Jelang Perempat Final, Cek Top Scorer Sementara Euro 2024!

Performa mengejutkan Georgia hingga peluang Jerman kuasai top scorer. Semua terbalut dalam rangkaian 24 tim yang bertanding di 42 pertandingan Euro 2024.

Jelang Perempat Final, Cek Top Scorer Sementara Euro 2024! Pemain Timnas Georgia, Georges Mikautadze | UEFA

Pergelaran sepak bola bertajuk Kejuaraan Eropa UEFA 2024 atau yang lebih dikenal sebagai Euro 2024 telah dilaksanakan sejak 14 Juni lalu. Turnamen ini diadakan di 10 stadion di 10 kota berbeda di Jerman. Terdapat 42 pertandingan yang sebagian besar telah terlaksana dengan rerata penonton sebanyak 51,6 ribu per pertandingan.

Stadion tempat penyelenggaraan Euro 2024 dengan kapasitas terbesar adalah Stadion Olimpiade Berlin. Stadion yang dulunya memiliki nama Deutsches Stadion ini berkapasitas 71 ribu penonton dan telah dibuka sejak tahun 1936.

Rencananya, stadion ini akan menjadi tempat diadakannya babak final pada Euro 2024. Final Euro 2024 sendiri akan dilangsungkan di tanggal 14 Juli 2024 pukul 21.00 WIB.

Euro tahun ini juga diklaim akan menjadi gelaran Euro terakhir yang diikuti oleh pemain legenda dari Portugal, Cristiano Ronaldo. Ia mengatakan hal tersebut melalui media lokal di Portugal. Meski begitu, Ronaldo mengaku tidak emosional dan terus mengusahakan yang terbaik.

“Tetapi saya tidak emosional mengenai hal itu. Saya tergerak oleh semua hal yang ada dalam sepak bola, oleh antusiasme yang saya miliki terhadap permainan ini, antusiasme untuk bertemu dengan para pendukung saya, keluarga saya, kasih sayang orang-orang terhadap saya," kata Ronaldo mengutip Media Indonesia.

Peluang Besar Jerman Kuasai Top Scorer Akhir

Pencetak gol terbanyak sementara pada Euro 2024, 2 Juli 2024 22.30 WIB | GoodStats

Setidaknya, telah ada 94 gol tercetak hingga pengambilan data per 2 Juli 2024 pukul 22.30 WIB. Itu berarti, terdapat rerata gol pertandingan sebanyak 2,24 kali.

Dalam data dari UEFA, terdapat 3 orang yang menjadi top scorer Euro 2024 sementara ini. Salah satunya adalah pemain asal Georgia yaitu Georges Mikautadze. Pemain berusia 23 tahun ini telah mencetak 3 gol selama Euro 2024 yaitu saat melawan Turki, Ceko, serta Portugal.

Sementara itu, pemain Slovakia Ivan Schranz juga mencetak 3 gol saat melawan Belgia, Ukraina, dan juga Inggris saat babak 16 besar. Namun, kedua pemain ini tidak dapat menambah golnya lagi karena sudah tidak lolos ke babak selanjutnya.

Satu-satunya top scorer yang masih bisa menambah golnya adalah pemain dari Jerman yaitu Jamal Musiala. Pemain dengan klub Bayern Munchen ini tercatat mencetak gol saat melawan Skotlandia, Hungaria, dan Denmark.

Pemain-pemain dari Jerman memang diprediksi akan menguasai top scorer. Pasalnya, terdapat 2 pemain Jerman lainnya yang masing-masing telah mencetak 2 gol, yakni Niclas Fillkrug serta Kai Havertz. UEFA menambahkan bahwa terdapat 9 pemain sepanjang Euro 2024 yang melakukan gol bunuh diri.

Performa Mengejutkan dari Debutan Georgia

Satu-satunya tim debutan yang bermain di Euro 2024 adalah tim nasional dari Georgia, yang masuk jajaran top scorer sementara ini. Tim ini lolos melalui jalur pemenang play-off Jalur B pada 26 Maret 2024, setelah mengalahkan Yunani melalui babak adu penalti dengan skor 4-2.

Georgia sendiri tergabung di Grup F Euro 2024. Menariknya, tim ini berhasil lolos ke babak gugur bersama Portugal dan Turki. Bahkan, Georgia mampu mengalahkan Portugal di babak grup dengan skor 2-0. Sayangnya, langkah Georgia terhenti di babak 16 besar setelah dikalahkan Spanyol dengan skor 4-1 pada 30 Juni kemarin.

Pelatih Timnas Georgia Willy Sagnol menyatakan rasa bahagianya atas prestasi positif pada Tim Nasional Georgia. Menurutnya, tim mereka tampil dengan sangat baik dan menikmati seluruh bagian dari kompetisi ini.

"Satu-satunya yang kami katakan sebelum tampil di Euro 2024 ini, apapun yang akan terjadi, kami tidak akan menyesalinya," kata Willy mengutip Skor.

Baca Juga: Quarter Final Euro 2024 Pertemukan Mbappe dan Ronaldo, Siapa yang Akan Menuju Semifinal?

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Update Ranking FIFA ASEAN, Indonesia Tetap Bertahan, Thailand Tembus 100 Besar

Meskipun lolos ke putaran ketiga, Indonesia tetap di peringkat 134 dengan 1.108,99 poin, sementara Thailand berhasil masuk 100 besar dengan 1.218,56 poin.

Resmi! Indonesia Duduki Peringkat 5 Besar Asia dalam Ranking Futsal Wanita

Indonesia berada di peringkat 5 Asia dan 14 dunia dalam ranking futsal wanita versi FIFA 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook