Warga RI Terlama Main Gadget di Dunia

Orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 6,05 jam per hari untuk bermain HP, paling tinggi di dunia.

Warga RI Terlama Main Gadget di Dunia Ilustrasi orang bermain gadget | freepik

Di era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang paling meresap dalam masyarakat adalah smartphone atau HP. Kecanggihan teknologi ini dapat membawa dampak negatif apabila digunakan secara berlebihan atau kecanduan.

Dalam laporan State of Mobile 2024 yang dirilis oleh data.ai, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai pengguna perangkat mobile berbasis Android terlama setiap harinya pada tahun 2023. Warga Indonesia menghabiskan waktu rata-rata untuk bermain gadget selama 6,05 jam per hari.

Indonesia menjadi satu-satunya negara yang menghabiskan waktu bermain HP lebih dari 6 jam per hari

Di bawah Indonesia ada Thailand, Argentina, Arab Saudi, dan Brasil. Empat negara itu rata-rata hanya menghabiskan waktu lebih dari lima jam dalam sehari.

Warga Thailand rata-rata menghabiskan waktu 5,64 jam sehari untuk main HP. Kemudian diikuti Argentina dengan rata-rata 5,33 jam, Arab Saudi menghabiskan waktu 5,28 jam, dan Brasil menghabiskan waktu 5,02 jam per hari.

Tidak hanya di tahun 2023, Indonesia juga menjadi negara yang paling banyak menghabiskan waktu untuk bermain HP sejak tahun 2020 lalu. Hal ini menunjukkan bahwa warga Indonesia banyak yang kecanduan gadget, mengingat batas maksimum untuk menggunakan HP adalah 2 jam per hari menurut American Optometic Association (AOA).

Menurut data.ai, warganet Indonesia tercatat paling lama menghabiskan waktu untuk menggunakan aplikasi Youtube, TikTok, WhatsApp, Instagram, dan Chrome Browser.

Dampak Buruk Kecanduan HP

Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, menggunakan atau menatap layar gadget terlalu lama dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, seperti masalah penglihatan karena radiasi gadget, iritasi kelopak mata merah, otot mata tegang, hingga kerusakan retina yang dapat mengakibatkan kebutaan.

Penggunaan gadget yang berlebih juga dapat mengganggu pola tidur, kehilangan fokus, hingga sakit kepala akibat pancaran sinar gadget secara terus menerus. Hal ini juga dapat berdampak pada gangguan perilaku seseorang seperti kurangnya perhatian pada tugas-tugas penting, penurunan produktivitas, dan kurangnya kontrol terhadap waktu penggunaan HP.

Orang yang kecanduan HP juga lebih rentan terhadap konten negatif yang tersedia di internet seperti konten kekerasan, pornografi, atau perjudian online.

Dengan memahami dampak buruk dari kecanduan HP, penting bagi setiap orang untuk memiliki kesadaran untuk mengelola penggunaan HP secara sehat dan seimbang, serta memprioritaskan interaksi sosial, aktivitas fisik, dan kesehatan mental yang baik.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Nastar hingga Kastengel, Inilah Kue Kering Favorit untuk Idul Fitri 2024!

Apa saja kue kering yang menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk Idul Fitri 2024?

Indonesia Penyumbang Sampah Sisa Makanan Terbesar di ASEAN

Indonesia menyumbang sampah sisa makanan sebanyak 20,93 juta kg setiap tahunnya, setara dengan kerugian sekitar Rp231-551 triliun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X