Jogja Kembali Raih Angka Harapan Hidup Tertinggi di Indonesia pada 2021

BPS mencatat bahwa hingga tahun 2021, DI Yogyakarta masih kokoh raih angka harapan hidup tertinggi di Indonesia. Rekor ini tak terkalahkan lebih dari 1 dekade.

Jogja Kembali Raih Angka Harapan Hidup Tertinggi di Indonesia pada 2021 Pemandangan di Jogja | aditya_frzhm/Shutterstock

Setiap tahunnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan survei angka harapan hidup (AHH) secara merata di seluruh provinsi. AHH merupakan statistik yang menggambarkan rata-rata lama waktu hidup seseorang dalam suatu populasi.

Semakin tinggi AHH, menunjukkan semakin baik derajat kesehatan serta kesejahteraan yang dimiliki masyarakat populasi tersebut. AHH merupakan salah satu indikator yang menentukan indeks pembangunan manusia.

Masing-masing provinsi di Indonesia memiliki AHH yang berbeda. Namun dalam kurun waktu 3 tahun ke belakang, angka harapan hidup secara nasional baik laki-laki maupun perempuan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Jogja belum terkalahkan lebih dari 1 dekade

Mengutip data dari BPS pada tahun 2021, rata-rata angka harapan hidup penduduk dari 34 provinsi di Indonesia ialah 71,61 tahun. Angka ini meningkat dibandingkan pada 2020 yang memiliki AHH nasional sebesar 71,52 tahun dan pada 2019 sebesar 71,38 tahun.

10 provinsi dengan AHH tertinggi tahun 2021 | GoodStats

Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta tercatat sebagai provinsi dengan AHH tertinggi di Indonesia baik untuk laki-laki maupun perempuan. Posisi ini sama sekali tidak berubah sejak catatan BPS tahun 2010 hingga tahun 2021. Adapun raihan AHH penduduk DI Yogyakarta pada tahun 2021 yakni sebesar 75,08 tahun.

Sementara itu, posisi ke-2 AHH tertinggi di Indonesia diraih oleh Kalimantan Timur dengan rata-rata umur penduduk 74,65 tahun. Jawa Tengah berada di posisi ke-3 dengan raihan AHH sebesar 74,52 tahun. Adapun posisi ke-4 dan ke-5 diraih oleh Jawa Barat dan DKI Jakarta dengan AHH masing-masing sebesar 73,38 dan 73,06 tahun pada tahun 2021.

Tingginya AHH DI Yogyakarta didukung oleh perbaikan kualitas kesehatan penduduk utamanya pada kalangan bayi, balita, serta wanita berusia subur. Tidak hanya itu, lansia pun juga mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah setempat.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan kerja sama dengan RSUP Dr. Sardjito untuk mewujudkan program penanganan lansia bertajuk Academy Health System. Program ini menyiapkan berbagai pelatihan seperti pelatihan layanan geriatric, pelatihan persiapan prapension, pendidikan tenaga caregiver, serta pelayanan penitipan lansia.

Kemudahan mengakses sarana prasarana kesehatan, peningkatan kualitas asupan gizi, serta berkurangnya angka warga yang sakit merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam menjaga konsistensi serta meningkatkan angka harapan hidup penduduk DI Yogyakarta.

Nila Djuwita Farid Moeloek selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia terdahulu mengungkapkan gaya hidup dan budaya adalah 2 faktor yang memengaruhi tingginya angka harapan hidup penduduk DI Yogyakarta. Sikap tenang dan kalem menjadi faktor penunjang warga DI Yogyakarta memiliki umur panjang.

Prinsip nrimo ing pandum yang dipegang kukuh oleh warga DI Yogyakarta menanamkan 3 konstruk psikologis yakni penerimaan, kesabaran, dan kebersyukuran atas apa yang diberikan oleh kehidupan.

Sikap ikhlas menerima atas segala yang terjadi inilah yang mendorong terbentuknya kesejahteraan psikologis lebih tinggi pada manusia serta tingkat stres yang lebih rendah. Kesejahteraan psikologis yang lebih baik menunjang kesehatan serta umur yang lebih panjang.

Umur perempuan lebih panjang daripada laki-laki

lansia
Ilustrasi wanita lansia | Tyler Morgan/Unsplash

Hasil survei yang dilakukan BPS pada tahun 2021 menunjukkan bahwa perempuan di Indonesia memiliki AHH yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Secara nasional AHH laki-laki di Indonesia yakni sebesar 69,67 tahun sedangkan AHH perempuan mencapai rata-rata 73,55 tahun.

10 provinsi dengan AHH laki-laki tertinggi tahun 2021 | GoodStats

Adapun untuk kategori laki-laki, warga DI Yogyakarta jadi yang paling panjang umur dengan AHH 73,27 tahun. Menyusul di posisi ke-2, Kalimantan Timur mencatatkan AHH 72,79 tahun dan Jawa Tengah berada di posisi ke-3 dengan 72,61 tahun.

10 provinsi AHH perempuan tertinggi tahun 2021 | GoodStats

Sementara itu, menilik data AHH pada kategori perempuan, DI Yogyakarta kembali memimpin dengan perolehan angka harapan hidup sebesar 76,89. Posisi ke-2 dan ke-3 kembali ditempati oleh Kalimantan Timur serta Jawa Tengah dengan raihan AHH perempuan masing-masing sebesar 76,51 dan 76,42 tahun pada 2021.

Keseluruhan data 10 provinsi dengan angka harapan hidup tertinggi pada kategori perempuan menunjukkan tidak ada yang menyentuh angka harapan hidup di bawah 70 tahun.

Data angka harapan hidup menjadi salah satu acuan untuk merancang program pembangunan kesehatan serta program sosial lainnya. Tujuannya tak lain ialah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan tentunya pula angka harapan hidup yang dimiliki pada masing-masing daerah di Indonesia baik itu untuk laki-laki maupun perempuan.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Porsi Penanganan Perubahan Iklim Indonesia?

Kemenkeu mencatat, nilai anggaran perubahan iklim sepanjang 2016-2022 mencapai Rp656,65 triliun. Namun, realisasinya belum 100%.

4,1 Juta Orang Jabodetabek Melakukan Pergerakan Harian Penduduk di Wilayah Jabodetabek

Wilayah Jabodetabek merupakan Kota Metropolitan yang sangat padat dan aktif mobilitas penduduknya. Yuk, intip statistik pergerakan harian komuter Jabodetabek.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X