Kilas Balik Performa Timnas Sepak Bola Indonesia di SEA Games 2023, Siapa Paling Mentereng?

Ramadhan Sananta menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak, Rizki Ridho jadi pemain dengan waktu main terbanyak

Kilas Balik Performa Timnas Sepak Bola Indonesia di SEA Games 2023, Siapa Paling Mentereng? Para pemain Timnas U-22 saat menyanyikan lagu Indonesia Raya setelah berhasil meraih medali emas di SEA Games 2023 | Abdul Aziz/Bola.net

Ajang pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games 2023 ke-32 di Kamboja yang baru saja usai Rabu (17/5) menyisakan banyak kenangan manis untuk masyarakat Indonesia. Salah satu yang jadi sorotan adalah berhasilnya timnas sepak bola Indonesia kembali meraih medali emas setelah terakhir kali dicetak pada 32 tahun lalu, atau tepatnya pada SEA Games 1991.

Timnas Indonesia U-22 asuhan pelatih Indra Sjafri berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand dengan skor akhir 5-2 setelah babak perpanjangan waktu, pada Selasa (16/5) di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamboja. Garuda Muda harus berjuang hingga babak perpanjangan waktu 2x15 menit setelah skor imbang 2-2 hingga 90 menit waktu normal berjalan.

Pelatih kepala Indra Sjafri mengungkapkan rasa syukurnya setelah bisa membawa Timnas Indonesia 'berbuka puasa' meraih medali emas di ajang SEA Games. Apresiasi utama ia utarakan pada klub sebagai tempat para pemain dibina.

"Pertama, saya mengucapkan alhamdulillah setelah 32 tahun tidak pernah emas, malam ini kita tuntaskan dapat medali emas. Kami mengucapkan terima kasih ke klub di mana pemain berada, klub adalah tempat pemain dibina," kata Indra Sjafri saat sesi jumpa pers setelah laga final dilansir CNN Indonesia, Selasa (16/5).

"Suasana pertandingan sama seperti semifinal, dramatis juga. Bahkan saat kita unggul 2-1 saya pikir pertandingan berakhir karena tambahan waktu hanya tujuh menit. Rupanya belum dan itu gol bagi mereka. Kalau ditanya suasana hati, sangat luar biasa," jelas Indra.

Tak hanya Indra sebagai pelatih, salah satu pemain yang turut berkontribusi menyumbang gol pada laga final, Beckham Putra Nugraha juga mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh pihak yang mendukung timnas selama ini. Gol Beckham pada babak final menutup kemenangan mantap Garuda Muda atas Thailand dengan skor 5-2.

"Terima kasih juga buat semua yang telah mendoakan dan datang ke stadion untuk dukung kami. Terima kasih juga buat pelatih yang sudah memberikan kepercayaan tampil di final. Suatu kebanggaan dan bisa menjadi motivasi bisa lebih baik," kata pemain Persib Bandung tersebut dilansir Republika, Rabu (17/5).

Sananta & Fajar: Berhasil jadi peluru tajam Timnas Indonesia

Dalam perjalanannya menuju medali emas, performa para pemain Timnas Indonesia memang terpantau perkasa sejak babak grup dimulai. Pada babak tersebut, Garuda Muda berhasil menyapu bersih empat laga dengan kemenangan dan hanya kebobolan sebanyak satu gol pada laga melawan Kamboja.

Hingga babak final selesai, Timnas Indonesia tercatat telah mencetak sebanyak 21 gol. Sebanyak 10 gol dari total keseluruhan gol yang dicetak oleh Timnas Indonesia berhasil dibukukan oleh Ramadhan Sananta dan Fajar Fathurrahman yang masing-masing mencetak lima gol.

Sementara itu, ada empat pemain timnas yang berhasil mencetak dua gol hingga babak final. Keempat pemain tersebut antara lain Titan Agung, Irfan Jauhari, Marselino Ferdinan, dan Beckham Putra Nugraha.

Daftar pencetak gol Timnas sepak bola Indonesia di SEA Games 2023 | GoodStats

Tiga gol sisa timnas dicetak oleh Taufany Muslihuddin, Komang Teguh, dan Muhammad Ferarri yang masing-masing pemain berhasil mencetak satu gol. Total, terdapat 9 pemain yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor Timnas Indonesia sepanjang SEA Games 2023 berlangsung.

Rizky Ridho: Pemain paling dipercaya Indra Sjafri

Menyandang ban kapten di lengan berhasil membuat Rizky Ridho menjadi pemain paling dipercaya Indra Sjafri sepanjang SEA Games 2023 berlangsung. Hal tersebut juga dapat dilihat dari jumlah menit bermain pemain Persija Jakarta tersebut, yakni 480 menit atau sekaligus menjadi yang terbanyak pada skuad.

Pemain muda yang sedang menimba ilmu di klub KMSK Deinze, Belgia yakni Marselino Ferdinan berhasil menjadi pemain dengan jumlah menit bermain terbanyak kedua, yakni 435 menit. Performa Marselino dalam beberapa kesempatan juga terlihat baik dan turut membantu Timnas Indonesia di lini tengah untuk mencetak gol dengan efektif.

Pemain serbabisa, Alfreandra Dewangga menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak ketiga, yakni 429 menit. Fajar Fathurrahman dan Witan Sulaeman menjadi pemain lain yang masuk ke urutan lima besar dengan menit bermain masing-masing 426 dan 415 menit.

Rizky Ridho jadi pemain Indonesia dengan menit bermain terbanyak di SEA Games 2023 | GoodStats

Di posisi 10 besar terdapat beberapa pemain lain, antara lain kiper Ernando Ari (397 menit), Bagas Kaffa (363 menit), Ramadhan Sananta (336 menit), Ananda Raehan (334 menit), dan Pratama Arhan (330 menit).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Melihat Sejarah Capaian Medali Bulu Tangkis yang Tidak Pernah Absen, Selalu Masuk Tiga Besar

Indonesia gagal membawa pulang medali dari cabang olahraga (cabor) andalan, bulu tangkis di Asian Games 2022. PBSI diminta untuk evaluasi

Gegap Gempita ASEAN Para Games 2023, Siapa Koleksi Gelar Terbanyak?

Sejak pertama kali digelar pada 2001 lalu, Thailand masih mendominasi sebagai kontingen dengan perolehan juara umum terbanyak, yakni 6x

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X