Kampus dengan Lulusan Paling Cepat Dapat Kerja

Menurut Kemdikbudristek, Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi kampus yang memiliki lulusan atau alumni yang paling cepat dapat kerja.

Kampus dengan Lulusan Paling Cepat Dapat Kerja Mahasiswa Universitas Pertanian Bogor | IPB

Ketika memilih perguruan tinggi, salah satu pertimbangan penting bagi calon mahasiswa adalah kemampuan kampus dalam mempersiapkan karier mereka setelah lulus. Bagi banyak orang, tujuan utama dari berkuliah adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan baik. Setiap mahasiswa juga pasti mendambakan mendapatkan pekerjaan secepat mungkin ketika lulus kuliah.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kampus mana yang memiliki tingkat lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan. Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kemendikbudristek sendiri menggolongkan beberapa kampus dengan lulusan cepat dapat kerja berdasarkan data dari masing-masing kampus.

Berikut adalah daftar 10 kampus di Indonesia dengan lulusan yang paling cepat dapat kerja menurut Kemendikbudristek.

Kampus dengan lulusan dengan paling cepat dapat kerja | Goodstats

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Salah satu universitas yang berada di Bogor, Jawa Barat ini menduduki peringkat pertama dengan skor 3.247. IPB dikenal memiliki program studi yang berkualitas di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, dan lingkungan. Lulusan IPB memiliki daya saing tinggi di pasar kerja terutama dalam industri agribisnis dan lingkungan. Salah satu lulusan dari IPB adalah presiden keenam Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB berhasil menduduki posisi kedua dengan skor 3.055. ITB merupakan perguruan tinggi yang terkenal dengan program studi di bidang teknik dan sains. Lulusan ITB seringkali diterima di perusahaan-perusahaan besar di Indonesia maupun luar negeri. Salah satu lulusan dari ITB adalah presiden pertama dan ketiga Indonesia yaitu Ir. Soekarno dan B.J Habibie.

3. Universitas Indonesia (UI)

UI yang merupakan universitas tertua di Indonesia sekaligus universitas terbaik di Indonesia berhasil menduduki posisi ketiga sebagai kampus dengan lulusan paling cepat dapet kerja dengan skor 3.029. Lulusan UI banyak yang berhasil bekerja di berbagai industri dan perusahaan ternama mulai dari sarjana hingga vokasi. Salah satu lulusan dari UI adalah Menteri Keuangan Indonesia yaitu Sri Mulyani Indrawati.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Sebagai universitas tertua di Yogyakarta, UGM berhasil menduduki posisi keempat dengan skor 3.022. UGM terkenal dengan program studi di bidang sosial, humaniora, kedokteran, dan teknik. Lulusan UGM memiliki keunggulan dalam berbagai bidang pekerjaan di Indonesia. Salah satu lulusan dari UGM adalah presiden ketujuh Indonesia yaitu Joko Widodo.

5. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas yang berlokasi di Surabaya ini berhasil menduduki posisi kelima dengan skor 2.934. UNAIR dikenal dengan program studi di bidang kesehatan, ilmu sosial, dan ekonomi. Lulusan UNAIR memiliki peluang yang baik untuk bekerja di berbagai instansi pemerintahan dan swasta. Salah satu lulusan UNAIR adalah Muhammad Hatta Ali atau yang dikenal sebagai Hatta Ali, yaitu ketua Mahkamah Agung RI periode 2012-2017.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro atau UNDIP, merupakan salah satu universitas yang berlokasi di Semarang dan berhasil menduduki posisi keenam dengan skor 2.888. UNDIP dikenal dengan program studi di bidang teknik, ilmu sosial, dan ekonomi. Lulusan UNDIP memiliki kemampuan yang baik dalam bidangnya. Salah satu lulusan UNDIP adalah Micheal Hartono yaitu pemiliki PT Djarum.

7. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Kampus yang berdiri sejak tahun 1954 in berhasil menduduki posisi ketujuh dengan skor 2.855. ITS merupakan perguruan tinggi unggulan di bidang sains dan teknologi di Indonesia. ITS memiliki 184 laboratorium yang menunjang penelitian untuk menciptakan program riset yang berdampak untuk masyarakat. Lulusan ITS memiliki keahlian yang sangat baik dalam bidang teknologi dan banyak dibutuhkan oleh industri. Salah satu lulusan ITS adalah Menteri Sosial RI saat ini yaitu Tri Rismaharini.

8. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya yang berlokasi di Malang, Jawa Timur dan terkenal dengan program studi di bidang pertanian dan teknik ini menduduki posisi kedelapan dengan skor 2.836. Lulusan UB memiliki daya saing yang tinggi di pasar kerja dan banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan. Salah satu lulusan dari UB adalah Munir Said Thalib yaitu seorang aktivis hak asasi manusia Indonesia.

9. Universitas Telkom (Tel-U)

Universitas Telkom merupakan satu-satunya universitas swasta yang masuk daftar 10 kampus dengan lulusan paling cepat dapat kerja dan berhasil menduduki posisi kesembilan dengan skor 2.789. Tel-U dikenal dengan program studi di bidang teknologi informasi, bisnis, dan manajemen. Lulusan kampus ini memiliki keahlian yang sangat baik dalam bidang teknologi informasi dan seringkali langsung diterima di perusahaan-perusahaan IT yang ternama.  Salah satu lulusan dari Tel-U adalah istri dari presiden keenam Indonesia yaitu Ibu Ani Yudhoyono.

10. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS berhasil menduduki posisi kesepuluh dengan skor 2.650. UNS terkenal dengan program studi di bidang pendidikan, ekonomi, dan teknik. UNS juga telah bekerja sama dengan 40 kampus terbaik di dunia serta memperoleh sertifikasi internasional di beberapa program studi. Salah satu lulusan dari UNS adalah Dodit Mulyanto yaitu seorang publik figur yang aktif sebagai komika, presenter, aktor, dan penyanyi.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ribuan Tenaga Honorer Gagal Diangkat Menjadi ASN PPPK Tahun 2024

2,3 juta honorer diproyeksikan akan diangkat menjadi PPPK, namun hanya 1,7 juta orang yang terdata BKN dan formasi untuk PPPK hanya sebanyak 1,01 juta orang.

9,9 Juta Anak Muda di Indonesia Menganggur, Paling Banyak Lulusan SMA

Berdasarkan tingkat pendidikan, anak muda yang tergolong NEET paling banyak merupakan lulusan sekolah menengah atas (SMA) yaitu sebanyak 3,57 juta orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X