton putra dan putri.

Adapun 3 perak yang dicetak Indonesia didapat oleh Eki Febri dalam nomor tolak peluru, Maria Natalia Londa dalam nomor lompat jangkit, dan Violine Intan dalam nomor 20 km jalan cepat.

Sementara itu, 9 perunggu diraih oleh Agustinus Ndiken (lempar lembing), Dina Aulia (100 m lari gawang), Lalu Zohri (200 m), Odekta Naibaho (5.000 m dan 10.000 m), Pandu Sukarya (3.000 m halang rintang), Robi Syianturi (5.000 m), Sapwaturrahman (lompat jauh), dan Wahyudi Putra (1.500 m).

Menanggapi prestasi tersebut, Manajer Tim Atletik Indonesia Mustara Musa bersyukur prestasi ini dapat diraih dengan baik oleh para atlet yang bertugas. Terlebih, hasil ini sudah melampaui target emas kontingen Indonesia yang pada awalnya ditargetkan bawa pulang 5 emas.

"Keberhasilan ini adalah bagian dari proses persiapan, kerja sama, saling menutupi dalam kompetisi besar. Jadi ini adalah satu dampak dari proses. Bersyukur yang ditargetikan kontingen 5 emas, kami sudah dapat enam (per Kamis 11/5). Secara keseluruhan target itu ada 5 emas, 9 perak, dan 9 perunggu," ujar Mustara dilansir Antara, Kamis (11/5) lalu.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Melihat Sejarah Capaian Medali Bulu Tangkis yang Tidak Pernah Absen, Selalu Masuk Tiga Besar

Indonesia gagal membawa pulang medali dari cabang olahraga (cabor) andalan, bulu tangkis di Asian Games 2022. PBSI diminta untuk evaluasi

Gegap Gempita ASEAN Para Games 2023, Siapa Koleksi Gelar Terbanyak?

Sejak pertama kali digelar pada 2001 lalu, Thailand masih mendominasi sebagai kontingen dengan perolehan juara umum terbanyak, yakni 6x

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X