Jejak Si Raja Bioskop Indonesia: Film Horor

Bukan jadi fenomena baru, film horor telah merajai bioskop Indonesia sejak 90 tahun lalu!

Jejak Si Raja Bioskop Indonesia: Film Horor Ilustrasi Film Horor | Nugroho Ridho/Getty Images

KKN di Desa Penari menjadi film bergenre horor terlaris di Indonesia. Tayang pada 2022 seusai pandemi Covid-19, film garapan MD Pictures ini sukses mengumpulkan 10 juta penonton. Tak hanya naik daun akhir-akhir ini, film horor nyatanya sudah lama menjadi santapan masyarakat Indonesia sejak dulu.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, film horor sudah menjadi bagian dari perfilman Indonesia sejak 1934. 

Era 1970-an disebut sebagai era kebangkitan film horor. Pada era ini, cerita seputar kutukan gaib dan sadis namun dikemas dengan komedi ringan mendominasi layar horor. Era ini juga melahirkan legenda film horor Indonesia, mendiang Suzanna.

Beberapa film horor terkemuka di tahun 1970-an antara lain Bernapas dalam Lumpur (1970), Beranak dalam Kubur (1972), Cincin Berdarah (1973), Dikejar Dosa (1974), dan Kutukan Nyai Roro Kidul (1979).

Kemudian, pada 1980-an, film horor lebih banyak memberi perhatian pada hantu-hantu lokal Indonesia. Film horor pada era ini, di antaranya Pengabdi Setan (1980), Ratu Ilmu Hitam (1981), Sundel Bolong (1981), Malam Jumat Kliwon (1986), dan Malam Satu Suro (1988). 

Sementara itu, pada 1990-an, industri perfilman Indonesia dinilai mengalami kemunduran. Kala itu, sekuel dari film-film sebelumnya justru menjadi tren, tetapi sekaligus menunjukkan kejenuhan karena kurang ide segar.

Industri perfilman Indonesia kembali bangkit pada 2000-an. Di era ini, film horor banyak menceritakan perjalanan anak-anak muda berburu hantu atau uji nyali. Perkembangan ini tidak lantas meninggalkan kisah hantu lokal yang sebelumnya jadi andalan.

Beberapa film horor di era ini adalah Jelangkung (2001), Hantu Jeruk Purut (2006), Pocong (2006), Suster Ngesot (2007), dan Terowongan Casablanca (2007).

Film Horor Masa Kini

Hingga saat ini, film horor masih jadi primadona di Indonesia. Sejumlah film horor bahkan telah meraih lebih dari 1 juta penonton di bioskop. Salah satu yang sangat populer adalah KKN di Desa Penari yang tayang 2022 lalu.

Film tersebut menceritakan perjalanan mistis sekelompok mahasiswa yang tengah KKN di salah satu daerah di Jawa Timur. Ditengarai adanya perbuatan melanggar norma, kelompok mahasiswa tersebut mulai mengalami sejumlah gangguan mistis.

KKN di Desa Penari rilis setelah tertunda pandemi. Penayangannya seakan sudah ditunggu-tunggu masyarakat. Tak tanggung-tanggung, penontonnya mencapai 10 juta.

Deretan film ini tayang pada 2017 hingga 2023 I GoodStats
Deretan film ini tayang pada 2017 hingga 2023 I GoodStats

Sementara itu, film horor era awal 2000-an yang hampir mencapai 1 juta penonton di antaranya adalah Suster Ngesot dan Terowongan Casablanca. Film dengan hantu lokal suster ngesot mencapai 768.645 penonton dan film tentang spot mistis terowongan Casablanca meraup 949.878 penonton.

Akhir-akhir ini, film horor banyak menceritakan kisah mistis dan keagamaan. Salah satu yang menuai pro kontra adalah film “Kiblat” yang kini berganti judul menjadi “Thaghut”. Film yang tayang pada akhir Agustus 2024 ini dinilai memberi kesan menyesatkan ketika beribadah, terutama dalam agama Islam.

Film serupa di antaranya adalah Makmum (2019), Makmum 2 (2021), Qorin (2022), dan Khanzab (2023). 

Menurut sutradara dan produser Film, Gina S. Noer, film horor Indonesia dengan unsur religi justru dapat memberi kesan negatif ketika beribadah, alih-alih memberi kekuatan. Hal ini sejalan dengan pendapat sutradara Joko Anwar, yang menyebut bahwa unsur religi dalam film dapat menjadi dakwah.

Menghilangkan unsur keagamaan dari film-film Indonesia juga dinilai kurang realistis, mengingat agama memainkan peran penting dalam kehidupan orang Indonesia. Akan tetapi, penggunaannya harus tetap diperhatikan agar tidak menyesatkan.

Baca Juga: 10 Film Terlaris di Indonesia Paruh Pertama 2024

Penulis: Ajeng Dwita Ayuningtyas
Editor: Editor

Konten Terkait

Akhiri Masa Jabatan, Jokowi Kenakan Baju Adat Kustin di Upacara HUT RI Ke-79

Ini dia baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi beserta wakilnya di Perayaan HUT Republik Indonesia sejak 2017, ada baju adat daerahmu?

3 Artefak Dicuri AS, Keamanan Indonesia Terhadap Benda Bersejarah Dipertanyakan

Peninggalan artefak bernilai ratusan juta rupiah dicuri setiap tahunnya, keamanan Indonesia terhadap benda-benda sejarah dipertanyakan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook