Jelang Akhir Musim, Siapa Kiper yang Paling Aktif Lakukan Penyelamatan di Liga 1 2021/2022?

Kiper Persija, Andritany berhasil melakukan 101 penyelamatan dan angka ini membuat dirinya menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak di musim ini.

Jelang Akhir Musim, Siapa Kiper yang Paling Aktif Lakukan Penyelamatan di Liga 1 2021/2022? Kiper Persija Jakarta, Andritany ketika menjadi kiper Timnas Indonesia | Supakit Wisetanuphong/Shutterstock

Gelaran BRI Liga 1 Indonesia 2021/2022 tinggal menyisakan satu pekan lagi. Titel juara pun telah direbut Bali United setelah rivalnya di peringkat dua, Persib Bandung mengalami hasil imbang 0-0 dengan Persik Kediri pada pekan ke-33 lalu. Meskipun pada pekan tersebut Bali United mengalami kekalahan telak 0-3 dari Persebaya Surabaya, tetapi jumlah poin Serdadu Tridatu sudah dipastikan tidak dapat disusul oleh klub mana pun hingga akhir musim.

Liga 1 juga telah memastikan dua klub yang akan turun kasta pada musim depan, yakni Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan. Slot degradasi tersisa satu klub lagi dan tiga klub yang berpeluang terdegradasi, yakni Persipura Jayapura, PS. Barito Putera, dan PS Sleman akan bertarung habis-habisan di laga terakhir untuk memastikan tempat di kasta tertinggi liga sepak bola Indonesia.

Dua klub degradasi, Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan merupakan dua klub yang saat ini paling sering kebobolan sepanjang gelaran Liga 1 2021/2022. Persiraja telah kemasukan 67 gol dan Persipura 59 gol. Dengan kata lain, dua klub ini memiliki lini pertahanan paling lemah di antara 16 klub lainnya di Liga 1.

Berbicara mengenai lini pertahanan, status kiper sebagai benteng terakhir pertahanan tim membuat perannya tak bisa dianggap enteng. Berbagai bentuk penyelamatan indah sering tersaji pada setiap pekan BRI Liga 1. Lalu, siapakah kiper yang paling aktif lakukan penyelamatan hingga pekan ke-33?

Lima kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Liga 1 2021/2022 | GoodStats

1. Andritany Ardhiyasa

Pada musim ini, Persija memiliki empat slot kiper yang terdaftar di Liga 1, antara lain Andritany, Adixi Lenzivio, Yoewanto Setya Beny, dan Cahya Supriadi. Di antara empat kiper tersebut, Andritany yang paling sering ditugaskan menjadi penjaga gawang utama sekaligus kapten di skuad Macan Kemayoran dengan jumlah 28 penampilan dari total 33 laga.

Dari 28 penampilan tersebut, Andritany berhasil melakukan 101 penyelamatan dan angka ini membuat dirinya menjadi kiper yang paling aktif lakukan penyelamatan di Liga 1 hingga pekan ke-33. Posisinya juga berkemungkinan besar tidak akan terganti, mengingat jaraknya dengan kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak kedua cukup jauh, yakni 17 saves dan laga hanya menyisakan satu pertandingan lagi.

2. Syahrul Trisna Fadillah

Di bawah nama Andritany, terdapat penjaga gawang utama Persikabo 1973, yakni Syahrul Trisna Fadillah. Pada musim ini, Syahrul telah tampil sebanyak 23 pertandingan dari total 33 laga. Dari jumlah penampilan tersebut, dirinya telah melakukan penyelamatan sebanyak 84 kali.

Hingga pekan ke-33, Persikabo 1973 berada di peringkat ke-13 dengan jumlah poin 37 dan memiliki jumlah gol dan kebobolan yang sama, yakni 47. Pada pekan terakhir, klub yang bermarkas di Stadion Pakansari ini akan menghadapi Madura United. Jika menang, Persikabo berkemungkinan naik posisi hingga 10 besar dan jika kalah klub ini akan turun hingga posisi 15.

3. Adilson Maringa

Syahrul memiliki jumlah penyelamatan yang sama dengan kiper kebanggaan Arema FC, Adilson Aguero Dos Santos atau yang lebih akrab disapa Adilson Maringa. Penjaga gawang berumur 31 tahun ini telah mencetak 29 penampilan dari total 33 pertandingan. Di samping jumlah penyelamatan, Maringa juga telah melakukan 8 kali clearances dan 8 interceptions sepanjang penampilannya di musim ini.

Di samping Maringa, Arema juga memiliki dua penjaga gawang lain, yakni Teguh Amiruddin yang telah lima kali tampil dan Andriyas Francisco yang hingga saat ini belum sama sekali mencatatkan penampilannya di tim utama Arema.

4. Teja Paku Alam

Kiper dengan jumlah penampilan terbanyak di Persib pada musim ini, Teja Paku Alam juga masuk ke daftar lima besar kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak, yakni 81 kali dari total 24 penampilannya di Persib.

Pada musim ini, mantan kiper Semen Padang dan Sriwijaya FC tersebut berhasil menjadi kiper utama Maung Bandung setelah menggeser posisi M. Natshir, I Made Wirawan, dan Aqil Savik sebagai kiper terdahulu. Di musim ini, Natshir hanya mencatat tujuh penampilan, Wirawan dua penampilan, dan Aqil belum sama sekali turun ke lapangan.

5. Miswar Saputra

Salah satu klub yang saat ini sedang menjaga asa untuk tetap berada di Liga 1, PS Sleman juga memiliki kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak. Miswar Saputra telah mencatat 80 kali penyelamatan dari total 26 pertandingannya bersama PSS. Angka ini menjadikannya sebagai kiper dengan jumlah penyelamatan kelima terbanyak di Liga 1 musim ini.

Saat ini PSS berada di posisi ke-14 dengan jumlah poin 36 dan akan bertemu dengan tim ibu kota, Persija Jakarta di laga terakhir untuk mencari tempat untuk tetap berada di Liga 1. Miswar berkemungkinan besar akan dipilih sebagai benteng pertahanan terakhir PSS pada laga tersebut. Hingga pekan ke-33, PSS telah memasukkan 38 gol dan kebobolan 48 gol.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Daftar Prodi Soshum dengan Persaingan Terketat di SNMPTN 2022
Artikel Selanjutnya Mengapa Harga Bahan Pangan Pokok Selalu Naik Jelang Ramadhan?
Konten Terkait