Kualifikasi Piala Asia U-23 2024: Merebut 16 Tiket, Indonesia Tergabung dalam Grup 3 Tim

Calon lawan timnas Indonesia antara lain Turkmenistan dan Taiwan

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024: Merebut 16 Tiket, Indonesia Tergabung dalam Grup 3 Tim Para penggawa Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 | Abdul Aziz/Bola.net

Setelah sukses menyandang status sebagai Raja Asia Tenggara setelah berhasil meraih medali emas pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja, Timnas Indonesia U-23 saat ini menatap langkah baru. Timnas Indonesia U-23 akan berjuang di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada 4-12 September mendatang.

Berstatus sebagai tuan rumah, Indonesia tergabung dalam Grup K. Calon lawan timnas Indonesia antara lain Turkmenistan dan Taiwan.

Yang menarik, Indonesia masuk ke dalam grup yang hanya beranggotakan tiga tim, di mana 10 grup lainnya berisi 4 tim. Hal ini turut sedikit menguntungkan langkah Timnas Indonesia, sebab 11 tim juara grup akan mendapatkan tiket otomatis ke Piala Asia U-23 2024 dan empat lainnya diperebutkan melalui jalur peringkat dua terbaik.

Melihat negara-negara Asia Tenggara lainnya, Brunei Darussalam tergabung dalam Grup A bersama Yordania, Suriah, dan Oman. Myanmar sendiri tergabung dalam Grup B bersama Korea Selatan, Kirgistan, dan tuan rumah Qatar yang otomatis lolos.

Timor Leste sendiri tergabung dalam Grup F bersama Iraq, Kuwait, dan Makau; sementara Malaysia, Thailand, dan Filipina tergabung dengan grup yang sama dengan Bangladesh di Grup H. Dua wakil lain, Laos tergabung dengan Australia, Tajikistan, dan Korea Utara di Grup I; sementara Kamboja tergabung di Grup J bersama Arab Saudi, Lebanon, dan Mongolia.

Menanggapi hal ini, Pelatih Kepala timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri bersyukur Indonesia dapat bergabung bersama Turkmenistan dan China Taipei. Dalam waktu dekat, dirinya akan coba mengulik kemampuan lawan agar Timnas Indonesia dapat berjuang di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei 2024 mendatang.

“Alhamdulillah barusan selesai mengikuti drawing Kualifikasi Piala Asia U-23, di mana kita sebagai tuan rumah grup K. Kami satu grup dengan Turkmenistan dan Chinese Taipei,” kata Indra Sjafri dilansir situs resmi PSSI, Kamis (25/5).

“Dalam waktu dekat saya akan berdiskusi dengan semua asisten pelatih untuk mencari tahu kekuatan tim lawan (Turkmenistan dan Chinese Taipei),” lanjutnya.

Berbicara mengenai rekam jejak, sayangnya hingga saat in Indonesia belum pernah lolos ke putaran final Piala Asia U23. Bahkan, dalam lima edisi kualifikasi terakhir, jumlah poin yang diraih Timnas Indonesia terus menurun.

Rekam jejak Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 | Fauziah Rizqi/GoodStats

Pada 2013, Indonesia hanya berhasil menduduki posisi tiga besar di Grup setelah Jepang dan Australia berada di posisi dua besar. Begitu juga dengan edisi 2016, Indonesia berhasil meraih 6 poin, tetapi harus kalah dengan Korea Selatan sebagai juara grup.

Pada 2018, Indonesia hanya berhasil meraih 4 poin stelah harus kalah jumlah poin dari Malaysia dan Thailand yang berada di posisi dua besar. Begitu juga dengan 2020, Timnas Indonesia malah hanya berhasil meraih dua poin dan harus kalah poin dari rekan se-Asia Tenggaranya Vietnam dan Thailand.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Cek Daftar Tim Tersukses di Piala Asia U-23, Ada Calon Lawan Indonesia?

Indonesia yang berstatus debutan tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia, 3 tim langganan di turnamen ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X